Cara Agar Live Shopee Tidak Kena Pelanggaran. Update 2024!

by Husna Rahman

Shopee Affiliate menjadi salah satu program unggulan dari Shopee yang digandrungi para konten kreator sosial media. Bukan tanpa alasan, program Shopee Affiliate ini dapat memberikan penghasilan besar dengan mempromosikan produk melalui Shopee Live maupun Shopee Video. Nah pada kesempatan ini, MEA ingin membahas bagaimana cara agar live Shopee tidak kena pelanggaran sehingga Sobat MEA lebih leluasa saat mempromosikan produk.

Seperti kita ketahui, akun yang terkena pelanggaran ini akan mengalami kerugian. Dan banyak para Shopee Affiliate yang nggak mengetahui kenapa akun mereka terkena pelanggaran dari Shopee. Atas alasan tersebut, penting bagi Sobat MEA untuk mengetahui bagaimana cara agar live Shopee tidak kena pelanggaran. Nggak perlu khawatir, dalam artikel ini MEA akan membagikan bagaimana cara agar live Shopee tidak kena pelanggaran terupate langsung dari pihak resmi Shopee.

Table of Contents

6 Cara Agar Live Shopee Tidak Kena Pelanggaran

Mau dapat komisi extra sampai sample gratis Shopee Affiliate?
Yuk gabung ke MCN Shopee MEA dan rasakan berbagai benefitnya!

Menjadi seorang Affiliator memang membutuhkan pengetahuan dasar dari algoritma dan peraturan platform promosi yang Sobat MEA gunakan. Khusus untuk Shopee Affiliate dan fitur Shopee Live, Sobat MEA tentu wajib untuk memahami aturan resmi dari Shopee agar biar bebas dari pelanggaran akun. Daripada berlama-lama lagi, yuk langsung aja simak penjelasan lengkapnya di artikel ini!

1. Live Streaming Tidak Boleh Dijeda

2. Wajah Host Harus Terlihat

Sama seperti saat live TikTok, Sobat MEA harus memperlihatkan wajah host live streaming saat siaran langsung di Shopee. Tujuannya agar penonton percaya bahwa live ini merupakan siaran langsung dan bukan diisi oleh robot semata. 

Nah Shopee sendiri akan memberikan pelanggaran jika ada Affiliator atau Seller Shopee yang berjualan di live streaming tanpa memperlihatkan wajah host. Jadi, pastikan wajah host harus terus masuk ke frame ya!

3. Mempersiapkan Co-Host

Mau belajar bikin konten yang menjual dari sesama creator?
Yuk gabung ke komunitas content creator MEA sekarang juga. GRATIS!

Untuk menghindari pelanggaran karena masalah host live streaming, Sobat MEA bisa mempersiapkan co-host atau host kedua yang dapat membantu host utama saat siaran sedang berlangsung. 

Misalnya, jika host utama harus pergi ke kamar kecil atau keluar dari frame, maka co-host bisa mengambil kendali saat live. Algoritma Shopee akan membaca bahwa host tetap memperlihatkan wajah selama siaran berlangsung.

4. Produk Harus Terlihat Jelas di Kamera

mcn shopee

Live streaming yang memiliki kualitas baik menjadi sesuatu yang wajib dikejar oleh para Shopee Affiliate. Ya seperti kita ketahui, banyak sekali Affiliator yang melakukan live streaming menggunakan HP saja. Hal ini sebenarnya bukan sesuatu masalah yang besar asalkan produk yang Sobat MEA jual selalu terlihat jelas di kamera dan dapat dilihat oleh penonton

5. Pastikan Koneksi Internet Stabil

Live streaming di platform mana pun pasti membutuhkan koneksi internet yang baik. Karena itu, cara agar live Shopee tidak kena pelanggaran adalah dengan memastikan koneksi internet stabil. Jika koneksi bagus, maka siaran langsung yang Sobat MEA lakukan akan berjalan dengan lancar.

Jika siaran lancar, penonton akan mendapat pengalaman yang baik dan nggak menutup kemungkinan tertarik untuk membeli produk yang Sobat MEA jual. Jadi, pastikan koneksi internet stabil sebelum melakukan live streaming. Sobat MEA dapat memeriksa kecepatan dan stabilitas koneksi internet melalui platform Speedtest, Fast.com, Speedsmart, Internet Speed Meter Lite dan Meter.net dan berbagai platform lainnya.

6. Lakukan Persiapan Teknis Sebelum Live

Masih dalam konteks pra siaran, cara agar live Shopee tidak kena pelanggaran adalah melakukan persiapan teknis sebelum live streaming dijalankan. Sobat MEA dapat memeriksa berbagai macam hal. Mulai dari memeriksa kualitas audio, memastikan lighting sesuai dan tepat untuk pencahayaan, merapikan produk dan display. 

Jika produk kurang rapi, Sobat MEA bisa mengaturnya terlebih dahulu. Selain masalah teknis live, Sobat MEA juga bisa memeriksa dan menghafal naskah live streaming dengan baik. Mengingat run down live streaming juga merupakan bagian dari persiapan yang membuat live streaming Sobat MEA lebih menarik dan berkualitas.

You may also like

Leave a Comment