Pahami, ini 10 Cara Bisnis Franchise Bagi Pemula. Lengkap!

by Bagus Alhadi
Cara Bisnis Franchise Bagi Pemula

Bagi seorang yang baru masuk ke dalam dunia bisnis, ilmu mengenai cara bisnis franchise bagi pemula terhitung banyak diminati. Pelaksanaanya pun dianggap efisien karena terhitung paling aman dan tidak memakan banyak waktu harus memulai dari nol.

Terdapat berbagai macam tips & cara bisnis franchise bagi pemula yang bisa Sobat MEA ikuti. Apabila tidak dijalankan dengan optimal, beberapa manfaat dari rencana bisnis ini mungkin tidak akan terealisasikan secara maksimal.

Seperti halnya dalam dunia bisnis pada umumnya, mengelola bisnis franchise juga mengharuskan dedikasi agar terus berkembang dan menjadikan sebuah produknya best seller. Keberhasilan bisnis franchise juga tergantung pada ketelitian dan konsentrasi untuk mencapai tujuan serta sasaran yang telah ditetapkan.

Maka dari itu, dalam artikel ini  kita akan membahas beberapa cara bisnis franchise bagi pemula yang bisa diaplikasikan untuk sukses dalam menjalankan bisnis tersebut. Daripada berlama-lama, simak artikel ini sampai habis!

Table of Contents

Apa itu Bisnis Franchise?

Mau belajar jualan online dari 0 sampai bisa?
Yuk gabung ke komunitas jualan online MEA sekarang juga. GRATIS!

Merujuk pada sumber dari Money.com, sistem franchise atau waralaba melibatkan pemberian izin kepada individu atau entitas tertentu untuk mengoperasikan bisnis yang melibatkan penjualan produk, penyediaan layanan, dan sebagainya di lokasi bisnis yang telah ditentukan. Namun, pemegang lisensi ini diwajibkan membayar royalti kepada pemilik bisnis sebagai imbalan atas penggunaan merek dan nama produk.

Dengan kata lain, bisnis franchise merupakan bentuk kerjasama untuk membuka cabang baru dari suatu usaha, namun kepemilikannya berada di tangan pihak lain melalui perjanjian yang telah disepakati bersama.

10 Tips & Cara Bisnis Franchise Bagi Pemula

Saatnya bisnis berkembang pesat di 2024!
Konsultasikan masalah dan dapatkan potensi terbaik untuk toko online kamu bareng tim MEA sekarang juga!

Untuk seorang pemula yang ingin memulai usaha franchise, ada beberapa langkah krusial yang perlu diambil. Di bawah ini terdapat panduan umum untuk memulai bisnis franchise.

1. Lakukan Riset Mendalam

Sebelum memasuki dunia bisnis franchise, cara bisnis franchise bagi pemula yang pertama adalah melakukan riset menyeluruh terkait informasi mengenai produk atau layanan yang akan dijual, biaya yang terlibat, dan prospek ke depannya. Pastikan pemilihan bisnis franchise sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Sobat MEA dalam berbisnis.

2. Analisis Kompetitor dengan Teliti

Dalam mengelola bisnis, penting untuk melakukan analisis kompetitor dengan seksama. Profil seperti apa yang dimiliki oleh kompertitor? Bagaimana tingkat persaingan yang akan dihadapi? Dengan demikian, Sobat MEA dapat merumuskan strategi bisnis yang efektif untuk menghadapi persaingan dalam industri.

3. Evaluasi Peluang Bisnis

Menggeluti bisnis franchise memberikan beragam keunggulan, termasuk kesempatan untuk mengoperasikan bisnis yang telah teruji, mendapatkan dukungan dari pemilik merek, dan akses ke jaringan pelanggan yang sudah terbentuk. Dengan memanfaatkan daya tarik merek yang sudah terkenal, prospek keberhasilan bisnis yang Sobat MEA tekuni dapat meningkat dengan signifikan.

4. Hitung Biaya dan Dana dengan Teliti

cara bisnis franchise bagi pemula

5. Susun Rencana Bisnis Franchise secara Terperinci

Meskipun banyak aspek bisnis sudah ditentukan, Sobat MEA masih bertanggung jawab atas aspek terpentingnya. Dengan menyusun rencana bisnis yang rinci, Sobat MEA dapat merinci alasan menjadi pengurus bisnis yang efektif dan memahami konsumen yang akan dilayani.

6. Pahami Perjanjian Lisensi Waralaba

Poin berikutnya dalam cara bisnis franchise bagi pemula yang paling aman adalah Sobat MEA harus mendapatkan dan memahami perjanjian lisensi waralaba yang diberikan oleh franchisor. Pahami standar bisnis yang diterapkan oleh pemilik waralaba untuk pewaralaba, dan pastikan Sobat MEA merasa nyaman dengan kewajiban bisnis tersebut.

7. Bentuk Tim

Setelah menyusun rencana bisnis, langkah selanjutnya adalah membentuk tim internal. Franchisor memerlukan suatu bisnis yang sesuai dengan struktur keseluruhan mereka.

Sebarkan lowongan pekerjaan dan cari karyawan yang akan membantu Sobat MEA menjalankan bisnis franchise. Manfaatkan media sosial untuk mempromosikan lowongan pekerjaan.

8. Tentukan Lokasi Bisnis dengan Cermat

cara bisnis franchise bagi pemula

Pilih lokasi bisnis yang ingin Sobat MEA jalani dengan hati-hati, sertakan spesifikasi peralatan dan fasilitas yang dibutuhkan sesuai dengan jenis bisnis franchise yang dipilih, untuk memastikan keselarasan keseluruhan berjalan dengan lancar.

9. Tingkatkan Kualitas Layanan

Dalam segala jenis bisnis, memberikan pelayanan yang unggul adalah kewajiban. Mengingat pelanggan yang terpuaskan dapat menjadi fondasi reputasi positif bagi bisnis franchise. Selain aspek pelayanan, menjaga tingkat kualitas sesuai dengan standar yang telah ditentukan oleh pihak franchisor juga menjadi hal yang sangat penting.

10. Buka Bisnis Franchise dengan Resiko yang Rendah

Dengan pendekatan ini, Sobat MEA dapat berbagi resiko dan memperoleh modal yang dibutuhkan dengan lebih aman. Keuntungan melibatkan crowdfunding adalah Sobat MEA tidak sendirian menanggung beban keuangan, sementara juga mendapat dukungan dan pengawasan dari investor berpengalaman.

Kesimpulannya, memulai cara bisnis franchise bagi pemula harus dilakukan dengan penuh perhitungan dan persiapan yang matang.

Dengan beberapa tips dan cara yang sudah dibagikan, semoga Sobat MEA dapat memperlajarinya dengan penuh semangat dan serius. Alhasil Sobat MEA dapat menjadi seorang yang membuka bisnis franchise yang berhasil. 

You may also like

Leave a Comment