Arti Engagement dalam Marketing dan Cara Meningkatkannya

by Fanny
arti engagement dalam marketing

Pasti Sobat MEA sudah tidak asing dengan kata engagement, bukan? Istilah ini banyak digunakan ketika Sobat MEA mengunggah konten di media sosial dan ingin mengetahui seberapa tinggi interaksinya. Tidak hanya itu, engagement juga penting untuk mengetahui performa sebuah iklan. Lalu, apa arti engagement dalam marketing?

Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas secara tuntas tentang arti engagement dalam marketing hingga bagaimana cara meningkatkannya. Yuk simak ulasan selengkapnya agar konten Sobat MEA bisa meraih engagement yang tinggi dan memuaskan!

Table of Contents

Arti Engagement dalam Marketing

Mau belajar jualan di media sosial?
Yuk gabung ke komunitas yang dipandu Coach profesional dengan klik di sini. GRATIS!

Sebelum membagikan bagaimana cara meningkatkan engagement akun bisnis, Sobat MEA perlu mengetahui arti engagement dalam marketing terlebih dahulu. Seperti yang sudah disinggung sedikit di atas, engagement adalah tolak ukur performa suatu konten strategis berdasarkan interaksi dan keterlibatan audiens. 

Engagement juga bisa diartikan sebagai komunikasi dua arah di mana audiens dapat memberikan tanggapan terhadap konten yang ditampilkan di halaman mereka.

Dalam media sosial, engagement ini bisa dilihat dari jumlah views, like, comment, share, bookmark, hingga meningkatnya jumlah followers pada akun Sobat MEA. Jadi, suatu konten dikatakan berhasil jika aspek-aspek ini meningkat. Semakin tinggi engagement-nya, maka akan semakin kredibel pula akun yang Sobat MEA jalankan.

Dengan memahami arti engagement dalam marketing dan menerapkannya dengan baik, Sobat MEA bisa lebih mengetahui kebutuhan audiens dari jumlah interaksi yang terjadi. Sobat MEA bisa melihat konten mana yang performanya tinggi dari jumlah engagement-nya. Dengan begitu, Sobat MEA jadi mengetahui konten seperti apa yang diminati oleh audiens dan bisa dijadikan sebagai dasar untuk pembuatan konten berikutnya di masa depan.

3 Fungsi Engagement Marketing

Nggak sanggup bikin konten setiap hari?
Tenang aja, ada Tim MEA yang siap bantuin kamu bikin konten sampai nambah banyak followers secara organik. Klik di sini!

Setelah mengetahui arti engagement dalam marketing, Sobat MEA juga perlu mengetahui pentingnya engagement dalam akun, terutama untuk bisnis online. Berikut adalah 3 fungsi utama engagement marketing untuk bisnis Sobat MEA:

1. Mengetahui Efektivitas Kampanye

Fungsi engagement marketing yang pertama adalah untuk mengetahui seberapa efektif kampanye yang Sobat MEA buat. Misalnya jika engagement suatu kampanye terhitung rendah dan tidak mencapai tujuan yang sudah ditetapkan, itu artinya performa kampanye masih belum bisa dikatakan berhasil. 

Sobat MEA bisa melakukan evaluasi dari berbagai faktor seperti isi konten, jenis media yang digunakan, hingga perubahan perilaku audiens untuk bisa meningkatkan engagement.

2. Mengetahui Engagement Kompetitor

Tidak hanya mengukur keberhasilan kampanye pada akun bisnis sendiri, Sobat MEA juga bisa memantau engagement konten dan kampanye milik kompetitor dengan menggunakan tools seperti Tanke atau Phlank. Di sini, Sobat MEA bisa melihat tingkat engagement kompetitor sambil mempelajari bagian mana yang bisa Sobat MEA ikuti agar engagement juga bisa semakin meningkat.

