3 Cara Cek GMV TikTok dengan Mudah dan Cepat!

by Fanny
cara cek gmv tiktok

Seperti yang kita ketahui, TikTok adalah salah satu media sosial yang tidak hanya digunakan untuk membagikan konten menarik saja, namun bisa Sobat MEA manfaatkan untuk mempromosikan produk. Hal ini terbukti efektif mengingat ada banyak pengguna TikTok yang juga berbelanja kebutuhan mereka melalui aplikasi ini. Untuk itu sebagai penjual, Sobat MEA harus mengetahui bagaimana cara cek GMV TikTok agar bisa memantau jumlah pendapatan. Lalu, apa itu GMV TikTok?

Dalam artikel ini, kami akan membahas mengenai apa itu GMV TikTok, bagaimana cara cek GMV TikTok melalui Android, iOS, dan situs, serta tips meningkatkan GMV TikTok yang bisa Sobat MEA coba. Yuk simak ulasan selengkapnya di sini!

Table of Contents

Apa itu GMV TikTok?

Jualan di TikTok Masih Gitu-gitu Aja?
Yuk belajar langsung dari ahlinya biar makin cuan dengan gabung ke komunitas. Gak perlu bayar!

Untuk bisa melakukan cara cek GMV TikTok, Sobat MEA harus mengetahui apa itu GMV TikTok terlebih dahulu. Jadi, GMV sendiri adalah Gross Merchandise Value, yaitu seluruh penjualan yang berhasil dilakukan pada akun TikTok Shop dalam periode waktu tertentu. Biasanya GMV ini dihitung dalam jangka waktu 3 bulan atau tahunan. Jadi, GMV ini pendapatan bersih, dong? Eits, bukan.

GMV TikTok adalah total pendapatan kotor yang Sobat MEA dapatkan dari keseluruhan penjualan tanpa pengurangan biaya yang harus dibayarkan. Misalnya saja Sobat MEA berhasil menjual 100 produk dalam satu bulan. Namun ada 5 produk yang dibatalkan dan 2 produk yang dikembalikan. Maka sebenarnya penjualan yang berhasil sebanyak 93 produk, bukan? Namun perhitungan GMV TikTok sendiri tetap penjualan 100 produk. Jadi singkatnya, GMV adalah pendapatan kotor yang Sobat MEA dalam satu bulan.

Artikel Terkait  Cara Buat Voucher TikTok Shop Untuk Tingkatkan Penjualan. Omzet Melesat!

Salah satu kelebihan dari GMV TikTok ini adalah Sobat MEA bisa menggunakannya sebagai salah satu metode pembayaran untuk pembuatan iklan. Hal ini disebut dengan GMV Pay di mana saldo atau pendapatan bisa Sobat MEA alokasikan untuk keperluan iklan di TikTok secara langsung. Jadi Sobat MEA tidak perlu topup saldo untuk iklan lagi, deh!

Cara Cek GMV TikTok

Mau Konten TikTok yang Berkualitas, Relevan, dan Bisa Tingkatin Penjualan?
Tenang aja, ada Jasa Kelola Konten TikTok yang dikerjakan oleh tim videografer dan talent berlengalaman. Klik di sini sekarang!

Setelah mengetahui apa itu GMV TikTok, sekarang kami akan membagikan 3 cara cek GMV TikTok yang bisa Sobat MEA lakukan dengan ponsel Android, iOS, maupun melalui situs TikTok Shop. Yuk simak cara selengkapnya di bawah!

1. Cara Cek GMV TikTok Melalui Android

  • Buka aplikasi TikTok dan masuk ke akun yang telah bergabung menjadi TikTok Creator Fund.
  • Pilih menu profil TikTok yang terletak di sebelah kanan bawah.
  • Pada halaman profil, klik titik tiga di sebelah kanan atas.
  • Pilih menu Creator Tools kemudian lanjutkan klik Creator Fund.
  • Seluruh data dan informasi pendapatan akan ditampilkan di halaman ini, termasuk GMV TikTok.

2. Cara Cek GMV TikTok Melalui iOS

  • Buka aplikasi TikTok pada iPhone.
  • Masuk dengan akun yang telah terdaftar di TikTok Creator Fund.
  • Klik gambar profil di sebelah kanan bawah, lalu lanjutkan dengan klik titik tiga di sebelah kanan atas pada halaman profil akun.
  • Pilih Creator Tools lalu klik Creator Fund.
  • GMV TikTok Shop akan ditampilkan pada halaman ini.

3. Cara Cek GMV TikTok Melalui Situs Web

Cara Meningkatkan GMV TikTok

remarketing di TikTok Ads

Setelah mengetahui apa itu GMV TikTok dan bagaimana cara cek GMV TikTok, kami juga akan membagikan beberapa tips yang bisa Sobat MEA lakukan agar GMV semakin meningkat dan Sobat MEA bisa meraih sebanyak mungkin penghasilan. Berikut caranya:

1. Buat Live yang Interaktif

Salah satu fitur TikTok yang bisa Sobat MEA manfaatkan untuk meningkatkan penjualan adalah Live TikTok. Sudah banyak penjual yang membuktikan bahwa hal ini adalah salah satu metode penjualan yang paling efektif. Hal ini karena pembeli bisa bertanya langsung kepada Sobat MEA sebagai penjual mengenai produk yang ditawarkan.

Agar penonton berminat untuk membeli produk, pastikan Sobat MEA selalu merespon setiap komentar dari penonton dengan semangat. Jangan lupa juga untuk mengajak mereka membeli produk Sobat MEA, ya!

2. Perpanjang Durasi Live

Perlu diingat bahwa setiap pengguna TikTok memiliki waktu luang yang berbeda-beda. Jadi Sobat MEA bisa memperpanjang durasi live agar bisa menjangkau penonton baru. Tapi hal ini bukan berarti Sobat MEA jadi bebas menyudahi live saat traffic sedang tinggi, ya. Tetap jalankan live meskipun traffic sedang tinggi karena hal ini berarti bahwa penonton Sobat MEA berminat terhadap produk Sobat MEA.

3. Bergabung dengan Kampanye TikTok

Ada beberapa kampanye TikTok yang bisa Sobat MEA ikuti seperti promo tanggal kembar, flash sale, challenge, atau trend yang bisa membantu meningkatkan GMV TikTok. Untuk itu, Sobat MEA harus selalu update mengenai kampanye terbaru TikTok agar bisa mempersiapkan kontennya dengan baik.

You may also like

Leave a Comment