7 Cara Jualan di Lazada Agar Cepat Laku untuk Pemula!

by Fanny
cara jualan di Lazada agar cepat laku

Lazada menjadi salah satu marketplace yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Untuk itu sebagai pebisnis online, Sobat MEA harus mengetahui cara jualan di Lazada agar cepat laku. Hal ini bertujuan agar Sobat MEA bisa menerapkan strategi pemasaran yang lebih hemat dan efektif untuk menghasilkan penjualan.

Untuk itu pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan 7 cara jualan di Lazada agar cepat laku yang bisa diterapkan oleh penjual pemula. Penasaran? Yuk simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

Table of Contents

7 Cara Jualan di Lazada Agar Cepat Laku

Omzet di Lazada masih segitu-gitu aja?
Yuk gabung ke komunitas dan belajar langsung dari ahlinya buat naikin omzet dengan optimal. GRATIS!

Memulai bisnis online sebagai penjual baru pasti banyak tantangannya. Mulai dari mendapatkan konsumen pertama hingga bersaing dengan kompetitor yang sudah lebih berpengalaman. Oleh karena itu, Sobat MEA bisa menerapkan 7 cara jualan di Lazada agar cepat laku yang bisa dilakukan oleh pemula ini. Simak!

1. Bangun Branding Toko

Cara jualan di Lazada agar cepat laku yang pertama adalah Sobat MEA harus membangun branding toko terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar toko Sobat MEA lebih mudah untuk dikenali dan pembeli pun sudah langsung tahu produk apa yang Sobat MEA sediakan di toko dengan sekali lihat.

Sebagai contoh, misalnya Sobat MEA menjual produk fashion wanita yang fokus pada berbagai macam model jeans. Maka Sobat MEA bisa membuat nama toko yang mengandung kata jeans atau kata lain yang relevan dengan produk. Sobat MEA juga bisa membuat desain toko yang menampilkan produk unggulan untuk menarik perhatian pembeli.

Artikel Terkait  Cara Kerja Affiliate Lazada, Komisi, dan Cara Mencairkannya

2. Buat USP Produk

USP adalah Unique Selling Point yang menunjukkan kelebihan dan keunggulan produk Sobat MEA dibandingkan dengan produk lain dari kompetitor. USP ini yang akan membuat produk Sobat MEA berbeda dengan produk lain dan meningkatkan minat beli konsumen, sehingga konsumen akan lebih memilih untuk membeli produk Sobat MEA dibandingkan produk dari toko lain.

Contoh USP ini misalnya Sobat MEA menjual produk pakaian produksi sendiri, namun Sobat MEA menggunakan bahan khusus yaitu bahan daur ulang, sehingga produk jadi lebih ramah lingkungan. Nah Sobat MEA bisa menekankan hal ini dan menjadikannya sebagai branding produk, sehingga produk akan lebih mudah untuk dikenali.

3. Buat Tampilan Toko dan Produk Menarik

Kesulitan mengelola Lazada sendirian?
Tim MEA siap membantu urus marketplace mulai dari desain, iklan, dan optimasinya. Klik di sini sekarang!

Membuat tampilan produk dan toko yang menarik menjadi salah satu cara jualan di Lazada agar cepat laku. Hal ini karena konsumen hanya bisa melihat produk secara virtual dan tidak bisa merasakan kualitasnya secara langsung. Oleh karena itu, tampilan produk yang jelas dan menarik mampu meningkatkan minat beli konsumen terhadap produk Sobat MEA.

Tampilkan produk dari berbagai sisi agar pembeli bisa melihat detail produk dengan lebih baik. Tampilkan juga foto varian produk jika ada. Jangan lupa untuk menghindari tambahan atau hiasan pada desain yang tidak diperlukan karena akan membuat tampilannya terlalu ramai dan tidak informatif. Jadi buat desain yang menarik namun tetap sedap untuk dipandang mata.

Jangan lupa juga untuk menuliskan deskripsi produk yang informatif. Misalnya saja Sobat MEA menjual produk fashion, maka cantumkan pula bahan, motif, detail produk, detail ukuran, varian warna, dan informasi lainnya. Jika Sobat MEA menjual produk perawatan kulit dan tubuh, masukkan juga kandungan, manfaat, hingga cara pakai atau anjuran konsumsinya. Dengan begitu pembeli akan mendapatkan pengetahuan yang lengkap mengenai produk yang Sobat MEA tawarkan. 

