4 Cara Agar Postingan Instagram Tidak Tersimpan di Galeri Secara Otomatis

by Fanny
cara agar postingan Instagram tidak tersimpan di galeri

Instagram adalah aplikasi di mana Sobat MEA bisa mengunggah berbagai macam foto dan video menarik. Aplikasi ini juga memiliki berbagai macam fitur yang bisa Sobat MEA manfaatkan agar konten atau unggahan menjadi lebih unik dan menarik. Namun di balik semua kelebihan dan estetikanya, Instagram juga memiliki beberapa kelemahan. Salah satunya adalah unggahan yang akan tersimpan secara otomatis di galeri.

Tentunya hal ini bukanlah suatu masalah besar, namun bisa membuat beberapa penggunanya merasa tidak nyaman. Untuk itu dalam artikel ini, kami akan membahas mengenai alasan dan cara agar postingan Instagram tidak tersimpan di galeri secara otomatis. Simak pembahasan selengkapnya di bawah, ya!

Alasan Mengapa Pengguna Kurang Menyukai Fitur Ini

Mau tau cara jualan di Instagram yang tepat?

Gabung ke komunitasnya dan ngobrol langsung sama ahlinya secara gratis sekarang juga!

Ketika Sobat MEA mengunggah foto di feed, maka foto yang diunggah tersebut akan tersimpan secara otomatis di galeri dengan folder baru, yaitu folder Instagram. Hal ini memang terkesan sepele, namun juga bisa menimbulkan masalah bagi beberapa pengguna. Berikut adalah beberapa alasan umum mengapa banyak orang mencari cara agar postingan Instagram tidak tersimpan di galeri secara otomatis:

1. Memori Penyimpanan Penuh

Postingan Instagram yang tersimpan secara otomatis ke galeri tentunya akan memakan ruang penyimpanan. Hal ini bisa menjadi masalah bagi Sobat MEA yang memiliki ponsel dengan ruang penyimpanan yang sudah penuh, karena akan membuat kinerja ponsel menjadi lebih lambat.

2. Foto Menjadi Ganda

Postingan Instagram yang tersimpan secara otomatis pada galeri membuat foto yang tersimpan menjadi ada dua. Hal ini akan berbeda kasusnya jika Sobat MEA sempat melakukan proses editing pada aplikasi Instagram yang membuat hasil fotonya berbeda. Namun jika apa yang Sobat MEA posting merupakan hasil editing dan fotonya akan tersimpan lagi pada galeri, tentunya hal ini akan membuat Sobat MEA memiliki foto yang sama dalam satu perangkat.

Hal ini membuat beberapa orang merasa tidak nyaman dan mulai mencari cara agar postingan Instagram tidak tersimpan di galeri secara otomatis karena hanya akan memenuhi ruang penyimpanan saja.

3. Perlu Menghapus Foto Setelah Posting

Ketika membaca tentang cara agar postingan Instagram tidak tersimpan di galeri, pasti Sobat MEA langsung berpikir, “Loh, kan tinggal dihapus aja?” Benar, solusi mudahnya memang cukup langsung hapus saja semua postingan yang tersimpan kembali di galeri. Namun tidak semua orang sadar bahwa foto yang mereka unggah akan terunduh dan tersimpan secara otomatis ke dalam galeri. Nggak cuman postingan biasa, postingan Instagram Stories juga masuk ke galeri loh!

Selain itu, tidak semua orang memiliki waktu untuk menghapus foto-foto tersebut. Jika Sobat MEA adalah golongan orang-orang tersebut, maka ulasan tentang cara agar postingan Instagram tidak tersimpan di galeri secara otomatis ini adalah bacaan yang tepat!

4 Cara Agar Postingan Instagram Tidak Tersimpan di Galeri Secara Otomatis

Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan cara agar postingan Instagram tidak tersimpan di galeri secara otomatis:

1. Buka Aplikasi Instagram

Langkah pertama dari cara agar postingan Instagram tidak tersimpan di galeri adalah dengan membuka aplikasi Instagram yang ada di perangkat Sobat MEA. Jika Sobat MEA belum login ke akun, maka Sobat MEA bisa masuk dulu ke akun yang ingin diatur agar unggahannya tidak tersimpan pada galeri secara otomatis.

Selanjutnya, buka profil akun dengan klik foto profil yang terletak di sebelah kanan bawah pada halaman utama Instagram. Selain lewat aplikasi, Sobat MEA juga bisa mengakses pengaturan lewat website resmi Instagram.

2. Buka Menu Pengaturan

cara agar postingan Instagram tidak tersimpan di galeri

Langkah selanjutnya adalah buka menu pengaturan dengan klik ikon garis tiga di sebelah kanan atas. Lalu klik pilihan Settings atau Pengaturan yang terletak paling atas.

3. Pilih Menu Akun

cara agar postingan Instagram tidak tersimpan di galeri
cara agar postingan Instagram tidak tersimpan di galeri

Klik menu Account atau Akun lalu akan muncul banyak pilihan menu. Sobat MEA bisa scroll sedikit ke bawah dan pilih Original Posts atau Postingan Asli.

4. Matikan Button

cara agar postingan Instagram tidak tersimpan di galeri

Selanjutnya akan muncul button atau tombol berwarna biru yang menandakan bahwa foto dan video yang diunggah akan tersimpan secara otomatis. Sobat MEA bisa mengklik button tersebut untuk menonaktfikan fitur postingan Instagram tersimpan secara otomatis pada galeri.

Itu dia langkah-langkah untuk melakukan cara agar postingan di Instagram tidak tersimpan di galeri secara otomatis. Mudah dan cepat, bukan? Baca juga artikel lainnya seputar tips memakai fitur di Instagram agar Sobat MEA tidak ketinggalan informasi menarik seperti ini!

You may also like

Leave a Comment