Anti Kerepotan, Nih 6 Cara Buat Link WhatsApp Untuk Promosi Lebih Mantap!

by Viki
cara buat link whatsapp

Dalam era digital saat ini, WhatsApp telah menjadi salah satu aplikasi untuk komunikasi paling populer di dunia. WhatsApp menawarkan berbagai fitur yang memudahkan Sobat MEA untuk berkomunikasi dengan keluarga dan teman. Salah satunya yaitu dengan cara buat link WhatsApp agar pengguna lain dapat menghubungi Sobat MEA tanpa perlu menyimpan nomor telepon terlebih dahulu. 

Dalam artikel ini, MiMe akan menjelaskan langkah-langkah tentang cara membuat link WhatsApp dan bagaimana Sobat MEA dapat menggunakannya untuk meningkatkan efisiensi dan kemudahan komunikasi baik untuk keperluan pribadi maupun bisnis

Table of Contents

Mengapa Link WhatsApp Penting?

Gabung Komunitas Bisnis Online MEA
Dapatkan berbagai insight bisnis terbaru, tips n trik terkini, hingga bimbingan bisnis lengkap yang full daging, GRATIS!!!

Singkatnya, dengan menggunakan link WhatsApp, Sobat MEA dapat membagikan tautan kepada siapa saja baik melalui pesan teks, email, atau media sosial, yang memungkinkan orang lain untuk langsung mengirimkan pesan kepada Sobat MEA di WhatsApp.  Cara ini mengurangi kerumitan masukkan nomor dan menyimpannya, sehingga memudahkan orang lain untuk menghubungi Sobat MEA dengan lebih cepat.

Link WhatsApp juga sangat berharga dalam bisnis. Jika Sobat MEA memiliki usaha kecil atau bisnis online, cara buat link WhatsApp ini memungkinkan pelanggan atau calon pelanggan untuk menghubungi Sobat MEA dan meningkatkan keterlibatan serta efektif untuk membantu memperluas basis pelanggan. Dengan begitu, pelanggan akan lebih mudah untuk menghubungi Sobat MEA secara langsung untuk mengajukan pertanyaan, pesanan, atau layanan lainnya.

Cara Buat Link WhatsApp dengan Mudah

Berikut adalah langkah-langkah ataupun cara buat link WhatsApp yang bisa Sobat MEA lakukan dengan mudah, yaitu:

1. Buka WhatsApp

Pastikan Sobat MEA telah mengunduh dan menginstal aplikasi WhatsApp di HP dan sudah masuk akun WA. Lalu bukalah aplikasi tersebut.

2. Buka Percakapan

3. Salin Nomor Telepon

Setelah membuka percakapan, ketuk nama kontak, profil, atau nama grup di bagian atas layar. Ini akan membuka profil kontak, profil, atau grup tersebut. Scroll ke bawah dan temukan opsi Nomor Telepon. Klik nomor tersebut untuk menyalinnya ke papan klip (clipboard) HP.

4. Tambahkan Kode Negara

Sekarang, buka browser web atau aplikasi penyuntingan teks di HP. Tempelkan nomor telepon yang telah Sobat MEA salin, lalu tambahkan kode negara pada awal nomor tersebut.

Contoh: Jika nomor telepon tanpa kode negara adalah “081234567890”, dan kode negara Indonesia adalah +62, maka Sobat MEA harus melakukan penambahan kode negara sehingga menjadi “+6281234567890”. Pastikan nomor tidak diawali dengan angka 0, ya. Selalu ganti dengan kode negara terlebih dahulu.

5. Buat Link WhatsApp

Setelah menambahkan kode negara, buka browser web dan masuk ke situs web pembuat link WhatsApp, seperti “https://wa.me“. Di URL situs web tersebut, tambahkan nomor telepon yang telah Sobat MEA tambahkan kode negara sebagai parameter. Kemudian lanjutkan dengan klik Generate my wa.link.

Contoh: Jika nomor telepon yang telah ditambahkan kode negara adalah “+6281234567890”, maka URL lengkapnya akan menjadi “https://wa.me/6281234567890” secara otomatis.

6. Uji Link dan Bagikan

Setelah Sobat MEA membuat URL lengkap, buka halaman tersebut untuk memastikan bahwa link WhatsApp berfungsi dengan benar. Jika link berfungsi, salin link tersebut dan bagikan kepada orang lain melalui pesan teks, email, media sosial, atau media promosi. 

Manfaat Penggunaan Link WhatsApp

Butuh Bantuan Kelola Bisnis Online?
Ya cuman di sini! Ada banyak jasa yang bisa kamu manfaatkan sesuai kebutuhan. Klik di sini!

