5 Cara Agar Live Shopee Banyak Penonton. Mudah Banget!

by Fanny
cara agar live shopee banyak penonton

Mempromosikan produk melalui Shopee Live adalah salah satu cara yang efektif. Sobat MEA bisa menjelaskan produk secara langsung dan menunjukkan detail produk dengan lebih jelas. Sayangnya, tidak banyak penjual yang mengetahui bagaimana cara agar Live Shopee banyak penonton sehingga live streaming yang mereka lakukan tidak bisa meraih banyak penjualan.

Untuk itu pada kesempatan kali ini, kami akan menjelaskan sedikit mengapa Sobat MEA perlu melakukan Live Shopee dan cara agar Live Shopee banyak penonton yang bisa dilakukan oleh pemula. Yuk simak ulasan selengkapnya di bawah!

Table of Contents

Apa itu Live Shopee?

Mau omzet di Shopee Meroket?
Gabung ke komunitas dan pelajari caranya dari Coach Shopee langsung di sini. Gratis!

Seperti yang kita ketahui, pembeli tidak bisa melihat produk secara langsung ketika mereka berbelanja di marketplace seperti Shopee. Hal ini yang terkadang membuat pembeli kecewa dengan produk yang mereka beli secara online karena tidak sesuai dengan ekspektasi mereka. 

Sedangkan ketika berbelanja secara offline, pembeli dapat melihat, memegang, bahkan mencoba produk terlebih dahulu sebelum membelinya. Untungnya, Shopee menyediakan fitur Live Streaming yang bisa Sobat MEA manfaatkan untuk memperlihatkan produk dengan lebih detail kepada audiens.

Melansir laman Shopee Seller Center, Shopee Live adalah fitur Shopee yang penjual dan penonton untuk berinteraksi secara real time dengan audiens. Fitur ini banyak dimanfaatkan oleh penjual untuk menjelaskan mengenai produk secara lebih detail dan informasi lainnya hingga menjawab berbagai pertanyaan dari audiens terkait produk secara langsung.

Dengan begitu, dapat disimpulkan bahwa semakin banyak pengguna yang menonton Live Shopee, maka akan semakin tinggi pula tingkat penjualannya. Untuk itu, Sobat MEA perlu mengetahui bagaimana cara agar Live Shopee banyak penonton yang akan kami bagikan di bawah ini!

Cara Memulai Live Shopee yang Menghasilkan

Bagi pemula, mungkin masih bingung bagaimana untuk memulai Live Shopee yang menghasilkan. Oleh karena itu, Sobat MEA bisa lakukan dengan langkah-langkah mudah di bawah ini:

  • Buka aplikasi Shopee lalu masuk ke menu Saya di sebelah kanan bawah.
  • Scroll ke bawah dan temukan menu Mulai Live.
  • Selanjutnya Sobat MEA harus mengisikan judul livestream dan deskripsi singkat mengenai livestream yang akan dilakukan.
  • Klik Tambah Produk Terkait untuk memasukkan produk apa saja yang akan Sobat MEA promosikan dalam sesi Shopee Live.
  • Pilih beberapa produk, lalu klik Tambah.
  •  Selesaikan dengan klik Lanjut dan Sobat MEA bisa langsung memulai Shopee Live.

Cara Agar Live Shopee Banyak Penonton

Jadikan Live Toko Lebih Potensial Bareng Partner Profesional
Udah gak jaman live Shopee sendirian, saatnya bekerja sama dengan Affiliate yang handal untuk tingkatkan omzet lewat MCN Shopee MEA!

Tanpa berlama-lama lagi, berikut adalah 7 cara agar Live Shopee banyak penonton yang bisa Sobat MEA terapkan pada toko sendiri:

1. Atur Produk dan Peralatan untuk Live Shopee

Sebelum melakukan Live Shopee, Sobat MEA perlu menentukan produk apa saja yang akan dipromosikan secara langsung. 

Pastikan produknya tersedia sehingga Sobat MEA bisa memperlihatkan kondisinya secara langsung kepada audiens. Pastikan juga stok produk masih mencukupi agar tidak banyak audiens yang kehabisan saat ingin membeli produknya.

