Yuk Ketahui Apa itu TikTok Insight Serta 2 Cara Melihatnya!

by Fanny
apa itu TikTok Insight

TikTok menjadi salah satu aplikasi yang banyak dimanfaatkan oleh kreator hingga pebisnis online untuk memasarkan produk mereka. Hal ini karena TikTok memiliki banyak pengguna dari berbagai macam usia dan latar belakang, sehingga memudahkan Sobat MEA untuk menjangkau target audiens yang lebih luas. Untuk mengetahui apakah suatu konten berhasil dan memiliki performa yang baik, Sobat MEA perlu mengetahui apa itu TikTok Insight dan bagaimana cara melihatnya.

Merasa asing dengan TikTok Insight? Tenang aja, pada kesempatan kali ini, kami akan menjelaskan tentang apa itu TikTok Insight dan bagaimana cara melihatnya dengan lengkap. Tanpa berlama-lama lagi, yuk langsung simak penjelasannya di bawah ini!

Table of Contents

Apa itu TikTok Insight?

Mau dapat komisi extra dari TikTok Affiliate?
Yuk langsung aja gabung ke MCN TikTok MEA sekarang juga dan dapatkan berbagai keuntungannya!

Apa itu TikTok Insight perlu diketahui oleh Sobat MEA yang menjadi kreator, affiliate, atau penjual di TikTok Shop. TikTok Insight adalah salah satu fitur yang bisa Sobat MEA gunakan untuk mengetahui performa akun dan konten yang pernah diunggah. 

Dengan mengetahui performa akun, Sobat MEA jadi lebih mengetahui perilaku serta jenis konten yang paling disukai oleh audiens. Hal ini akan memudahkan Sobat MEA untuk membuat strategi untuk pembuatan konten berikutnya.

Selain memahami apa itu TikTok Insight, Sobat MEA juga perlu mengetahui bahwa TikTok Insight ini dibagi menjadi 3 kategori, yaitu:

  • Tab Overview menampilkan data engagement atau interaksi pengikut pada konten yang Sobat MEA unggah pada rentang waktu tertentu.
  • Tab Content akan menyajikan data mengenai total penayangan, sumber traffic, hingga lokasi audiens yang menonton konten Sobat MEA. Namun pada kategori insight ini, Sobat MEA hanya bisa melihat konten yang diunggah dalam 7 hari terakhir.
  • Tab Followers akan memperlihatkan informasi mengenai pengikut akun Sobat MEA seperti asal atau lokasi pengikut, waktu ketika pengikut aktif di TikTok, dan informasi terkait pengikut lainnya.
Artikel Terkait  Cara Meningkatkan Orderan TikTok Shop. Ini Rahasianya~

Cara Melihat Insight TikTok

Views di TikTok Susah Naik?
Gabung ke komunitas dan belajar langsung dari ahlinya dengan klik di sini. GRATIS!

Setelah mengetahui apa itu TikTok Insight , sekarang saatnya kami membagikan 2 cara untuk melihat Insight TikTok yang bisa Sobat MEA lakukan tanpa atau dengan tools tambahan. Yuk simak cara selengkapnya di bawah ini!

1. Tanpa Tools

Agar Sobat MEA bisa memahami dan menerapkan apa itu TikTok Insight, aplikasi TikTok sendiri sudah menyediakan fitur ini sehingga bisa Sobat MEA akses secara langsung tanpa harus menggunakan aplikasi tambahan. Berikut adalah langkah-langkah mudahnya:

  • Buka aplikasi TikTok pada perangkat Sobat MEA.
  • Klik menu Profil yang ada di sebelah kanan bawah.
  • Setelah masuk ke halaman profil, klik tiga garis di sebelah kanan atas, lalu pilih Settings & Privacy.
  • Lanjutkan dengan pilih menu Account, kemudian klik Creator Tools.
  • Pilih Analytics.
  • Halaman akan menampilkan performa dan insight konten yang dipilih.

2. Menggunakan Tools

Ada banyak aplikasi dan website yang bisa Sobat MEA manfaatkan untuk melihat Insight TikTok. Salah satunya yang banyak digunakan adalah tools TikTok Exolyt yang akan menampilkan hasil analisis audiens, industri, hingga kompetitor akun Sobat MEA.

Meskipun Exolyt tidak berafiliasi dengan TikTok, namun Sobat MEA tetap bisa melihat apa itu TikTok Insight melalui laman resmi mereka dengan langkah-langkah di bawah ini:

4 Cara Meningkatkan Insight TikTok

keuntungan TikTok Insight

Setelah memahami apa itu TikTok Insight dan cara melihatnya, sekarang kami akan membagikan beberapa tips untuk meningkatkan insight akun Sobat MEA. Berikut beberapa caranya:

1. Kenali Target Pasar

Tips pertama yang bisa Sobat MEA lakukan adalah dengan memahami target pasarnya terlebih dahulu. Dengan mengetahui audiens yang dituju, Sobat MEA akan lebih mudah untuk membuat konten yang menarik dan relevan dengan kebutuhan mereka.

2. Buat Konten yang Memancing Interaksi

Membuat konten yang menarik saja tidak cukup. Sobat MEA juga harus bisa membuat konten yang memancing interaksi audiens. Interaksi ini bisa berupa like, komen, share, bookmark, hingga sticth. Hal ini akan meningkatkan engagement rate dan insight akun Sobat MEA.

3. Konsisten

Konsistensi dalam membuat dan mengunggah konten menjadi salah satu hal yang penting untuk dilakukan. Jika Sobat MEA rutin mengunggah konten, maka akan semakin besar pula kemungkinan untuk konten dan akun Sobat MEA muncul ke semakin banyak pengguna TikTok.

4. Memberikan Feedback

Jangan lupa untuk selalu memberikan feedback atau balasan kepada audiens. Seperti misalnya memberikan like atau menjawab komentar dari audiens. Sehingga interaksi yang terjadi tidak hanya satu arah saja, melainkan menjadi interaksi 2 arah yang akan meningkatkan kedekatan Sobat MEA dengan audiens.

Itu dia pembahasan lengkap mengenai apa itu TikTok Insight, cara melihatnya, hingga tips untuk meningkatkannya. Semoga ulasan ini bermanfaat dan selamat mencoba!

You may also like

Leave a Comment