Bagaimana Cara Bekerja Strategi Targeting Blog Untuk Bisnis? Ini 5 Tahapannya!

by Fanny
Bagaimana Cara Bekerja Strategi Targeting Blog

Ada banyak metode marketing yang bisa Sobat MEA lakukan di era yang serba digital ini, salah satunya adalah melalui blog. Meskipun platform blog sudah lama eksis, masih banyak pebisnis yang belum familiar dengan metode pemasaran yang satu ini. Untuk itu dalam kesempatan ini, kami akan membagikan bagaimana cara bekerja strategi targeting blog untuk bisnis secara lengkap. Yuk simak!

Sejak awal kemunculannya, blog adalah sebuah website personal yang digunakan oleh para content creator, umumnya para penulis untuk membahas berbagai topik. Bisa itu kehidupan personal atau menulis sebuah topik yang mereka kuasai. Karena blog ini merupakan platform yang sangat spesifik, tentu saja hal ini membuka potensi bagi kita untuk melakukan aktivitas-aktivitas pemasaran melalui blog ini.

Apa itu Targeting Blog?

Belajar copywriting dan content writing biar jualan makin mandiri!

Yuk gabung ke Komunitas MEA yang dipandu pelakunya langsung. GRATIS!

Sebelum membahas bagaimana cara bekerja strategi targeting blog, Sobat MEA perlu mengetahui pengertiannya terlebih dahulu. Jika biasanya pebisnis selalu sibuk dengan strategi pemasaran yang bertujuan untuk meningkatkan penjualan, maka dengan strategi targeting blog ini Sobat MEA lebih berfokus pada pengenalan produk.

Audiens akan lebih tertarik untuk membeli suatu produk jika mereka mendapatkan informasi lengkap akan produk tersebut. Seperti misalnya saja Sobat MEA sering mendapatkan iklan mengenai suatu serum misalnya. Namun Sobat MEA tidak tahu apa kandungan dan manfaat dari serum tersebut. Tentunya Sobat MEA akan langsung skip iklannya, bukan? 

Nah, inilah tujuannya melakukan bagaimana cara bekerja strategi targeting blog di mana Sobat MEA bisa menyediakan informasi lengkap mengenai suatu produk untuk menarik minat konsumen.

Artikel Terkait  Pelatihan Toko Online Shopee Komunitas MEA Terbukti Membantu Member Banjir Orderan

Bagaimana Cara Bekerja Strategi Targeting Blog?

Mau dapet komisi gede Shopee Affiliate lewat konten-konten blog?

Yuk daftar ke agensi MCN Shopee MEA sekarang juga. Dapatkan berbagai keuntungan dari free sample sampai komisi besar!

Strategi targeting blog ini tidak rumit, kok, Sobat MEA cukup buat konten yang relevan dan menarik di mata audiens. Namun agar kontennya mendapatkan semakin banyak perhatian, Sobat MEA bisa mengikuti beberapa tips bagaimana cara bekerja strategi targeting blog sebagaimana yang akan kami jelaskan di bawah ini:

1. Tentukan Audiens

Hal pertama yang harus Sobat MEA lakukan adalah menentukan target audiens secara spesifik agar dapat membuat konten yang relevan dan membuat mereka merasa dimengerti. Dengan begitu, Sobat MEA akan lebih mudah menarik perhatian audiens.

Seperti misalnya saja Sobat MEA ingin membuka kelas mengenai digital marketing dan memberikan tips cara membuat iklan di IG dan FB Ads secara lebih spesifik. Sobat MEA bisa menjabarkan dulu kesulitan membuat iklan di platform tersebut yang juga dirasakan oleh audiens. Kemudian lanjutkan dengan memberikan solusi berupa kelas yang Sobat MEA tawarkan. 

Selanjutnya, Sobat MEA bisa melanjutkan dengan menuliskan apa saja benefit atau manfaat yang akan audiens dapatkan jika bergabung ke kelas Sobat MEA. Nah, dengan begitu, Sobat MEA sudah berhasil menarik perhatian audiens dan audiens yang membaca tulisan Sobat MEA bisa mendapatkan pengetahuan lengkap mengenai produk yang ditawarkan.

2. Pilih Topik yang Relevan

bagaimana cara bekerja strategi targeting blog

Seperti misalnya kesulitan membuat konten di Instagram, atau jumlah followers yang tidak pernah bertambah, atau biaya iklan yang terlalu mahal. Dengan memahami berbagai kesulitan dan kendala yang dihadapi ini, Sobat MEA kemudian bisa memberikan beberapa solusi untuk mengatasi masalah. Jangan lupa untuk selipkan CTA yang berbentuk solusi yang Sobat MEA tawarkan agar audiens semakin tertarik dan melakukan pembelian.

3. Menentukan Kata Kunci

Agar tulisan dan blog Sobat MEA mudah ditemukan, Sobat MEA juga perlu menggunakan kata kunci yang tepat. Ada banyak tools SEO yang dapat Sobat MEA manfaatkan untuk menemukan kata kunci pada suatu tulisan. Tools ini ada yang gratis namun ada juga yang berbayar.

Tapi Sobat MEA juga bisa mempermudah proses pencarian kata kunci sekaligus berhemat pada bagaimana cara bekerja strategi targeting blog dengan membuat kata kunci sendiri. Caranya adalah dengan bayangkan Sobat MEA adalah audiens yang mencari suatu artikel. 

Seperti misalnya Sobat MEA ingin mencari “tips harga iklan fb ads murah”, maka Sobat MEA bisa menggunakan kata kunci tadi atau mengkombinasikannya dengan kata lain yang tetap relevan dengan kata kunci utama. Dengan begitu, audiens akan lebih mudah menemukan ulasan yang Sobat MEA buat.

4. Optimasi SEO

Ketika membicarakan konten berupa tulisan atau artikel, Sobat MEA tidak akan terlepas dari SEO dan optimasinya. Bagaimana cara bekerja strategi targeting blog dengan optimasi SEO? Sebenarnya strategi ini bertujuan untuk meningkatkan visibilitas konten. Jadi pemilihan kata kunci saja tidak cukup. Sobat MEA perlu memperhatikan judul artikel, meta description, struktur URL, internal linking, dan external linking agar artikel lebih mudah ditemukan oleh audiens.

Artikel Terkait  Cara Buka Jastip di Shopee, Mulai Dari Promosi Sampai Strategi

Tujuan lainnya dari optimasi SEO ini adalah agar tulisan Sobat MEA dapat bersaing dengan situs blog kompetitor. Karena pastinya yang menulis tentang topik digital marketing bukan hanya Sobat MEA saja, dong? Dengan adanya optimasi ini, tulisan Sobat MEA dapat muncul di halaman utama pencarian dan terletak di baris yang paling atas di mana biasanya menjadi pilihan pertama audiens ketika mencari suatu ulasan.

5. Rutin Mengunggah Artikel

Strategi targeting blog berikutnya adalah Sobat MEA perlu rutin mengunggah artikel. Sobat MEA bisa membuat berbagai macam tulisan dan ulasan yang masih relevan dengan bisnis. Hal ini bertujuan agar performa blog Sobat MEA meningkat. Selain itu, reputasi blog Sobat MEA juga akan terlihat lebih bagus dengan jumlah tulisan yang lebih banyak. Pastikan Sobat MEA selalu mencantumkan judul yang menarik juga agar audiens tertarik untuk membaca artikel lainnya.

Nah, itu dia 5 tahapan mengenai bagaimana cara bekerja strategi targeting blog. Jangan lupa untuk mengaplikasikannya pada blog Sobat MEA, ya!

You may also like

Leave a Comment