5 Cara Dapat Uang dari Reels Facebook. Begini Tutorialnya

by Viki
cara dapat uang dari reels facebook

Sobat MEA tentu menyadari bahwa Facebook menjadi media sosial yang populer dan terus berinovasi menghadirkan berbagai fitur terbaru yang menguntungkan. Salah satunya video Reels yang dimonetisasi. Ini cocok bagi pengguna yang ingin lebih cuan. Tapi tentunya perlu memahami cara dapat uang dari Reels Facebook. 

Dan di artikel ini, MiMe akan membagikan tutorial mengenai cara dapat uang dari Reels Facebook beserta syarat-syarat yang diperlukan. Oleh karena itu, yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

Table of Contents

Apa itu Reels Facebook?

Ingin Lebih Mudah Cuan dari Facebook Tanpa Banyak Drama?
Yuk temukan rahasia sukses dari seller dan mentor berpengalaman di komunitas bisnis sosmed MEA!

Melansir laman Facebook, Facebook Reels adalah cara baru untuk membuat video singkat dan menghibur, menarik audiens baru, serta menghadirkan karya kreatif yang memberikan keuntungan. 

Sobat MEA bisa membuat video tentang apa saja secara singkat dan menambahkan audio sendiri atau lagu-lagu populer yang tersedia di perpustakaan musik. Kemudian Reels yang dibuat akan muncul di beberapa tempat seperti Beranda FB, Halaman Reels FB, dan profil Reels FB sendiri. 

Menariknya, Reels Facebook ini bisa dimonetisasi. Melalui hal inilah Sobat MEA bisa menghasilkan uang dari konten yang dibagikan. 

Fitur ini sebenarnya sudah lama populer. Dengan fitur monetisasi Facebook, akan banyak orang yang menemukan kontenmu. Sehingga hal ini dapat menjadi peluang untuk meningkatkan pertumbuhan audiens dan pendapatan.

Syarat Dapat Uang dari Reels Facebook

  • Kualifikasi Mitra Monetisasi: Memenuhi persyaratan yang mematuhi Kebijakan Monetisasi Mitra dan Kebijakan Monetisasi Konten.
  • Jenis Iklan: Menggunakan dua jenis konten monetisasi Reels, yaitu iklan Overlay dan iklan Post-Loop.
  • Iklan Overlay: Iklan banner statis yang tampil otomatis di bawah video Reels.
  • Iklan Post-loop: Iklan video terpisah dengan durasi empat detik atau lebih.

5 Cara Dapat Uang dari Reels Facebook

Boost Eksposur di sosmed terutama TikTok bareng MCN Shopee MEA!
Akan banyak kerjasama yang bisa dilakukan termasuk bareng seller potensial yang bikin kamu cuan~

Sama seperti pendahulunya yaitu Instagram Reels, memanfaatkan Facebook Reels juga seru bagi content creator yang ingin cuan. Tentunya perlu strategi jitu untuk cara dapat uang dari Reels Facebook. Berikut uraian lengkapnya:

1. Daftar Sebagai Facebook Stars

Pertama, pastikan Sobat MEA sudah memiliki akun Facebook dan mengaktifkan monetisasi dengan daftar sebagai anggota Facebook Stars. Dengan ini, Sobat MEA berpeluang mendapatkan bintang yang bisa dicairkan menjadi uang, karena sebelum memberikan stars, mereka harus membelinya terlebih dahulu. 

2. Unggah Konten yang Menarik

Selanjutnya, tentu saja Sobat MEA harus mengunggah konten yang menarik. Pastikan sesuai dengan niche yang ingin disasar. 

Buatlah konten yang unik dan berbeda untuk menarik lebih banyak penonton di Reels FB-mu. Semakin banyak orang yang menonton, semakin banyak uang yang bisa Sobat MEA dapatkan. Berikut langkah-langkah untuk mengunggah konten FB Reels:

  • Buka aplikasi Facebook, pastikan sudah di update ke versi terbaru.
  • Buat video di bagian Reels dengan klik ikon kamera di pojok kanan saat menonton Reels FB untuk mulai membuat Reels.
  • Kemudian tambah audio, teks, efek, keterangan, atau pengatur waktu ke reel di sebelah kanan layar.
  • Tulis caption yang sesuai dengan tema Reels yang dibuat.
  • Pilih audiens yang ingin disasar.
  • Atur setelan default FB Reels menjadi bersifat publik. 

  • Jika sudah, klik Bagikan untuk menerbitkan Reels tersebut. 
Artikel Terkait  Ukuran Banner FB yang Benar & 7 Tips Membuat Banner Efektif Untuk Bisnis

3. Menjalin Kerjasama dengan Brand

Nah, ketika kontenmu sudah mendapatkan banyak audiens, Sobat MEA bisa mulai menjalin kerjasama dengan brand untuk memperluas jangkauan pasar sekaligus meningkatkan eksposur. 

Tentunya ini akan lebih mudah untukmu mendapatkan keuntungan berupa uang ataupun barang dari merek tersebut. 

Tapi ingat, pastikan Sobat MEA telah mengembangkan konten Reels di Facebook agar mereka tertarik untuk menerima ajakan kolaborasi memasarkan produknya.

4. Membangun Interaksi dengan Audiens

Pastikan Sobat MEA juga menjalin interaksi dengan audiens setelah membagikan konten Reels. Ada beberapa variasi bentuk interaksi yang bisa dilakukan seperti mengadakan sesi giveaway, menjawab komentar dari penonton, hingga memberikan apresiasi kepada penggemar. Hal ini terbukti efektif untuk membuat mereka menjadi penonton setia video Reelsmu, lho!

5. Bergabung dalam Program Afiliasi

Sobat MEA juga bisa meraup keuntungan dari program afiliasi melalui Facebook Reels dimana Sobat MEA akan mempromosikan produk afiliasi ke Facebook dan mendapatkan komisi dari setiap produk yang terjual. 

Program afiliasi ini sudah menjamur di masyarakat. Ini dikarekanakan Affiliate Marketing terbukti memberikan penghasilan tambahan. Dan mereka juga memanfaatkan Facebook Reels sebagai media promosinya. 

You may also like

Leave a Comment