2 Cara Iklan Live Shopee yang Efektif. Auto Ramai Auto Cuan!

by Viki
cara iklan live shopee

Sebagai penjual di Shopee, Sobat MEA tentu ingin penjualan terus ramai dan promosi selalu berjalan optimal, termasuk promosi pada live Shopee yang disiarkan. Tapi Sobat MEA tahu belum nih? Kini live Shopee juga bisa diiklankan untuk meraih lebih banyak penonton. Oleh karena itu, penting untuk memahami strategi jitu terkait cara iklan live Shopee yang efektif untuk toko online

Sebagaimana yang kita ketahui, live Shopping tengah menjadi tren baru bagi masyarakat Indonesia. Dan salah satu platform yang menawarkan fitur ini yaitu Shopee. Live Shopee menawarkan pengalaman berbelanja langsung selama siaran berlangsung

Hal ini tentunya dapat dimanfaatkan oleh penjual yang ingin meningkatkan penjualan. Tapi ingat, persaingan jualan di live Shopee juga ketat, sehingga butuh dipromosikan dengan tepat melalui cara iklan live Shopee yang efektif. Selengkapnya, simak!

2 Cara Iklan Live Shopee yang Efektif

Ingin tahu cara memaksimalkan penjualan lewat Live yang gampang?
Yuk kepoin semua ilmu dagingnya bareng mentor expert di komunitas bisnis MEA!

Melansir laman Seller Shopee, Iklan Shopee merupakan fitur Shopee yang memungkinkanmu untuk memasarkan produk melalui aplikasi dan situs Shopee yang akan ditunjukkan untuk Pembeli yang relevan di halaman-halaman tertentu dengan kunjungan yang tinggi di Shopee seperti beranda, halaman hasil pencarian, halaman rincian produk, halaman keranjang saya, halaman rincian pesanan, dan halaman pesanan saya.

Adapun cara iklan live Shopee, ada dua metode yang bisa dilakukan yaitu melalui aplikasi dan situs web Shopee Seller Center. Lantas, apa saja yang harus dilakukan? Yuk cek penjelasan ini!

1. Melalui Aplikasi Shopee

Sekarang udah gak zaman jualan sendirian!
Saatnya promosi dibantu oleh partner Shopee profesional yang sangat simpel, mudah, dan efisien. Bikin kamu lebih leluasa juga ngatur bisnisnya lewat MCN Shopee MEA!

Pertama, Sobat MEA bisa memasang iklan live melalui aplikasi Shopee. Yuk, ketahui apa saja tahapan yang harus dilewati untuk memaksimalkan promosi live dengan praktis dari HP saja!

Buka aplikasi Shopee di HP. 

Sobat MEA akan membuka halaman utama. Kemudian pilih menu Live yang ada di bagian bawah, lalu pilih ikon + di pojok kanan atas. 

Atur Iklan Live

Klik tombol Iklan Live yang ada di Shopee Live Room untuk mengatur Iklan Live.

Tentukan Setelan Iklan yang Diinginkan

Di bagian ini, Sobat MEA perlu membuat Nama Iklan dan menentukan Tanggal, Periode, serta Modal yang ingin digunakan. Kemudian iklan akan dijalankan sesuai periode waktu tersebut. Tapi iklanmu akan berhenti jika terjadi beberapa hal berikut:

  • Modal harian habis.
  • Durasi iklan selesai.
  • Sesi siaran Live Streaming telah berakhir.

Pilih Tujuan Iklan Live

Selanjutnya, Sobat MEA perlu memilih tujuan iklan sesuai keinginan. Shopee akan menargetkan iklan kepada pengguna potensial yang relevan dengan tujuan bisnismu. Ada dua tujuan yang bisa dipilih yaitu meningkatkan kunjungan dan meningkatkan penjualan. 

Jika memilih meningkatkan penjualan, Shopee akan mengoptimasi iklan untuk memaksimalkan penyebaran iklan sesuai dengan modal dan jadwal secara maksimal.

2. Melalui Situs Web Shopee Seller Center

Mau toko Shopee kamu dikelola oleh profesional?
Yuk diskusikan tujuan bisnismu ke tim profesional MEA sekarang juga. GRATIS!

Kunjungi Situs Web Seller Center

Pertama, tentunya Sobat MEA perlu membuka situs web Shopee Seller Center terlebih dahulu melalui perangkat. 

Login ke Akun Toko Shopee

Kemudian tentu saja Sobat MEA perlu login ke akun Shopee menggunakan username/email dan password yang terdaftar.

Pilih Menu Iklan Shopee

Jika sudah berhasil masuk, pilih menu Iklan Shopee untuk mulai memasang iklan, dan klik ikon + Buat Iklan Baru.

Pilih Jenis Iklan Live

Selanjutnya Sobat MEA perlu memilih jenis iklan di Shopee berupa iklan live. Karena ada sekitar 3 jenis iklan yang bisa digunakan untuk mempromosikan iklan Shopee, meliputi:

  • Iklan Pencarian: Menampilkan iklan pada halaman hasil pencarian di Shopee. 
  • Iklan Produk Serupa: Menampilkan iklan ke pembeli yang tertarik ke produk yang serupa dengan produkmu. 
  • Iklan Live: Mempromosikan live untuk menarik perhatian pengunjung serta meningkatkan penjualan. 

Tentukan Nama Live, Modal, dan Periode Iklan

Pastikan live Shopee yang Sobat MEA lakukan memiliki nama yang jelas dan telah menentukan periode iklan serta modal yang digunakan agar lebih mudah melakukan penargetan. Sobat MEA bisa mengatur modal iklan dengan beberapa pilihan berikut:

  • Modal harian untuk pengeluaran biaya iklan per hari.
  • Total modal untuk biaya iklan sepanjang durasi iklan.

Selain itu, Sobat MEA juga perlu menentukan batasan modal pilihan Tanpa Batas agar iklan berjalan terus sesuai saldo yang tersedia atau Tentukan Modal dimana Sobat EMA bisa menentukan modal untuk setiap iklan yang ingin dijalankan. Pastikan saldo cukup untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. 

Rancang Strategi Iklan Live

Iklan live Shopee juga perlu berjalan berdasarkan strategi iklan dan tujuan yang dipilih. Hanya saja, untuk strategi ini berbeda dengan menentukan tujuan dimana Sobat MEA hanya bisa menstrategikan peningkatan kunjungan. Tapi masa mendatang, Sobat MEA akan dapat merancang peningkatan penjualan di toko Shopee. 

Sekian penjelasan mengenai cara iklan live Shopee yang perlu Sobat MEA coba. Sama seperti iklan digital lainnya, pemasangan iklan Shopee juga tidak bisa asal-asalan. Pastikan Sobat MEA merancangnya dengan hati-hati untuk mencegah kemungkinan kerugian yang bisa terjadi. Selamat mencoba!

You may also like

Leave a Comment