Praktis dan Gampang Cuan, Ini Cara Sukses Berjualan di Tokopedia Pakai HP!

by Viki
berjualan di tokopedia pakai hp

Siapa sih yang tidak ingin cuan dengan berjualan di Tokopedia pakai hp saja? Jika kamu hobi berbelanja online, kamu pasti sudah familiar dengan marketplace yang satu ini. 

Nah, kini kamu juga bisa mulai berjualan di marketplace khususnya Tokopedia. Bahkan anda bisa dari mana aja dan kapan aja. Lalu bagaimana sih caranya agar sukses berjualan di Tokopedia? Simak penjelasannya berikut ini!

Apa itu Tokopedia?

broadcast chat Tokopedia

Sebagian besar masyarakat indonesia mungkin sudah familiar dengan nama Tokopedia dan suka berbelanja di Tokopedia. Namun ternyata masih banyak masyarakat awam yang belum mengenal Tokopedia. Bahkan gaptek untuk mengakses Tokopedia baik untuk berbelanja maupun berjualan.

Jadi, Tokopedia merupakan salah satu e-commerce andalan para penggunanya saat ingin  membeli dan menjual suatu barang. Hingga pada tahun 2021 Tokopedia sukses menempati ranking pertama sebagai e-commerce dengan pengunjung web bulanan tertinggi.

Yuk, Gabung Komunitas Seller Tokopedia MEA!

Untuk kamu seller baru yang belum tahu cara jualan di Tokopedia yang laris manis. Karena ada bimbingan khusus dari mentor berpengalaman. GRATIS!!!

Setidaknya Tokopedia memperoleh 147,8 juta pengunjung setiap bulannya. Dengan banyaknya pengunjung tersebut, tentunya akan sangat mudah untuk kamu memperoleh banyak keuntungan.

Itulah mengapa Sobat MEA perlu memanfaatkan Tokopedia untuk meraup keuntungan. Cara berjualan di Tokopedia pakai HP pun sangat mudah. Bisa juga melalui website. Tapi pastikan Sobat MEA sudah membuat Toko di Tokopedia. Lantas, bagaimana caranya?

Cara Buka Toko di Tokopedia Pakai HP

cara hapus akun tokopedia
  1. Buka Aplikasi Tokopedia di HP mu, lalu pilih Akun.
  2. Langkah selanjutnya, klik Buka Toko Gratis yang ada di bagian bawah.
  3. Tulis nama tokomu yang sesuai dengan bisnis yang kamu miliki. Namun nama toko tidak bisa diubah. Pastikan kamu teliti dalam memilih nama toko. Lalu kamu bisa membuat domain toko yang berfungsi sebagai link toko kamu di e-commerce ini.
  4. Setelah isi nama toko, lengkapi alamat toko mulai dari nama jalan nomor bangunan, RT/RW, kecamatan, dan kode pos. Lalu klik “Simpan”. Pastikan kamu mencantumkannya dengan lengkap.
  5. Selesai! Selamat, kini kamu sudah memiliki toko untuk bisa mulai memulai penjualan di Tokopedia dengan HP saja.

Belajar Jualan Laris di Kelas Tokopedia Juara

Yuk gabung Kelas Tokopedia MEA

Tapi hal ini belumlah cukup. Masih ada lagi beberapa cara berjualan di Tokopedia pakai HP yang wajib Sobat MEA lakukan sebagai pemula. Lantas apa saja yang harus kamu lakukan? Simak ya!

Cara Berjualan di Tokopedia Pakai HP

ukuran banner tokopedia

Setelah memiliki akun, ternyata kamu belum bisa berjualan. Sebaiknya lakukan cara-cara ini agar penjualan lebih cepat laku. Melansir laman seller.tokopedia.com, Berikut beberapa cara tersebut yang perlu dilakukan oleh pemula:

Upload Produk

Pertama, tentu saja harus ada produk dalam toko terlebih dahulu. Sobat MEA perlu tambah produk ke toko tersebut. Pastikan foto produk yang akan kamu upload memiliki kualitas terbaik. Selain foto produk, kamu juga harus menambahkan deskripsi produk, harga, jenis/ katagori, merek, dan keterangan lain.

Mengaktifkan Layanan Logistik

Gak Punya Waktu Untuk Kelola Toko?

Serahkan saja pada kami! Biar Tim Manajemen Tokopedia kami yang bantu mengurus penjualan tokomu

Mengelola Toko

Ada satu hal penting yang tidak boleh kamu lewatkan agar bisa menjadi seller sukses di Tokopedia, yaitu mengelola toko. Karena toko tidak bisa berjalan begitu saja tanpa di kelola pemiliknya. Selain itu, jika kamu kelola tokomu dengan baik, bisa meningkatkan performa toko untuk dapat dipercaya pelanggan.

Tapi nilai performa ini bergantung pada layanan yang kamu berikan. Dalam hal ini, harap berikan layanan terbaik, seperti merespon pertanyaan calon pembeli dengan cepat dan ramah dan layanan lainnya yang bisa membuat pelanggan terkesan. 

Buat Strategi Marketing

Ingat, dalam bisnis, ada persaingan ketat yang terjadi, termasuk di Tokopedia. Oleh karenanya, kamu juga perlu melakukan strategi marketing yang dapat menarik banyak pelanggan. 

Adapun beberapa strategi marketing yang perlu kamu lakukan meliputi share ke sosial media agar lebih mudah dikenal, buat promosi toko dengan fitur voucher toko yang ada, menggaet mitra affiliate untuk meningkatkan penjualan di toko. 

Mengikuti Keanggotaan Seller

Bagi seller baru, biasanya belum termasuk keanggotaan yang tersedia di Tokopedia. Nah, kamu bisa banget mendaftarkan keanggotaan seller di Tokopedia. Agar bisa merasakan berbagai fasilitas khusus yang dapat memberikan keuntungan.

Tokopedia sendiri menghadirkan layanan bernama power merchant yang merupakan keanggotaan seller dengan berbagai fitur eksklusif. Dengan power merchant ini, kamu berkesempatan meningkatkan penjualan dan kepercayaan pembeli. 

Layanan ini juga bebas biaya bulanan. Kamu hanya perlu membayar biaya layanan sebesar 1% untuk setiap produk yang berhasil terjual. Namun jika produk belum terjual, kamu tidak akan dikenakan biaya langganan.

Artikel Terkait  3 Cara Melihat Alamat Toko di Lazada. Belanja dari yang Dekat biar Hemat

Namun ada syarat tertentu jika kamu ingin bergabung menjadi seller power merchant. Adapun syarat untuk penjual baru, memiliki minimal satu produk aktif dan toko telah terverifikasi. Sedangkan untuk penjual lama, sudah memiiliki skor performa toko minimal 60 dan toko telah terverifikasi dengan foto diri dan KTP. 

Bagaimana? Mudah bukan? Apabila kamu melakukan beberapa cara berjualan di Tokopedia pakai HP tersebut, kamu bisa mulai meraup omzet sebanyak-banyaknya dari Tokopedia. 

Ingin tau kiat-kiat sukses lainnya untuk meraup omzet yang melimpah? Ikuti program Metode Tokopedia Juara. Dalam program ini, terdapat banyak tips dan kiat sukses ala para pebisnis besar dari berbagai bidang Bisnis. Salam sukses!

You may also like

Leave a Comment