Cara Jualan di WhatsApp dan Tips Banjir Orderan Terus. Nggak Susah!

by Husna Rahman
cara jualan di whatsapp

WhatsApp merupakan salah satu aplikasi dengan jumlah pengguna harian terbesar di Indonesia. Hal ini menjadikan WhatsApp sebagai salah satu media sosial yang bagus untuk bisnis online. Pertanyaannya kemudian adalah emang ada cara jualan di WhatsApp? Dan bagaimana cara membalas pesan yang tepat?

Ingin Penjualan Lebih Gampang Laku di WA?

Yuk, ungkap rahasianya dalam diskusi para seller dan mentor berpengalaman di komunitas seller online MEA!

Banyak orang yang belum tahu bahwa sebenarnya penggunaan WhatsApp sangat berpotensi untuk menghasilkan cuan yang luar biasa besar. Hal yang perlu Sobat MEA ketahui adalah bagaimana cara jualan WhatsApp yang laris dengan baik dan benar.

Sobat MEA juga perlu mengetahui terlebih dahulu apa saja kelebihan menggunakan platform WhatsApp untuk berjualan alias menggunakan WA Marketing. Nah daripada berbasa-basi lagi, yuk langsung aja simak kelebihan dari jualan online di WhatsApp ini!

  1. Terasa lebih personal karena terjadi komunikasi dua arah yang intens pada nomor kontak WhatsApp pribadi pelanggan.
  2. Layanan konsumen jauh lebih baik dan memuaskan
  3. WhatsApp aplikasi berjualan yang fleksibel. Bisa digunakan di PC maupun handphone
  4. Memiliki beragam fitur dukungan yang memudahkan penjual untuk melakukan penjualan produk atau jasa.
  5. Hemat biaya promosi.
  6. Meski nomor telepon di sebar, keamanan dan privasi pengguna tetap terjamin
  7. Nggak ada biaya admin.

7 Cara Jualan di WhatsApp yang Efektif

Setelah mengetahui beragam keunggulan dari WhatsApp untuk berjualan, nah sekarang saatnya Sobat MEA untuk mengetahui bagaimana cara memulai bisnis lewat WhatsApp. Sama seperti memulai bisnis di platform lain, sebelum mulai bisnis online di WA, Sobat MEA harus menentukan target market. 

Jika target market sudah ditentukan, Sobat MEA bisa langsung mengikuti adalah langkah-langkah cara jualan online laris di WhatsApp yang akan kami jabarkan di bawah ini. Yuk langsung simak!

1. Membuat Akun WhatsApp Bisnis

Hal pertama yang bisa Sobat MEA lakukan untuk memulai berjualan di WhatsApp adalah membuat akun WA Bisnis. Tapi sebelumnya, pastikan Sobat MEA sudah menginstal aplikasi WhatsApp for Business melalui Google Play Store atau App Store. 

Artikel Terkait  Gini Cara Buat Script Video YouTube Beserta Contohnya. Kata Siapa Bikinnya Susah?

Alasan kenapa Sobat MEA harus mendaftar aplikasi WhatsApp Business adalah karena fiturnya jauh lebih lengkap. Beberapa fitur utama yang menguntungkan untuk berjualan meliputi profil bisnis, pesan otomatis, pesan broadcast, katalog produk, dan banyak lagi.

2. Gunakan Satu Nomor Telepon

Saat memutuskan untuk berjualan online di WhatsApp, jangan pernah untuk menggunakan nomor pribadi. Lebih baik Sobat MEA siapkan terlebih dahulu nomor telepon baru khusus untuk bisnis. Perlu diingat, Sobat MEA wajib menggunakan nomor bisnis tersebut secara terus menerus. Nantinya, satu nomor WhatsApp ini bisa digunakan untuk menjawab pertanyaan dari konsumen maupun menerima orderan.

3. Dapatkan Centang Hijau WhatsApp

Salah satu poin penting dalam berjualan atau bisnis online adalah kepercayaan. Sebuah toko online harus bisa meyakinkan calon pembeli. Nah di WhatsApp, Sobat MEA bisa memberikan kepercayaan dengan centang hijau atau lencana verified. Jadi, Sobat MEA wajib banget nih dapat badge satu ini.

4. Kumpulkan Kontak WhatsApp

Untuk memaksimalkan WhatsApp marketing, Sobat MEA perlu memiliki list data atau kontak yang bisa dihubungi. Oleh karena itu, penting untuk mengumpulkan databse pelanggan. 

Dalam hal ini, Sobat MEA dapat mencari kontak dari berbagai kanal. Misalnya dari grup Facebook, form website hingga media sosial dan iklan digital. 

Maksimalkan pendapatan dari WhatsApp

Sebari siap untuk membantu para seller tingkatkan pendapatan!

5. Bagikan Konten Marketing yang Menarik

WhatsApp Marketing merupakan salah satu strategi dalam digital marketing. Dalam pemasaran digital, pembuatan konten marketing menjadi sebuah hal yang sangat fundamental. Seperti sudah kita tahu, hari ini ada banyak sekali sosial media yang dimanfaatkan untuk pembuatan konten marketing. 