Cara agar Live Shopee banyak penonton berikutnya adalah tampilan live streaming yang rapi dan jelas. Rapikan produk agar bisa dilihat semua di bagian depan atau belakang. Gunakan pencahayaan tambahan agar audiens bisa melihat warna, motif, dan detail produk lainnya dengan jelas. 

Artikel Terkait  Pengaturan Live Shopee yang Harus Diikuti. Persiapan Harus Maksimal!

Selain itu, penting untuk menggunakan jaringan internet yang kencang dan stabil agar tidak terjadi kendala dan keterlambatan penayangan selama Live Shopee.

2. Atur Live Berdasarkan Kalender Promo Shopee

Shopee memiliki jadwal promo sendiri yang bisa Sobat MEA ikuti dan manfaatkan dalam merencanakan Live Shopee. Hal ini karena audiens akan lebih tertarik untuk menonton Live Shopee yang akan memberikan promo menarik. Jadi, Sobat MEA bisa ngepoin kalender Shopee dan rancang promonya, ya!

3. Kirimkan Notifikasi ke Pengikut

Cara agar Live Shopee mendapatkan banyak jumlah penonton yang efektif berikutnya adalah dengan mengirimkan pesan otomatis kepada pengikut toko. Tuliskan informasi lengkap mengenai live yang akan dilakukan seperti tanggal, waktu, produk, promo yang ditawarkan, dan informasi lainnya. 

Gunakan kata-kata yang menarik dan mampu mengajak audiens untuk bergabung dan menonton live yang dilakukan, ya!

4. Buat Judul dan Thumbnail Live

cara agar Live Shopee banyak penonton

Cara agar Live Shopee banyak penonton berikutnya adalah dengan membuat judul dan thumbnail live yang menarik. Masukkan informasi yang jelas mengenai live dalam thumbnail

Jangan lupa juga untuk memberikan highlight pada bagian promo atau produk yang ingin ditawarkan. Ini penting untuk menarik penonton secara langsung dan mengetahui isi dari live Shopeemu.

5. Pilih Host yang Menarik

6. Interaktif dan Komunikatif

Perlu diingat bahwa audiens atau penonton adalah bagian penting dari Shopee Live. Untuk itu, Sobat MEA sebagai Host harus bisa berkomunikasi secara interaktif dengan audiens dan harus bisa menjelaskan produk dengan baik. Salah satu contoh mudahnya adalah dengan membuat alur dan skrip untuk live streaming.

Selalu awali Live Shopee dengan pembukaan berupa perkenalan diri, menjelaskan sedikit mengenai toko, dan jelaskan apa saja yang akan Sobat MEA promosikan selama live

Kemudian lanjutkan dengan menjelaskan setiap produk yang ditayangkan. Jangan lupa untuk selalu menyelipkan CTA (Call to Action) atau ajakan kepada audiens untuk membeli produk.

Ketika ada penonton baru yang masuk, jangan lupa untuk menyapa mereka terlebih dahulu untuk membuat penonton merasa dibutuhkan dan disambut dengan baik. 

Jika ada audiens atau penonton yang menanyakan produk yang sudah dijelaskan, Sobat MEA juga harus mau menjelaskannya kembali. Dengan begitu, Sobat MEA sudah menjadi host yang komunikatif dan interaktif.

7. Pilih Waktu Live yang Tepat

Cara agar Live Shopee banyak penonton yang terakhir adalah dengan memilih waktu livestream yang tepat. Hindari pemilihan jadwal live streaming dimana pengguna Shopee banyak yang sedang beraktivitas dan tidak bisa meluangkan waktu untuk menonton live

Hal ini bisa Sobat MEA tentukan dengan memahami aktivitas audiens. Seperti misalnya ibu rumah tangga mulai santai di atas pukul 9 pagi hingga jam 12 siang. Jadi Sobat MEA bisa melakukan live sekitar jam-jam yang telah disebutkan. 

Itu dia 7 cara agar Live Shopee banyak penonton yang bisa Sobat MEA lakukan. Cukup mudah, bukan? Dengan menggunakan fitur Shopee, Sobat MEA berpeluang meningkatkan penjualan dengan lebih mudah. Selamat mencoba!

You may also like

Leave a Comment