Fotografer Wajib Tahu, 7 Cara Jual Foto di Shutterstock. Auto Hasilkan Dollar!

by Viki
cara jual foto di shutterstock

Shutterstock telah menjadi salah satu platform terkemuka dalam industri fotografi dan stok foto. Jika Sobat MEA adalah seorang fotografer yang ingin menghasilkan uang dari karya, maka menjual foto di Shutterstock bisa menjadi pilihan yang menarik. Untuk itu dalam artikel ini, MiMe akan membahas secara praktis mengenai cara jual foto di shutterstock.

Ingin Dapat Lebih Banyak Tips Cuan dari Fotografi?

Gabung komunitas fotografi MEA! Bukan hanya tips n trick, kamu juga berkesempatan dapat bimbingan khusus dari mentornya agar lebih kreatif dan makin cuan dari foto. GRATIS!!!

Shutterstock merupakan situs populer tempat para fotografer dan desainer menjual hasil karya mereka dan dibayar dengan dollar. Saat ini banyak fotografer yang memanfaatkan situs ini untuk menjual foto di Shutterstock, terutama bagi fotografer luar negeri. Tidak ada salahnya jika Sobat MEA ingin mencoba cara menjual foto di Shutterstock. Jangan buang kesempatan ini karena tidak sedikit fotografer yang sukses mendapatkan untung besar dari situs tersebut.

Namun sayangnya, di Indonesia sendiri masih belum banyak orang yang tahu tentang cara menjual gambar di Shutterstock. Hingga saat ini, Shutterstock hanya mendapatkan antusias dari masyarakat luar negeri saja. Itu artinya, persaingan di Indonesia belumlah ketat, sehingga hal ini merupakan peluang besar untuk meraup dollar sebanyak-banyaknya. Apalagi Shutterstock mampu menjangkau pasar global. Lalu, bagaimana cara jual foto di Shutterstock?

7 Cara Jual Foto Melalui Shutterstock

1. Daftar Sebagai Kontributor

Langkah pertama dari cara jual foto di Shutterstock adalah mendaftarkan diri sebagai kontributor di Shutterstock. Sobat MEA bisa melakukan hal ini dengan mengunjungi situs web Shutterstock dan temukan halaman pendaftaran kontributor. Isi formulir pendaftaran dengan informasi yang diperlukan seperti nama, alamat email, dan detail akun bank untuk keperluan pembayaran foto yang terjual.

Selanjutnya, Sobat MEA perlu mengunggah beberapa contoh foto yang akan dievaluasi oleh tim Shutterstock. Pastikan untuk mengunggah foto-foto terbaik yang mencerminkan kemampuan dan gaya Sobat MEA sebagai fotografer.

2. Produksi dan Pemilihan Foto

Setelah akun Sobat MEA disetujui, saatnya Sobat MEA memproduksi dan memilih foto-foto yang akan dijual di Shutterstock. Situs ini sendiri memiliki panduan dan tren terbaru yang bisa Sobat MEA ikuti untuk memahami jenis foto yang banyak dicari oleh pembeli. Kami sarankan agar Sobat MEA membuat berbagai variasi dalam genre dan subjek foto agar bisa menjangkau audiens yang lebih luas. 

Agar cara jual foto di Shutterstock berhasil, pastikan juga foto-foto yang Sobat MEA ambil memiliki kualitas yang tinggi dan tajam. Hindari kualitas yang buruk, kabur, atau diproses secara berlebihan. 

Strategi Hasilkan Foto Ciamik ala Fotografer Profesional

Jadi fotografer cuan, gak bisa asal jepret. Harus tahu dulu strategi jitunya untuk hasilkan foto-foto berkualitas. Yuk, dapatkan rahasia suksesnya di sini!

3. Pengeditan dan Penyempurnaan

Sebelum mengunggah dan menjual foto di Shutterstock, pastikan untuk mengedit dan menyempurnakannya terlebih dahulu. Gunakan perangkat lunak pengeditan foto yang handal untuk memperbaiki warna, kontras, dan kecerahan setiap foto yang diambil.

