Syarat, Kelebihan, dan 7 Langkah Cara Daftar Seller Blibli. Pahami Yuk!

by Fanny
cara daftar Seller Blibli

Ada banyak marketplace yang bisa Sobat MEA manfaatkan untuk mengembangkan bisnis. Salah satunya adalah Blibli yang menjadi salah satu marketplace yang banyak digunakan. Dengan begitu, Sobat MEA juga akan lebih mudah untuk menemukan target market yang dibutuhkan. Karena cukup potensial, tentu saja Sobat MEA perlu mengetahui syarat, kelebihan dan cara daftar seller Blibli.

Masih ragu untuk berjualan di Blibli? Tenang aja, dalam artikel ini kami akan membahas tuntas mulai dari syarat, kelebihan, dan cara daftar seller Blibli yang bisa Sobat MEA lakukan saat ini juga. Daripada berlama-lama lagi, yuk langsung simak aja langkah-langkahnya di bawah ini!

2 Syarat dan Kriteria Menjadi Seller Blibli

Makin cuan jualan di marketplace

Dengan gabung ke komunitas seller marketplace MEA dan diskusi langsung dengan pelakunya

Untuk mencoba cara daftar Seller Blibli, Sobat MEA perlu memenuhi beberapa persyaratan yang sudah ditentukan oleh Blibli. Syarat ini berupa kriteria dari Blibli dan kebutuhan dokumen yang harus disediakan sebelum Sobat MEA memutuskan untuk mendaftarkan diri menjadi Seller Blibli.

1. Kriteria Seller Blibli

Agar bisa menjadi Seller Blibli, Sobat MEA harus memenuhi kriteria berikut ini:

  • Produk yang dijual merupakan barang original atau asli.
  • Toko dan produk Sobat MEA telah dikenal oleh konsumen.
  • Stok produk harus selalu ada.
  • Sudah memiliki sertifikat dan dokumen bisnis.
  • Bisnis Sobat MEA memiliki latar belakang yang jelas.
  • Sobat MEA perlu memberikan informasi yang jelas mengenai produk yang dijual.
  • Bisnis Sobat MEA memiliki reputasi yang baik di sosial media dan platform lainnya.
  • Pastikan Sobat MEA memiliki sumberdaya yang baik dan memadai untuk menjalankan operasional bisnis.
Artikel Terkait  Kapan Waktu Follow Up yang Tepat ke Konsumen

2. Syarat Dokumen Seller Blibli

Selain kriteria di atas, Sobat MEA juga perlu menyiapkan dokumen penting sebagai syarat dan cara daftar Seller Blibli. Ini dia berkas yang perlu Sobat MEA miliki agar bisa bergabung menjadi Seller Blibli:

  • Untuk Perusahaan: KTP, NPWP, Informasi Perusahaan, Nomor Rekening, Sertifikat UMKM, Izin Usaha, dan Dokumen Pemerintah terkait bisnis.
  • Untuk Perorangan (Individual): KTP, NPWP (tidak wajib), Informasi Perorangan, dan Nomor Rekening.
  • Untuk UMKM/Pemilik Brand: KTP, NPWP (tidak wajib), Informasi Perusahaan/Perorangan, Nomor Rekening, dan Sertifikat UMKM.

6 Kelebihan Menjadi Seller Blibli

Omzet di marketplace masih segitu-gitu aja?

Pakai Jasa Optimasi Marketplace aja biar makin cuan tiap bulan!

Setelah memenuhi kriteria dan syarat menjadi Seller Blibli di atas, Sobat MEA bisa langsung mengikuti cara daftar Seller Blibli. Tapi sebelum membahas tahapannya, kami akan membagikan dulu kelebihan dari menjadi Seller Blibli yang menyediakan berbagai fasilitas kepada para penjual.

