9 Cara Buat Konten yang Menarik di Facebook Agar Dapat Uang!

by Bimboi
cara buat konten yang menarik di facebook

Facebook merupakan salah satu platform media sosial yang tertua di Indonesia yang masih eksis hingga saat ini. Telah terjadi banyak perubahan pada Facebook yang membuat media sosial ini tetap up to date di tahun ini. Jika Sobat MEA tahu cara buat konten yang menarik di Facebook, ternyata hasil dari konten tersebut bisa diuangkan.

Lho kok bisa? Jika Sobat MEA penasaran akan alasannya, dalam artikel ini kita akan menjelaskan secara mendalam bagaimana sih cara membuat konten yang menarik di Facebook dan bagaimana cara melakukan monetisasi konten Facebook tersebut.

Table of Contents

Kenapa Harus Membuat Konten di Facebook?

Saatnya dapat penghasilan dari sosial media bermodal kreativitas
Yuk langsung gabung di Komunitas Content Creator MEA dan saling diskusi bersama!

Kini, membuat konten di Facebook ternyata bisa menghasilkan cuan. Tentu membuat konten yang dapat diuangkan tidak sembarangan. Terdapat trik dan cara-cara khusus agar konten tersebut menarik dan mengundang banyak orang untuk melihatnya.

Dikutip dari laman resmi Facebook, Sobat MEA dapat menyertakan iklan pada konten video yang dibuat, sehingga dapat menghasilkan uang melalui iklan yang telah disematkan. 

Selain video, artikel juga bisa Sobat MEA sematkan iklan loh. Nah iklan di Facebook ini tuh dikenal sebagai Ad BreaksAda pun cara lain, seperti berkolaborasi membuat sebuah konten dengan brand, dan juga live streaming. Ternyata banyak banget ya, caranya! 

9 Cara Buat Konten yang Menarik di Facebook

Mau dapat tambahan uang dari Facebook lewat Shopee Affiliate?
Dapatkan komisi ekstra sampai 30% dengan gabung ke MCN Shopee MEA sekarang juga!

1. Tentukan Target Audiens

Menentukan target audiens dalam membuat konten di Facebook sangat penting. Hal ini dapat memudahkan Sobat MEA dalam membangun hubungan dengan target audiens melalui bahasa yang digunakan dalam konten. Bahasa yang Sobat MEA bisa gunakan adalah bahasa yang awam dan sering digunakan oleh target audiens.

Keuntungan dari menggunakan bahasa yang awam dipakai oleh target audiens adalah, terbentuknya ikatan dan juga kedekatan. Karena ada aspek bahasa yang sama, sehingga audiens berbagi empati dengan akun yang ia anggap memiliki kesamaan. Hasilnya, jika Sobat MEA juga berjualan di Facebook, melakukan personal selling jadi terasa lebih mudah karena telah terbentuknya kedekatan sebelumnya.

2. Buat Konten dengan Visual yang Menarik dan Relevan

cara membuat konten yang menarik di facebook

Hal yang perlu Sobat MEA ingat, “Visual itu Menjual”. Jadi usahakan konten yang Sobat MEA buat disematkan visual yang menarik dan relevan dengan konteks yang dibahas. sehingga target audiens tertarik untuk melihat konten yang Sobat MEA buat. Contohnya, jika itu video, maka kualitas video harus HD agar penonton nyaman menonton.

3. Pakai Headline atau Judul yang Menarik

Judul atau headline yang menarik dapat menjadi stopping power atau aspek yang membuat audiens berhenti scrolling dan mulai membaca konten yang Sobat MEA buat. Jika konten yang audiens baca merasa menarik dan bermanfaat bagi mereka, tak sungkan audiens akan mengikuti akun Sobat MEA. Jadi, usahakan konten memiliki nilai bagi para audiens dan dipancing dengan membuat headline yang menarik.

4. Gunakan Call to Action (CTA) pada Konten

5. Sampaikan Pesan Utama Melalui Caption

program jadi jawara

Caption yang tersedia di Facebook memungkinkan Sobat MEA untuk menjelaskan pesan utama pada konten yang Sobat MEA buat. Buat caption dengan singkat, jelas, dan informatif. Sehingga audiens dapat memahami pesan utama yang hendak disampaikan. 

6. Tambahkan Sumber Data

Dengan adanya sumber data, Sobat MEA dapat membantu audiens akan terbantu memvalidasi informasi yang ada dalam konten. Kerap menambahkan suber data yang vail juga dapat membuat akun atau halaman Facebook Sobat MEA menjadi sangat kredibel. Sebab, informasi yang disampaikan dapat Sobat MEA dapat dipertanggungjawabkan dengan menyisipkan data pada konten. 

7. Gunakan Hashtag yang Relevan dan Tepat

Penggunaan hashtag yang relevan dan tepat memungkinkan postingan yang Sobat MEA buat mudah untuk ditemukan oleh audiens, sesuai dengan topik yang audiens ingin baca atau temukan. 

Agar mendapat hashtag yang tepat, Sobat MEA dapat melakukan riset kata kunci yang relevan dengan konten yang akan dibuat. Perlu diingat, hashtag tidak boleh digunakan secara berlebihan. 

8. Mulai Berinteraksi dengan Audiens

cara membuat konten yang menarik di facebook

Interaksi dengan audiens sangat penting di sosial media, terutama Facebook. Interaksi antara audiens dengan akun Sobat MEA perlu dilakukan dan dijaga. Karena interaksi yang dilakukan dapat membuat audiens menjadi loyal dan setia terhadap suatu akun.

Hasil akhirnya, Sobat MEA dapat meningkatkan audiens engagement. Audiens juga merasa dihargai jika mereka diperhatikan oleh akun yang mereka harapkan untuk berinteraksi. 

9. Analisa Kinerja Konten

Sekian penjelasan cara membuat konten yang menarik di Facebook yang penulis dapat sampaikan. Semoga Sobat MEA dapat memahami dan mengaplikasikannya dan mengoptimalkan performa akun sosial media Sobat MEA. Akhir kata semoga saja artikel ini dapat membantu dan jadilah Jawara, Jagoan Wirausaha!

Salam Satu Juta Pembeli! 

You may also like

Leave a Comment