Mudah, Begini Cara Berjualan di TikTok Shop. Siap Cari Keuntungan!

by Husna Rahman
cara menjadi TikTok Affiliate yang sukses

TikTok adalah sosial media yang sedang naik daun. Berbasis short video, TikTok memiliki banyak sekali pengguna di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Belakangan, banyak orang yang bisa menghasilkan uang dari TikTok. Salah satunya yaitu melalui cara berjualan di TikTok Shop.

Buat kamu yang mungkin belum tahu, TikTok kini memiliki fitur baru benama TikTok Shop. Pada fitur tersebut, Sobat MEA bisa berjualan produk pada pasar pengguna TikTok yang luar biasa besar. Melansir laman Hootsuite, TikTok Shop merupakan salah satu social commerce populer yang memungkinkan pengguna untuk menjual dan mempromosikan produk melalui aplikasi TikTok.

Dan TikTok Shop tidak kalah menguntungkan dari e commerce lainnya. Sehingga tidak heran jika semakin banyak seller TikTok yang bermunculan. Tapi untuk menjadi seller, bagaimana sih cara berjualan di TikTok bagi pemula? Yuk, simak selngkapnya!

Table of Contents

Syarat-Syarat Berjualan di TikTok

Mau tahu cara jualan di sosial media yang baik dan benar?
Yuk diskusi bareng seller sosial media berpengalaman di Komunitas Seller Sosmed MEA sekarang juga!

Menurut laman Finance Detik, berikut beberapa syarat yang perlu dipenuhi untuk dapat memulai bisnis di TikTok Shop, antara lain:

  • Berusia minimal 18 tahun.
  • Memiliki KTP atau paspor.
  • Akun TikTok aktif telah mengunggah video selama 28 hari terakhir.
  • Terdapat nomor rekening aktif yang sesuai identitas KTP. 
  • Telah mencapai minimal 50 video views pada akun TikTok dalam 28 hari terakhir.
  • Telah mendaftar akun TikTok Shop pada akun yang sama. 
  • Menjual produk yang sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. 

Cara Jualan di TikTok Shop Untuk Pemula

cara dapat uang dari tiktok

1. Buka Situs Web TikTok Shop

Pertama, pastikan Sobat MEA sudah terdaftar sebagai penjual di TikTok Shop. Caranya mudah sekali. Cukup mulai dengan membuka laman resmi TikTok Shop di sini

2. Lakukan Pendaftaran

Di halaman utama, Sobat MEA perlu memilih opsi “Sign Up with TikTok Account“. Sobat MEA bisa mendaftar akun TikTok Shop menggunakan akun pribadi atau bisa mendaftar akun TikTok Shop menggunakan alamat email dan nomor telepon.

Gabung MCN TikTok MEA, Dapatkan Keuntungan Berlipat Ganda!
Bukan cuman komisi yang besar, tapi juga kesempatan untuk dibimbing oleh mentor expert dari 0 dan gabung bareng komunitas bisnis yang positif~

3. Isi Data Diri dan Informasi Bisnis

Setelah itu, masuk ke akunmu, kemudian Sobat MEA akan diminta untuk mengisi data-data yang dibutuhkan mengenai seller. Pilih jenis bisnis yang akan diajukan yaitu bisnis korporat atau perorangan. Jika bisnis perorangan, Sobat MEa perlu memverifikasi data pribadi seperti KTP atau paspor. Lalu lengkapi juga informasi toko berupa nama toko, alamat toko, jenis bisnis, keterangan produk, dan lain-lain.

Jika sudah, pilih otoritas. Tapi sebelumnya, baca semua syarat dan ketentuan yang diajukan oleh pihak TikTok Shop terlebih dahulu. Jika setuju, klik Otoritaskan.

4. Tambahkan Produk

Selanjutnya Sobat MEA perlu menambahkan produk yang akan dijual. Silakan unggah foto produk yang menarik dengan melampirkan deskripsi produk, nama produk, pilih kategori produk, pilih brand atau tambahkan brand baru.

Tapi jika ingin membuat brand baru, Sobat MEA akan diminta untuk mengunggah dokumen kepemilikan atau hak penjualan. Jika tidak memilikinya, silahkan klik No Brand.

5. Hubungkan Akun dengan Rekening Bank

Jika sudah, maka Sobat MEA perlu menghubungkan akun TikTok Shop dengan rekening bank. Ini penting untuk mentransfer pendapatan toko nantinya. Cara menghubungkannya juga mudah yaitu kembali ke homepage, lalu pilih opsi Link Bank Account dan klik Link Account.

Artikel Terkait  Perbedaan Akun Kreator dan Bisnis di TikTok. Ternyata ini~

Kemudian klik Lanjut hingga proses menghubungkan selesai. Dengan begitu, proses pendaftaran sebagai TikTok Shop seller sudah selesai. Tinggal tunggu konfirmasi penyetujuan dari pihak TikTok Shop untuk memulai penjualan di TikTok Shop.

6. Buat Konten yang Menarik

Jika pendaftaran akun sudah disetujui, Sobat MEA sudah bisa memulai promosi dengan cara membuat konten produk yang menarik. Hal ini berguna untuk memikat audiens untuk membeli produk yang Sobat MEA jual. Pastikan konten yang dibuat telihat menarik agar video tersebut masuk ke halaman FYP dan dilihat oleh banyak audiens. 

7. Memasang Iklan di TikTok

Selain konten, Sobat MEA juga bisa memanfaatkan jasa promosi yang dikenal dengan TikTok Ads. Fitur ini dapat membantumu untuk berjualan di TikTok yang lebih mudah sekaligus menjaring banyak konsumen potensial.

Melalui TikTok Ads, produk dan bisnismu dapat dikenal secara luas dan tentunya lebih cepat laku. Ada beberapa jenis iklan yang bisa digunakan di TikTok Ads antara lain:

  • Pre-roll ads
  • In-feeds ads
  • Promoted hashtag challenges
  • Branded effects

8 Konsisten dan Sabar

Jika cara-cara di atas sudah Sobat MEA lakukan, maka Sobat MEA hanya perlu konsisten memposting produk yang dijual. Tetaplah rutin membuat konten yang menarik untuk terus menjangkau pelanggan potensial yang lebih banyak lagi. 

Ingat, konsistensi adalah kunci. Dengan hal ini, besar kemungkinan produkmu dikenal oleh khalayak ramai yang lebih luas. Bahkan Sobat MEA mendapatkan kesempatan untuk muncul di halaman For Your Page (FYP) TikTok. Ini tentunya sangat menunjang penjualan, apalagi jika video tersebut sangat persuasif dan menghipnotis audiens. 

You may also like

2 comments

Berikut 5 "Tools" Jualan Gratis Untuk Bisnis UMKM. Udah Tahu Belum? Juli 23, 2022 - 10:00 am

[…] sendiri merupakan tools asisten untuk TikTok Shop. Sementara Shopeasytools adalah alat yang bisa Sobat MEA gunakan untuk memaksimalkan beragam fitur […]

Reply
Cara Lacak Pesanan TikTok Shop. Praktis Tanpa Ribet! September 7, 2022 - 4:01 pm

[…] TikTok Shop merupakan social e-commerce yang cukup populer di Indonesia. Selain banyak barang-barang yang murah, TikTok Shop juga punya kelebihan berupa fitur dan konten-konten promosinya. Namun, hari ini kita akan membahas bagaimana cara lacak pesanan TikTok Shop. […]

Reply

Leave a Comment