3. Mengetahui Kepuasan Pengguna

Fungsi dari engagement marketing berikutnya adalah mengetahui bagaimana perilaku pengguna di website Sobat MEA. Semakin lama mereka membuka website Sobat MEA, artinya tampilan website ini menarik, informatif, dan mudah untuk dinavigasikan oleh pengguna. 

Artikel Terkait  Berapa Sih Ukuran Landing Page yang Ideal? Begini Penjelasannya!

Begitu pula sebaliknya. Jika pengguna tidak betah berlama-lama mengunjungi website bisnis Sobat MEA, itu bisa karena beberapa faktor. Mulai dari halaman website yang ribet, sulit dinavigasikan, tidak rapi, atau produk tidak cocok dengan pengguna.

5 Cara Meningkatkan Engagement Marketing di Media Sosial

arti engagement dalam marketing

Setelah mengetahui arti engagement dalam marketing dan fungsinya, pasti Sobat MEA ingin tahu bagaimana cara meningkatkan engagement di media sosial, bukan? Yuk ikuti langkah-langkah di bawah ini agar akun bisnis bisa meraih engagement yang tinggi!

1. Buat Konten Sesuai Kebutuhan Audiens

Seperti yang sudah dibahas pada poin arti engagement dalam marketing di atas, membuat konten yang sesuai dengan target audiens akan meningkatkan interaksi pada konten dan Sobat MEA bisa meraih feedback yang sesuai. 

Untuk itu, Sobat MEA perlu menentukan target audiens yang spesifik. Selain itu, Sobat MEA juga perlu memahami audiens agar bisa membuat konten yang interaktif dan relevan dengan kebutuhan serta kesukaan mereka.

2. Pilih Waktu Posting

Waktu posting juga turut mempengaruhi tingkat engagement. Seperti contohnya saja Sobat MEA mengunggah konten di saat audiens tidak membuka media sosial, maka kecil kemungkinan konten Sobat MEA untuk muncul di beranda akun mereka nantinya. 

Jadi untuk mengantisipasinya, Sobat MEA harus bisa memperkirakan kapan prime time atau waktu yang tepat untuk mengunggah konten agar mendapatkan engagement yang tinggi.

3. Buat CTA yang Jelas

arti engagement dalam marketing

CTA atau Call To Action ini penting banget untuk meningkatkan engagement konten. CTA bertujuan untuk mengajak audiens dalam melakukan sesuatu seperti untuk komen, klik link di bio, klik keranjang, isi formulir, pembelian produk, atau ajakan lainnya. 

Tanpa CTA, konten Sobat MEA hanya akan dianggap sebagai konten pemberian informasi saja dan bukan suatu ajakan untuk melakukan sesuatu. Jadi, pastikan konten Sobat MEA selalu memiliki CTA, ya!

Artikel Terkait  3 Cara Hapus Akun DANA Secara Efektif Untuk Akun Tidak Aktif

4. Unggah Konten Secara Rutin

Jangan lupa untuk rutin mengunggah konten seperti misalnya satu konten per hari dan unggah di waktu yang sama. Kekurangan konten akan membuat. 

Sobat MEA kekurangan engagement pula karena tidak ada konten baru yang bisa ditanggapi oleh audiens. Pastikan pula konten Sobat MEA ini interaktif sehingga menarik semakin banyak audiens untuk meninggalkan jejak di konten Sobat MEA.

5. Kolaborasi dengan Influencer

Bekerja sama dengan influencer akan meningkatkan engagement konten dan akun bisnis mengingat influencer sudah memiliki audiens-nya sendiri. Nah para audiens dari influencer ini juga akan turut serta meninggalkan jejak pada konten Sobat MEA karena produk Sobat MEA dipromosikan oleh orang yang mereka percaya. Untuk itu, pastikan Sobat MEA memilih influencer yang memiliki niche market yang sesuai dengan produk Sobat MEA agar bisa meraih engagement yang tinggi, ya.

Sekian pembahasan tentang arti engagement dalam marketing, fungsi, hingga cara meningkatkannya. Semoga ulasan ini membantu dan selamat mencoba!

You may also like

Leave a Comment