Panduan Cara Daftar Creator Studio Facebook dan 8 Fitur Utamanya!

by Bagus Alhadi
Cara Daftar Creator Studio Facebook

Cara daftar Creator Studio Facebook itu sangat mudah, bahkan semua orang bisa untuk mendaftarkannya lho. Namun, apakah semua orang dapat menggunakannya? jawabannya tentu saja tidak. Hanya beberapa orang yang ingin mempelajarinya saja yang akan bisa mengelolanya dengan baik dan benar.

Sebagai salah satu platform media sosial terbesar di dunia, Facebook menawarkan tool canggih untuk membantu content creator mencapai tujuan mereka. Salah satu tool tersebut adalah Creator Studio, yang menawarkan banyak manfaat bagi para pembuat konten.

Di tengah maraknya kemunculan media sosial baru, Facebook tetap berusaha untuk mempertahankan eksistensinya. Dalam upaya untuk menjaga daya tariknya, Facebook menciptakan Creator Studio sebagai solusi, agar tidak ketinggalan zaman juga memberikan kemudahan bagi para pembuat konten dalam merencanakan jadwal posting mereka di Facebook dan Instagram dengan lebih efisien.

Nah artikel ini akan membahas tentang cara daftar Creator Studio Facebook secara jelas, guna seorang creator dapat menggunakan tool ini dengan mudah. Dari pada berbasa-basi lagi, yuk langsung simak artikel ini sampai habis!

Table of Contents

Apa itu Creator Studio Facebook?

Mau belajar jualan di Instagram dan Facebook dengan lebih efektif?
Yuk langsung aja gabung ke Komunitas Seller Sosial Media MEA sekarang juga. GRATIS!

Sebelum membahas tentang bagaimana cara daftar Creator Studio Facebook, alangkah baiknya Sobat MEA mengenal lebih dalam tentang tool yang satu ini.

Facebook Creator Studio muncul sebagai suatu perangkat atau alat yang dikembangkan oleh Facebook, menyajikan integrasi secara menyeluruh dalam satu sistem dengan fungsi yang sangat beragam. Mulai dari penjadwalan, pengelolaan media sosial, monetisasi platform, dan pemantauan perkembangan tren media sosial melalui data dan wawasan.

Alat ini menjadi sangat vital bagi para content creator. Penggunaannya memungkinkan mereka merancang strategi media sosial yang sesuai dengan tujuan mereka, memberikan keleluasaan dalam pengelolaan dan penjadwalan konten.

Menarik bukan? Setelah mengetahui apa itu Facebook Creator Studio, alangkah baiknya Sobat MEA mengetahui juga bagaimana cara daftar Creator Studio Facebook ini.

Cara Daftar Creator Studio Facebook

cara mengembalikan Facebook yang hilang

Pada umumnya, untuk menjadi Creator di Facebook, Sobat MEA tidak perlu mendaftar secara khusus sebagai “Creator”. Sebagai gantinya, Sobat MEA dapat mengakses halaman Facebook atau akun Instagram yang berfokus pada pembuatan konten. Berikut adalah cara daftar Creator Studio Facebook untuk mengakses sebagai Creator di Facebook:

  1. Lakukan login ke akun Facebook pribadi Sobat MEA.
  2. Akseslah https://business.facebook.com/creatorstudio melalui browser atau klik di sini.
  3. Bagi yang belum memiliki “Halaman Penggemar” (Fans Page), Sobat MEA bisa membuatnya terlebih dahulu.
  4. Jika sudah memiliki atau selesai membuat, ikuti petunjuk pengaturan yang muncul di tampilan Creator Studio.
  5. Proses selesai. Sekarang Sobat MEA bisa mulai menggunakan Creator Studio Facebook untuk mengelola akun dan konten.

8 Fitur yang Ada di Creator Studio Facebook

Mau dapat komisi Shopee Affiliate up to 30% modal sebar link?
Yuk langsung aja gabung ke MCN MEA sekarang juga!

Setelah mengetahui cara daftar Creator Studio Facebook, kini saatnya Sobat MEA bergelut dan mengetahui fitur-fitur yang ada di tool ini. Perlu dicatat, Creator Studio Facebook memilki banyak fitur penting untuk pekerjaan social media management. Nah berikut ini adalah 8 fitur utamanya:

1. Insight

Fitur ini sangat bermanfaat untuk para content creator. Fitur ini menjadi alat yang sangat berguna untuk menilai kinerja konten yang telah dipublikasikan sebelumnya.

Dengan adanya fitur Insight, Sobat MEA dapat mengakses berbagai statistik pemasaran, termasuk pertumbuhan audiens, engagement, total impresi, dan sejumlah metrik lainnya selama periode 7 hari. Jika konten yang Sobat MEA buat sudah dapat dimonetisasi, penghasilan dari Facebook juga dapat dilacak melalui fitur Insights ini.