Fasilitas dari Blibli sangat beragam dan gratis, pas banget untuk Sobat MEA manfaatkan sebagai salah satu cara untuk meningkatkan penjualan tanpa harus keluar lebih banyak uang. Berikut adalah keuntungan menjadi Seller Blibli yang tidak bisa Sobat MEA dapatkan dari marketplace lain:

  1. Sobat MEA bisa mendaftarkan akun admin untuk membantu mengelola toko online tanpa dikenakan biaya layanan. Sobat MEA bisa mendaftarkan sebanyak mungkin akun admin karena Blibli tidak memberikan batas maksimum.
  2. Blibli juga menyediakan jasa foto produk profesional secara gratis. Jadi jika Sobat MEA belum memiliki foto produk yang cukup menjual, Blibli akan menyediakan fotografer profesional untuk membantu Sobat MEA mengambil foto produk.
  3. Terdapat jasa pengiriman Instan dan Same Day.
  4. Sobat MEA bisa mendapatkan gratis ongkir dan asuransi pengiriman dari Blibli.
  5. Masih bingung dengan cara jualan di Blibli? Tenang aja, pihak Blibli menyediakan fasilitas pelatihan secara online dan e-learning yang dilakukan melalui webinar. Program ini sangat membantu para Seller di Blibli untuk memahami tata cara berjualan di Blibli dengan maksimal.
  6. Blibli juga memiliki Layanan Seller Care yang responsif dan dapat membantu Sobat MEA ketika Sobat MEA kebingungan atau butuh bantuan saat berjualan di Blibli.
Artikel Terkait  Foto Produk Untuk Marketplace Kalian

7 Langkah Cara Daftar Seller Blibli

Bingung dengan cara jualan di Tokopedia?

Yuk gabung Kelas Tokopedia biar Sobat MEA bisa belajar dari seller pemula hingga profesional!

Nah karena kita sudah selesai membahas tentang syarat dan kelebihan dari menjadi Seller Blibli, sekarang saatnya Sobat MEA mengetahui cara daftar Seller Blibli yang bisa Sobat MEA lakukan dengan beberapa langkah mudah ini:

  1. Buka browser Sobat MEA dan lakukan pendaftaran di https://seller.blibli.com/register.
  2. Sobat MEA perlu mengisikan data diri seperti negara tempat tinggal, nama, nomor telepon, nama toko, alamat email yang aktif, dan kode referal jika ada.
  3. Setelah semua data diisi, klik Saya Menyetujui Syarat & Ketentuan kemudian lanjutkan dengan klik Daftar Sekarang.
  4. Sobat MEA akan mendapatkan kode OTP yang dikirimkan ke nomor yang didaftarkan. Masukkan kode OTP tadi ke kolom yang tersedia.
  5. Kemudian Sobat MEA perlu mengisi data lengkap mengenai informasi toko seperti nama toko, alamat gudang, sistem pembayaran, dan informasi legal lainnya.
  6. Jika sudah, Sobat MEA bisa lanjut mengunggah produk dan data produk. Pastikan isi detail barang sebenar-benarnya dan sejelas-jelasnya.
  7. Cara daftar Seller Blibli sudah selesai.

Langkah selanjutnya adalah Sobat MEA hanya perlu menunggu proses pembelian dari konsumen. Jika Sobat MEA sudah menerima pesanan, pastikan untuk segera mengemas dan mengirimkan produk agar barang dapat diterima oleh konsumen secepat mungkin. Untuk proses pembayarannya sendiri membutuhkan waktu beberapa hari untuk memprosesnya. Kemudian pihak Blibli akan mengirimkannya ke rekening Sobat MEA secara langsung.

cara daftar seller blibli

Perlu diingat bahwa dana yang dikirimkan akan dipotong oleh biaya komisi dan biaya transfer bank, ya. Jadi mungkin dana yang akan Sobat MEA terima sedikit berbeda dengan yang seharusnya.

Itu dia panduan lengkap mengenai syarat, keunggulan, hingga cara daftar Seller Blibli yang bisa Sobat MEA coba. Baca juga artikel dari Komunitas MEA lainnya agar Sobat MEA selalu mendapatkan informasi menarik seputar cara jualan di marketplace seperti ini!

You may also like

Leave a Comment