Artikel Terkait  Tutorial Dapat dan Cara Menggunakan Bonus Dadakan Lazada. Mudah~

4. Pasang Harga yang Kompetitif

Seperti yang sudah disinggung sedikit di atas, banyak penjual yang memasarkan produk mereka di Lazada. Inilah mengapa besar kemungkinan Sobat MEA akan bertemu dengan banyak kompetitor yang menjual produk serupa. Salah satu cara jualan di Lazada agar cepat laku adalah dengan memasang harga produk yang kompetitif.

Hal ini bukan berarti Sobat MEA harus memasang harga yang jauh lebih murah, loh, ya. Harga yang terlalu murah justru akan menurunkan kepercayaan konsumen terhadap produk Sobat MEA. Hal ini karena ada stigma bahwa harga produk yang murah berarti kualitas produknya juga murahan. Namun bukan berarti Sobat MEA juga bisa memasang harga yang tinggi pula. Produk yang terlalu mahal juga akan menurunkan minat beli konsumen terhadap produk yang Sobat MEA tawarkan.

Untuk itu, Sobat MEA bisa melakukan riset harga produk terlebih dahulu dan ketahui harga rata-rata untuk produk tersebut. Dengan begitu, produk Sobat MEA bisa berkompetisi dengan produk lainnya tanpa harus banting harga.

5. Gunakan Kata Kunci yang Relevan

cara jualan di lazada agar cepat laku

Jangan lupa untuk mencantumkan kata kunci yang relevan dengan produk agar produk Sobat MEA lebih mudah untuk ditemukan oleh konsumen. Kata kunci ini bisa Sobat MEA cantumkan ke dalam judul produk maupun deskripsi produk. Sebagai contoh, Sobat MEA menjual produk botol minum. Maka Sobat MEA bisa menggunakan kata kunci seperti “botol minum”, “tumblr”, “botol 1 liter”, “botol tahan dingin” dan lain sebagainya yang sesuai dengan produk Sobat MEA.

6. Manfaatkan Fitur Promosi

Lazada juga menyediakan berbagai macam fitur promosi yang bisa Sobat MEA manfaatkan untuk mempromosikan produk. Fitur ini juga gratis alias tidak berbayar, jadi Sobat MEA bisa memasarkan produk dengan lebih efektif dan hemat. Berikut adalah fitur promosi yang bisa Sobat MEA gunakan:

Artikel Terkait  Gak Sabar Nunggu Pesanan? Gini Cara Melacak Pesanan di Lazada yang Pasti & Akurat!

Fitur ini mampu menarik banyak pembeli mengingat semua pembeli pasti menyukai potongan harga, cashback, atau harga khusus yang diberikan oleh penujual. Jadi, jangan lupa untuk memaksimalkan fitur ini, ya.

7. Jadi Penjual yang Responsif

Salah satu hal yang membuat konsumen melakukan pembelian adalah dari respon penjual. Jika Sobat MEA tidak segera merespon chat dari pembeli, maka Sobat MEA harus siap-siap kehilangan calon pelanggan potensial. Hal ini karena pembeli mengirimkan pesan kepada penjual terkait produk karena mereka penasaran dengan produk yang Sobat MEA tawarkan dan ingin membelinya. Namun karena Sobat MEA terlalu lama membalas pesan mereka, maka mereka segera mencari alternatif produk lain yang serupa. Tentu Sobat MEA akan mengalami kerugian dari hal ini dan malah menguntungkan kompetitor.

 

Untuk itu, Sobat MEA bisa membuat template pesan otomatis atau merekrut admin yang bertugas secara khusus untuk membalas pesan konsumen agar Sobat MEA tidak kehilangan calon pembeli.

Nah, itu dia 7 cara jualan di Lazada agar cepat laku yang bisa Sobat MEA lakukan untuk meraih banyak penjualan dan mendapatkan pelanggan loyal. Semoga ulasan ini membantu dan selamat mencoba!

You may also like

Leave a Comment