2. Content Library

Content library memungkinkan kamu untuk mengatur konten berdasarkan jenisnya. Secara singkat, fitur ini memudahkan Sobat MEA untuk melihat konten seperti apa yang telah diposting atau akan diunggah. 

Creator Studio memudahkan pembuatan konten berkelanjutan menggunakan fitur series  dan playlist. Bahkan, Sobat MEA bisa langsung memilih foto sampul alias thumbnail untuk menarik pengguna agar mengklik konten yang telah dibuat sebelumnya.

3. Monetization

Selanjutnya, fitur monetisasi ini memberikan cara mengenai pendapatan dan syarat-syarat yang perlu dipenuhi agar Sobat MEA dapat menghasilkan uang melalui media sosial khususnya Facebook ini.

Secara umum, Facebook menawarkan opsi monetisasi hanya kepada pembuat konten atau perusahaan yang telah membangun akun dengan jumlah followers yang besar.

Bagi Sobat MEA yang ingin memperoleh penghasilan melalui Facebook, langkah pertama adalah mendaftar untuk layanan monetisasi. Setelah pendaftaran, Sobat MEA hanya perlu menunggu persetujuan dari Facebook, mirip seperti halnya dengan proses pendaftaran Google AdSense.

4. Live Dashboard

program jadi jawara

Live streaming menjadi strategi marketing yang cukup banyak disukai oleh beberapa brand produk dan audiens. Bukan hanya sebagai sumber hiburan dan pengetahuan tambahan, fitur Live pada dasarnya telah terbukti menjadi salah satu saluran yang efektif dalam mendukung strategi pemasaran.

Untuk memastikan agar pengguna tetap terlibat, Creator Studio juga memperkenalkan dashboard Live yang memberikan pengguna kesempatan untuk berinteraksi secara langsung dengan audiens.

5. Sound Collection

Dalam proses pembuatan konten, musik merupakan salah satu komponen yang penting. Oleh karenanya, Creator Studio menyediakan berbagai jenis musik gratis untuk keperluan kontenmu. 

Sobat MEA bisa mengunduhnya tanpa khawatir akan terkena copyright juga tanpa perlu membayar royalti. Tentunya kesempatan ini bisa kita manfaatkan untuk memperkaya konten Facebook dan Instagram agar lebih beragam dan tidak membosankan audiens.

6. Inbox

Inbox bukan hanya tempat untuk pesan, melainkan juga merupakan alat yang efektif untuk mengelola komentar di keduanya. Dengan demikian, kemudahan dalam berinteraksi dengan audiens semakin terjamin.

7. Rights Manager

Fitur ini berperan sebagai pendeteksi apabila ada konten yang mirip dengan yang telah dibuat olehmu. Agar risiko plagiasi karya dapat diminimalkan, beruntunglah Facebook menyediakan fitur Rights Manager yang dapat secara otomatis mengidentifikasi keaslian suatu konten.

8. Instagram Content Management

Cara Daftar Creator Studio Facebook

Fitur terbaru di dalam Creator Studio Facebook memberikan kemampuan untuk mengelola platform Instagram. Fitur ini melalui Creator Studio, memungkinkan kita untuk langsung crossposting ke Instagram dan secara bersamaan memantau pesan serta berbagai metrik relevan melalui analitik Instagram. Contohnya, Sobat MEA bisa memposting Facebook Video dan juga Instagram Reels sekaligus.

9 Manfaat Menggunakan Creator Studio Facebook

Dengan menggunakan Creator Studio Facebook, para creator sangat terbantu dengan berbagai fitur yang sudah disebutkan di atas. Bahkan untuk sebuah perusahaan di era digital ini, menggunakan Creator Studio merupakan sebuah keuntungan untuk mengelola Facebook dan Instagram dengan lebih efisien. Selain itu, berikut beberapa manfaat lain yang bisa Sobat MEA dapatkan saat menggunakan Creator Studio Facebook:

  • Mampu menjadwalkan postingan dengan mudah.
  • Menganalisis kinerja konten dengan cermat.
  • Mengelola pesan lebih terpusat.
  • Monetisasi Konten.
  • Manajemen video Instagram Reels dan Facebook Video.
  • Upload konten di 2 platform sekaligus.
  • Integrasi dengan Alat Kreatif Facebook
  • Melindungi konten dengan hak cipta dan lisensi originalitas resmi.
  • Mendapatkan musik dan efek untuk konten secara gratis.

Nah itu dia langkah-langkah cara daftar Creator Studio Facebook, berbagai fitur dan juga manfaat menggunakannya. Gimana? Apakah Sobat MEA tertarik untuk menggunakannya? Semoga saja artikel ini bisa membantu Sobat MEA yang sedang mempelajari pengelolaan media sosial khususnya Facebook dan Instagram. Akhir kata, jadilah jawara, jagoan wirausaha!

You may also like

Leave a Comment