Biaya Admin Shopee Seller Terbaru. Mulai 1 Desember 2023!

by Husna Rahman
biaya admin shopee seller

Setiap marketplace online yang populer di Indonesia memberikan biaya administrasi pada mereka para penjual. Shopee sebagai salah satu platform besar juga melakukan hal demikian. Pertanyaan yang kemudian muncul adalah berapa biaya admin Shopee Seller?

Buat Sobat MEA yang ingin memulai bisnis di Shopee, penting kiranya untuk mengetahui detil biaya admin. Pasalnya, biaya admin ini akan sangat berpengaruh pada penentuan harga produk yang Sobat MEA jual.

Table of Contents

Perubahan Biaya Admin Shopee 1 Desember 2023

Mau mulai belajar jualan di Shopee sama praktisi langsung?
Yuk gabung ke grup seller marketplace MEA sekarang juga!

Sebagai sebuah marketplace Shopee selalu memperbaharui biaya admin yang dibebankan pada para seller yang berjualan pada platform aplikasi Shopee maupun websitenya. Setelah lama nggak memperbaharui biaya admin, Shopee sendiri telah mengumumkan perubahan biaya admin yang akan efektif diterapkan pada tanggal 1 Desember 2023 kemarin.

Perubahan biaya admin terbaru ini dibagi menjadi 3 kategori. Yakni kategori A, kategori B dan kategori C. Nah berikut ini adalah detail dari setiap kategori produk:

Kategori A

Produk-produk yang masuk pada kategori A ini antara lain produk Kesehatan, Aksesoris Fashion, Elektronik, Pakaian & Sepatu Pria, Handphone & Aksesoris, Fashion Muslim, Koper &Tas Travel, Tas Wanita, Pakaian & Sepatu Wanita, Tas Pria, Jam Tangan, Audio, Makanan & Minuman, Perawatan & Kecantikan, Ibu & Bayi, Fashion Bayi & Anak, Kamera & Drone, Perlengkapan Rumah, Olahraga & Outdoor, Buku & Alat Tulis, Hobi & Koleksi, Mobil, Sepeda Motor, Tiket, Voucher & Layanan, Buku & Majalah.

Kategori B

Kategori C

Aksesoris Fashion (Logam Mulia & Perhiasan), Perangkat Elektronik, Handphone, Tablet, Kamera, Drone, Komputer (Hardware), Makanan Kering & Beku, Ibu & Bayi (Susu Formula), Perlengkapan Rumah (Sealer).

Biaya Admin Shopee Baru Mulai 1 Desember 2023

Dapetin komisi ekstra sampai 30% dari Shopee Affiliate?
Gabung MCN Shopee MEA aja! GRATIS!

Setelah mengetahui semua produk setiap kategorinya, kita masuk pada pembahasan perubahan biaya admin Shopee untuk penjual atau seller Non-Star <50 order, Star/Star+, Non-Star > 50 order. Ada beberapa perubahan signifikan dari setiap kategori penjual. Nah untuk lebih lengkapnya, kamu bisa simak di bawah ini!

Biaya Admin Shopee Seller Non-Star <50 Order

Shopee masih memberikan kelonggaran bari para seller baru atau seller lama yang masih belum berkembang secara maksimal di platformnya. Khusus untuk penjual Non Star yang mendapatkan order kurang dari 50 masih dibebaskan dari biaya admin GRATIS.

Biaya Admin Shopee Seller Non-Star >50 Order

Seperti kita ketahui, Shopee sendiri memberikan keringanan untuk para seller baru yang baru mulai berjualan di Shopee. Keringanan ini berbentuk biaya admin. 100 transaksi pertama, seorang seller baru nggak akan dibebani biaya admin. Nah sekarang terjadi perubahan.

Seller yang sudah menyelesaikan lebih dari 50 order kini terkena biaya admin. Singkatnya, seller baru nggak akan dibebani biaya admin sebelum menyelesaikan 50 order. Saat sudah mendapatkan 51 order, maka biaya admin mulai diberlakukan. Berikut ini biayanya

Kategori A

Kategori B

Kategori C

Biaya admin awalnya 4% menjadi 6%

Biaya admin awalnya 3,2% menjadi 5%

Biaya admin awalnya 2,8% menjadi 3,5%

Biaya Admin Shopee Star Seller dan Star+

biaya admin shopee seller

Kategori A

Kategori B

Kategori C

Biaya admin awalnya 4,7% menjadi 6,5%

Biaya admin awalnya 4% menjadi 5,5%

Biaya admin awalnya 3,3% menjadi 4%

Biaya Layanan Program Gratis Ongkir XTRA & Cashback XTRA

Untuk Sobat MEA yang berjualan di Shopee dan mengikuti program layanan gratis ongkir XTRA dan juga Cashback XTRA, ada kabar baik. Kabar baiknya, biaya layanan ini nggak ada perubahan sama sekali. Nah berikut ini detail biaya layanannya:

  • Biaya layanan program Gratis Ongkir XTRA adalah 4%, maksimal Rp10 ribu per produk.
  • Biaya layanan program Cashback XTRA adalah 1,4%, maksimal Rp10 ribu per produk.

Contoh Perhitungan Biaya Admin Shopee Baru 1 Desember 2023

Setelah mengetahui perubahan-perubahan biaya admin Shopee 2023 yang ada, sekarang kita akan masuk pada pembahasan contoh perhitungan biaya admin Shopee terbaru yang akan diresmikan mulai 1 Desember 2023. Berikut contoh perhitungannya:

Misalnya harga asli produk kategori A Rp110 ribu. Lalu ada diskon dan voucher penjual senilai Rp10 ribu. Maka harga yang harus dibayarkan pembeli yakni Rp100 ribu. Untuk menghitung biaya admin maka masukan rumus biaya admin ditanggung penjual x harga = 6%x100 ribu = Rp6500. Jadi biaya administrasi final adalah Rp6500.

Perhitungan tersebut belum termasuk perhitungan tambahan jika seller mengikuti program lain. Misalnya jika seller bergabung pada program Gratis Ongkir XTRA maupun Cashback XTRA atau menjual produk diskon produk.

You may also like

Leave a Comment