Menggunakan link WhatsApp memiliki banyak manfaat, terutama dalam konteks komunikasi bisnis. Beberapa manfaat utama penggunaan link WhatsApp adalah:

1. Kemudahan Akses

2. Keterlibatan Pelanggan yang Lebih Baik

Dengan memberikan link WhatsApp kepada pelanggan, Sobat MEA memberikan mereka kesempatan untuk langsung berinteraksi secara langsung. Ini dapat meningkatkan keterlibatan pelanggan, memudahkan mereka untuk mengajukan pertanyaan secara langsung, diskusi produk, dan dukungan pelanggan yang lebih efisien.

3. Peningkatan Konversi

Dalam konteks bisnis, memberikan cara mudah kepada pelanggan untuk menghubungi Sobat MEA melalui WhatsApp dapat meningkatkan tingkat konversi. Ketersediaan dan kemudahan komunikasi dapat mendorong pelanggan untuk melakukan tindakan lebih lanjut, seperti melakukan pembelian atau memesan layanan.

4. Meningkatkan Citra Profesional

Dengan menggunakan link WhatsApp yang terintegrasi dengan bisnis, Sobat MEA akan menciptakan citra profesional yang menunjukkan keterbukaan dan hubungan dengan pelanggan.

Cara Buat Link WhatsApp Untuk TikTok

cara buat link whatsapp

Seperti yang kita ketahui, bisnis online saat ini bisa dilakukan melalui berbagai macam sosial media, termasuk TikTok. Oleh karena itu, perlu bagi Sobat MEA untuk mengetahui cara buat link WhatsApp untuk TikTok agar pelanggan maupun calon pelanggan lebih mudah untuk menghubungi Sobat MEA. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Cara buat link WhatsApp untuk TikTok hanya bisa dilakukan untuk akun bisnis saja. Jadi jika akun Sobat MEA adalah akun pribadi, maka Sobat MEA bisa ubah dulu akunnya menjadi akun bisnis.
  • Cara mengubah menjadi akun bisnis adalah dengan buka aplikasi TikTok, kemudian klik Profil di sebelah kanan bawah.
  • Saat muncul halaman profil akun, Sobat MEA bisa klik tiga garis di sebelah kanan atas kemudian pilih menu Settings and Privacy.
  • Lanjutkan dengan pilih menu Manage Account, lalu klik Switch to Pro Account.
  • Kemudian klik Business dan pilih kategori bisnis yang sesuai dengan bisnis yang Sobat MEA jalankan.
  • Jika sudah, Sobat MEA bisa melakukan cara buat link WhatsApp di atas.
  • Lanjutkan cara buat link WhatsApp untuk TikTok dengan membuka aplikasi TikTok lagi dan klik menu Profil di sebelah kanan bawah.
  • Pada halaman profil akun, klik Edit Profile yang ada di bawah foto profil akun.
  • Kemudian pilih menu Website dan tempelkan link WA tadi ke kolom yang tersedia.
  • Klik Save Changes dan link WA Sobat MEA sudah berhasil disematkan pada halaman profil akun TikTok.
Artikel Terkait  Banyak yang Belum Tahu, Ini 2 Cara Membuat Katalog Produk WhatsApp Bisnis!

Cara Buat Link WhatsApp Untuk Instagram

jenis-jenis konten instagram

Sobat MEA juga perlu mengetahui cara buat link WhatsApp untuk Instagram mengingat banyak pengguna yang memakai Instagram sebagai salah satu sumber untuk mencari berbagai macam produk untuk dibeli. Ini dia langkah-langkah dalam melakukan cara buat link WhatsApp untuk Instagram yang bisa Sobat MEA lakukan dengan mudah:

  • Pastikan Sobat MEA sudah melakukan cara buat link WhatsApp di atas, kemudian lanjutkan dengan membuka aplikasi Instagram.
  • Pastikan akun Sobat MEA adalah akun Instagram bisnis untuk bisa memasukkan link WA ke Instagram, ya.
  • Klik menu Profil di sebelah kanan bawah untuk membuka halaman profil akun.
  • Lanjutkan dengan klik Edit Profile, kemudian scroll ke bawah dan pilih Contact Options.
  • Di sini, Sobat MEA bisa mencantumkan alamat email, alamat bisnis, nomor HP, dan link WA.
  • Pilih menu WhatsApp kemudian masukkan nomor WA Sobat MEA ke kolom yang tersedia.
  • Selanjutnya, Sobat MEA akan menerima kode OTP untuk melakukan verifikasi nomor yang dimasukkan.
  • Konfirmasikan nomor dengan memasukkan kode OTP.
  • Cara buat link WhatsApp untuk Instagram sudah selesai dan sekarang nomor WA Sobat MEA akan tampil di halaman profil akun bisnis.

Yap, itulah mengapa cara buat link WhatsApp adalah cara yang efektif untuk meningkatkan komunikasi digital. D Dengan memanfaatkan fitur ini, Sobat MEA dapat memanfaatkan teknologi yang ada untuk meningkatkan efisiensi dan membangun hubungan yang kuat dengan pelangganmu. 

Jadi, jangan ragu untuk membuat link WhatsApp dan mulailah mengoptimalkan potensi komunikasi digital hari ini.

You may also like

Leave a Comment