Jika perlu, lakukan retouching untuk menghilangkan kecacatan kecil. Pastikan bahwa setiap foto memiliki tampilan yang profesional dan menarik. Jangan lupa untuk memberikan deskripsi yang akurat untuk setiap foto. Tambahkan juga tag yang sesuai untuk membantu pembeli menemukan foto dengan lebih mudah melalui pencarian di Shutterstock.

Artikel Terkait  Stock Keeping Unit Adalah: Penjelasan, 4 Contoh dan Cara Membuatnya!

4. Unggah dan Promosikan Foto

Setelah foto-foto siap, langkah selanjutnya adalah mengunggahnya ke akun Shutterstock Sobat MEA. Pastikan untuk mengikuti panduan dan persyaratan teknis yang sudah ditentukan oleh Shutterstock. Setelah unggah selesai, foto Sobat MEA akan tersedia untuk dibeli oleh pelanggan di seluruh dunia. 

Tapi jangan berhenti di situ. Lakukan upaya pemasaran tambahan untuk mempromosikan foto-foto yang Sobat MEA jual di Shutterstock. Gunakan sosial media, blog, atau website pribadi untuk membagikan dan memasarkan karya agar cara jual foto di Shutterstock lebih berhasil. Manfaatkan juga komunitas Shutterstock dan jaringan fotografi lainnya untuk mendapatkan lebih banyak eksposur dan membangun hubungan dengan calon pembeli.

5. Pantau Kinerja dan Tingkatkan Pendapatan

Ketika Sobat MEA melakukan cara jual foto di Shutterstock, penting untuk terus memantau kinerjanya dan mencari cara meningkatkan penjualan.

Shutterstock menyediakan alat dan statistik yang membantu Sobat MEA melacak performa foto-foto yang dijual. Gunakan informasi ini untuk mengidentifikasi tren penjualan, subjek yang paling diminati, dan pola pembelian pelanggan. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang preferensi pasar, Sobat MEA dapat mengarahkan produksi foto ke arah yang sesuai.

Selain itu, pantau juga umpan balik yang Sobat MEA terima dari pembeli. Jika ada saran atau permintaan khusus yang sering muncul, pertimbangkan untuk menghasilkan lebih banyak foto dalam gaya atau subjek yang diminta tersebut. Mendengarkan kebutuhan pelanggan adalah salah satu kunci untuk jual foto di Shutterstock dan memperluas pangsa pasar dalam meningkatkan penjualan.

Jasa Foto Produk Berkualitas dan Bergaransi

Nah, jika kamu justru butuh foto jualan, lebih gak bisa asal jepret. Segera konsultasikan kebutuhan untuk foto produkmu bersama kami! Hasil lebih ciamik, dan tentunya bergaransi~

6. Teruslah Belajar dan Asah Keterampilan

7. Jaga Keberlanjutkan Produksi Foto

Cara jual foto di Shutterstock yang terakhir adalah jangan lupakan pentingnya menjaga keberlanjutan produksi foto. Teruslah memproduksi dan mengunggah foto-foto baru secara konsisten. Semakin banyak koleksi yang Sobat MEA miliki di Shutterstock, semakin besar peluang Sobat MEA untuk menjangkau lebih banyak pembeli dan meningkatkan pendapatan.

Nah, begitulah 7 cara jual foto di Shutterstock. Jangan salah, hal ini merupakan salah satu cara yang menarik untuk menghasilkan pendapatan dari hobi fotografi. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Sobat MEA dapat memulai dan meningkatkan penjualan di platform ini. 

Tetaplah konsisten dan jangan mudah bosan. jangan lupa untuk memperhatikan tren dan kebutuhan pasar, serta teruslah belajar dan berinovasi. Dengan komitmen dan dedikasi, Sobat MEA dapat meraih kesuksesan sebagai kontributor di Shutterstock. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

You may also like

Leave a Comment