Apa itu Pengiriman Instant Shopee? Ini Penjelasannya. Simak!

by Viki
apa itu pengiriman instant shopee

Sebagai salah satu e-commerce yang banyak penggunanya, tidak heran jika Shopee terus mengembangkan fitur dan layanan yang dimilikinya, termasuk tipe pengiriman yang bisa digunakan oleh penjual dan pembeli. Salah satu jasa pengiriman yang fenomenal yaitu pengiriman Instant. Apa itu Pengiriman Instant Shopee?

Sederhananya, Pengiriman instant Shopee merupakan salah satu inovasi Shopee yang memungkinkan pesanan sampai lebih cepat dari biasanya, yaitu sekitar 2-3 jam sampai.

Kecepatan waktu pengiriman tersebut sontak saja digemari oleh banyak orang. Apalagi di tengah gaya hidup modern yang serba cepat dan instan, layanan ini menjadi sangat relevan dan dibutuhkan oleh banyak konsumen. Untuk itu, mari kita pahami apa itu Pengiriman Instant Shopee yang sangat bermanfaat ini.  

Table of Contents

Apa itu Pengiriman Instant Shopee?

Gak begitu instan, tapi hasil komisinya bikin nendang~
Saatnya collab bareng partner MCN Shopee MEA yang profesional! Dapatkan juga arahan yang tepat dari ahlinya~

Melansir laman Shopee, Pengiriman Instant Shopee adalah layanan tipe layanan pengiriman cepat dengan estimasi pengiriman/diterima pembeli 2-3 jam sejak paket diserahkan ke kurir. Nantinya, ada kurir pick up pesanan dan mengirimkannya secara langsung ke alamat tujuan pembeli. 

Tipe layanan pengiriman Instant ini menjamin barang sampai di tangan pembeli kurang dari 24 jam. Layanan ini tentu akan sangat berguna untuk produk-produk yang mendesak seperti makanan, kebutuhan sehari-hari, produk kecantikan, dan lainnya yang membutuhkan pengiriman yang lebih cepat. 

Jenis-Jenis Layanan Pengiriman Instant Shopee

Jualan di Shopee lebih gampang cuan dari sebelumnya?
Ya tentunya cuman bisa kamu dapatkan dari ahlinya di Komunitas Bisnis MEA!

Tipe Pengiriman Instant di Shopee juga memiliki beberapa jenis yang bisa diaktifkan oleh penjual di toko Shopee meliputi SPX Instant, Gosend Instant, dan GrabExpress Instant. Nantinya, ini bisa dipilih oleh pembeli ketika checkout pesanan. Tapi sebelumnya, harap simak ketentuannya juga untuk menggunakan layanan ini. 

Artikel Terkait  Begini 2 Cara Jadi Seller Shopee. Tutorial Bikin Toko Lengkap Dari 0!

Melansir laman Seller Shopee, berikut jenis-jenis layanan pengiriman Instant di Shopee beserta ketentuan yang berlaku:

1. SPX Instant

  • Kriteria Penjual: Penjual terpilih di area jangkauan tertentu.
  • Berat Maksimal: 20kg. 
  • Dimensi Maksimal: 50x50x80cm.
  • Jarak Maksimal: 40Km.
  • Waktu Request Pick Up: Pk. 00:00 – 21:00 (Pick Up di hari yang sama) dan Pk. 21:01 – 23:59 (Pick Up di Keesokan Harinya).
  • Waktu Pick Up: Pk. 06:00 – 21:00.

2. Gosend Instant

  • Kriteria Penjual: Penjual terpilih di >50 kota besar.
  • Berat Maksimal: 20kg. 
  • Dimensi Maksimal: 70x50x50cm.
  • Jarak Maksimal: 40Km.
  • Waktu Request Pick Up: Pk. 00:00 – 21:00 (Pick Up di hari yang sama) dan Pk. 21:01 – 23:59 (Pick Up di Keesokan Harinya).
  • Waktu Pick Up: Pk. 06:00 – 22:00.

3. GrabExpress Instant

  • Kriteria Penjual: Penjual terpilih di >50 kota besar (Hanya beroperasi di Jabodetabek)
  • Berat Maksimal: 20kg. 
  • Dimensi Maksimal: 50x50x50cm.
  • Jarak Maksimal: 40Km.
  • Waktu Request Pick Up: Pk. 00:00 – 20:00 (Pick Up di hari yang sama) dan Pk. 20:01 – 23:59 (Pick Up di Keesokan Harinya).
  • Waktu Pick Up: Pk. 06:00 – 21:00.

Keuntungan Pengiriman Instant Shopee

Perlu diketahui bahwa layanan pengiriman Instant hanya bisa diaktifkan oleh Penjual Shopee Mall, Star, Star+, dan penjual terpilih. Penjual juga tentunya akan mendapatkan keuntungan dari penggunaan Pengiriman Instant Shopee. Melansir laman Shopee, berikut beberapa keuntungan dari pengiriman Instant Shopee:

1. Meningkatkan Omzet Penjualan

2. Memangkas Jam Kerja

Pengiriman Instant Shopee juga dinilai dapat membantu penjual memangkas jam kerja. Hanya saja, penjual dituntut untuk segera menyiapkan dan mengemas barang setelah pesanan diterima. Kurir juga akan segera menjemput paket, sehingga proses penyelesaian pesanan bisa lebih cepat dari sebelumnya. 

3. Menjaring Pelanggan Baru

Bahkan penjual juga berpeluang untuk menjangkau lebih banyak pelanggan baru. Tidak lain dan tidak bukan karena penjual yang menyediakan layanan pengiriman cepat ini. Mereka juga akan menganggap toko mampu menanggapi pesanan yang masuk dengan cepat tanggap serta memuaskan. 

Ya, sekian informasi seputar apa itu Pengiriman Instant Shopee hingga keuntungannya. Hal ini tentu dapat memudahkanmu dalam meningkatkan kepuasan pelanggan melalui barang yang lebih cepat sampai, terutama untuk berbagai barang yang mendesak. Kepuasan pelanggan ini akhirnya dapat membantumu meningkatkan penjualan di Shopee. Semoga bermanfaat!

You may also like

Leave a Comment