Belajar SEO Pemula dari Dasar Hingga Penerapannya di Sini!

by Fanny
belajar seo pemula

Sobat MEA pasti sudah tidak asing ketika mendengar SEO dan apa manfaatnya dari menerapkan hal ini. SEO sendiri menjadi salah satu pekerjaan yang dibutuhkan oleh berbagai perusahaan, terutama untuk Sobat MEA yang menjalankan bisnis online untuk membantu meningkatkan penjualan. Inilah mengapa banyak yang mencari cara untuk belajar SEO pemula hingga bisa menguasainya.

Untuk itu pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan mengenai dasar-dasar SEO yang bisa Sobat MEA pelajari sendiri untuk memahami apa itu SEO serta bagaimana cara menerapkannya. Yuk simak ulasan selengkapnya di sini!

Table of Contents

Apa Itu SEO

Belajar SEO Langsung dari Ahlinya di Sini!
Yuk gabung ke komunitas yang dipandu oleh Coach berpengalaman di sini. Gratis!

SEO atau Search Engine Optimization adalah sebuah usaha untuk menjadikan website muncul di halaman pertama dan di bagian teratas pada kolom pencarian secara organik. Tujuan dari penerapan SEO sendiri adalah untuk meningkatkan temuan website Sobat MEA ketika dicari oleh pengguna yang menggunakan kata kunci tertentu. Semakin mudah website ditemukan, maka akan semakin tinggi pula kunjungan audiens terhadap website Sobat MEA.

Ketika banyak pengunjung yang melihat website Sobat MEA, maka akan semakin meningkat pula konsumen potensialnya. Dengan begitu, produk Sobat MEA juga akan lebih dikenal oleh audiens dan bisa meningkatkan penjualan produk. Inilah mengapa belajar SEO pemula banyak dicari oleh pemilik perusahaan yang masih merintis bisnis dari awal.

Cara kerja SEO sendiri cukup sederhana, yaitu dengan menerapkan kata kunci yang tepat pada website Sobat MEA. Seperti misalnya saja Sobat MEA seorang pengguna yang ingin mencari tahu mengenai cara belajar SEO pemula. Kemudian Sobat MEA menggunakan kata kunci “belajar SEO untuk pemula” pada kolom pencarian. Maka Sobat MEA akan menemukan banyak artikel, website, hingga jasa yang menawarkan kelas SEO. Di sinilah SEO berperan untuk menampilkan bisnis Sobat MEA.

Artikel Terkait  4 Cara Bikin Link Instagram yang Berpotensi Hasilkan Cuan!

Perlu diingat bahwa setiap pengguna bisa saja menggunakan kata kunci yang berbeda meskipun mereka mencari hal yang sama. Ada pengguna yang menggunakan kata kunci “apa itu SEO”, “pengertian SEO”, “dasar-dasar SEO”, dan lain sebagainya. Jadi, Sobat MEA harus bisa memasukkan beberapa kata kunci yang relevan sekaligus agar produk bisa muncul di baris teratas ketika ada pengguna yang mencarinya dengan kata kunci tertentu.

Belajar SEO Pemula

Traffic Website Susah Naik?
Mending pakai Jasa Landing Page aja yang dibuat dan dikelola oleh tim profesional. Klik di sini!

Belajar SEO pemula cukup membingungkan untuk dimulai mengingat ada banyak hal yang perlu dipelajari. Namun bukan berarti hal ini tidak bisa Sobat MEA pelajari sendiri. Memahami bagaimana cara kerja SEO sendiri adalah satu langkah besar. Berikutnya, kami akan memberikan beberapa hal mendasar mengenai SEO yang perlu Sobat MEA ketahui agar proses belajar SEO pemula lebih mudah untuk dipahami.

1. Istilah dalam SEO

SEO memiliki banyak istilah yang perlu Sobat MEA ketahui agar lebih mudah untuk memahami proses belajar dan mengetahui apa yang harus dilakukan. Berikut adalah istilah umum dalam SEO:

  • Keyword, adalah kata kunci yang harus Sobat MEA tentukan untuk dimasukkan ke dalam website agar lebih mudah untuk ditemukan oleh pengguna dan meningkatkan visibilitas website. Ada beberapa tools yang bisa Sobat MEA gunakan untuk membantu menemukan kata kunci yang tepat. Tools ini akan kami bahas pada poin berikutnya.
  • On-Page SEO, adalah faktor apa saja yang mempengaruhi visibilitas website Sobat MEA dan bagaimana cara melakukan optimasinya. Tujuan dari optimasi on-page ini sendiri adalah untuk mengetahui apakah website Sobat MEA sudah relevan dengan apa yang dibutuhkan dan dicari oleh audiens.
  • Off-Page SEO, adalah proses optimasi website dari luar. Di sini, Sobat MEA harus melakukan cara untuk meningkatkan popularitas website atau produk yang membuat audiens mencari halaman website Sobat MEA.
  • Link Buildingadalah suatu proses di mana Sobat MEA harus bisa mendapatkan link dari website lain untuk menuju ke website Sobat MEA. Hal ini disebut sebagai backlink yang bertujuan untuk meningkatkan ranking website.
  • Rankingditentukan oleh Google yang akan menampilkan konten yang relevan sesuai dengan pencarian pengguna. Semakin tinggi ranking website Sobat MEA, maka akan semakin  mudah untuk ditemukan oleh pengguna dan traffic website pun akan semakin tinggi.
Artikel Terkait  Peluang Bisnis Online Tanpa Modal 2024 yang Menjanjikan!

2. Tools SEO

belajar seo pemula

Belajar SEO pemula juga membuat Sobat MEA harus mengetahui tools apa saja yang bisa membantu meningkatkan traffic website. Ada banyak tools SEO yang bisa Sobat MEA manfaatkan. Mulai dari yang gratis hingga yang berbayar pun bisa Sobat MEA dapatkan dengan mudah. Berikut adalah beberapa rekomendasi Tools SEO yang bisa Sobat MEA coba:

  • Google Search Console
  • Google Analytics
  • Google Trends
  • Ahrefs
  • Google Keyword Planner
  • Semrush
  • Ubersuggest
  • MOZ pro
  • Keywordtool.io
  • ScreamingFrog

3. Konten yang Relevan

Agar traffic website semakin meningkat, maka Sobat MEA perlu membuat tulisan atau artikel yang relevan dan dibutuhkan oleh audiens. Karena jika tidak, maka besar kemungkinan website Sobat MEA akan dikunjungi dari artikel yang telah ditulis.

Seperti misalnya saja website Sobat MEA menampilkan produk perawatan kulit khusus jerawat. Maka Sobat MEA bisa membuat artikel yang berkaitan dengan perawatan kulit secara umum atau membahas tips perawatan khusus kulit berjerawat. Dengan begitu, Sobat MEA bisa memaksimalkan kata kunci dan konten yang relevan dengan yang dibutuhkan oleh audiens.

Cara lainnya dalam menentukan konten yang relevan adalah Sobat MEA harus memahami target audiens sendiri. Dengan begitu, Sobat MEA mengetahui apa saja masalah yang mereka hadapi, apa yang mereka butuhkan, dan apa yang mereka inginkan. Jadi Sobat MEA akan lebih untuk membuat konten dan meningkatkan traffic website.

You may also like

Leave a Comment