Percaya nggak percaya, strategi hard selling yang cenderung kaku dan menawarkan produk secara langsung sudah dianggap mengganggu. Karena itu, konten marketing jadi jawabannya. Konten marketing bermanfaat untuk melakukan soft selling dengan cara storytelling.

6. Cantumkan Call To Action

Masih banyak pebisnis pemula yang kadang lupa atau bahkan cenderung meremehkan kekuatan call to action. Padahal, call to action ini merupakan hal wajib yang mesti ada saat kita berjualan secara online. 

Artikel Terkait  Cara Membuat Toko Online di WhatsApp dan Promosinya. Langsung Praktek!

Secara singkat, CTA (call to action) merupakan kalimat ajakan kepada audiens untuk membeli atau menggunakan produk yang Sobat MEA tawarkan. Secara tidak langsung, CTA (Call to Action) dapat mempengaruhi pelangan untuk bertransaksi. 

7. Memaksimalkan Fitur-Fitur WhatsApp for Business

Seperti yang sudah disinggung juga bahwa WhatsApp Bisnis memiliki berbagai fitur penting yang bisa Sobat MEA gunakan untuk meningkatkan kinerja bisnismu. Sebagaimana kita pun perlu trik jualan di WhatsApp agar penjualan semakin optimal.

Kira-kira ada 2 fitur penting yang tidak boleh ketinggalan selain WhatsApp Business API dan WhatsApp Blast yang dapat membantumu mengirimkan pesan massal. Kedua fitur tersebut yaitu WhatsApp Story dan Katalog Produk. Karena keduanya bisa bekerja efektif dalam mempengaruhi pelanggan untuk bertransaksi di tokomu. Simak penjelasan berikut ini!

WhatsApp Story

Salah satu fitur WhatsApp yang bisa digunakan untuk berjualan lewat WhatsApp adalah memaksimalkan WA Story. Fitur ini sebenarnya nggak berbeda jauh dengan story Instagram. Story bisa menciptakan interaksi antara Sobat MEA dengan calon pembeli. 

Nah untuk jualan lebih maksimal, berikut ini konten WhatsApp Story yang bisa seller gunakan untuk memasarkan produknya;

  1. Kutipan motivasi
  2. Video atau foto aktivitas di balik bisnis
  3. Membagikan beragam jenis foto produkmu
  4. Akses pembeli untuk klaim promosi produk
  5. Konten infografis
  6. Video singkat.

WhatsApp Katalog

Seperti sudah kita bahas sebelumnya, ada banyak fitur WhatsApp Bisnis yang mendukung aktivitas bisnis. Salah satunya adalah fitur WhatsApp Katalog yang bisa digunakan untuk berjualan online. 

Adapun untuk cara membuat katalog produk di WhatsApp, berikut langkah-langkah yang Sobat MEA perlukan:

  1. Buka akun WhatsApp bisnis.
  2. Pilih menu Setting, dan klik opsi Katalog.
  3. Lalu upload foto dan informasi yang diinginkan seperti judul, harga, kategori, hingga deskripsi produk. 
  4. Jika sudah sesuai, klik Simpan agar dapat dilihat oleh pelanggan.
  5. Selesai!

5 Tips Banjir Orderan di WhatsApp

cara jualan di whatsapp

Dalam pelaksanaan email marketing, Sobat MEA tentunya ingin mendapatkan hasil yang maksimal. Dalam hal ini, diperlukan strategi pemasaran yang efektif untuk mencapai tujuan tersebut. 

1. Buat Katalog yang Rapi

Setelah membuat katalog produk di akun WA bisnis, pastikan Sobat MEA membuatnya dengan rapi. Hal ini tentu akan membuatmu terkesan professional. Dalam hal ini, pastikan Sobat MEA menggunakan gambar yang bagus. Jika perlu, edit gambar dan judul produk semenarik mungkin sebelum diunggah.

2. Bagikan Status yang Memancing Audiens

Saat membuat status WhatsApp, Sobat MEA bisa mempromosikan produk baru, review pelanggan, informasi promo dan lain sebagainya. Nah, Sobat MEA dapat manfaatkan hal ini untuk memancing ketertarikan audiens untuk bertanya. 

Tapi ingat, hindari untuk membuat story yang terlalu banyak dalam waktu singkat. Ini dapat membuat pelangganmu merasa risih karena status spamming. Jadi, gunakan seperlunya saja. 

3. Respon Pelanggan dengan Cepat Tanggap

Pastikan Sobat MEA tidak membiarkan pelanggan menunggu balasanmu dalam waktu yang lama. Maka Sobat MEA perlu menjadi admin yang responsif atau cepat tanggap. Jika tidak, pelanggan akan mencari penjual lain. 

Itulah mengapa Sobat MEA perlu membalas pesan masuk sesegera mungkin. Dengan begitu, pelanggan akan merasa senang dan tertarik untuk membeli produk yang Sobat MEA tawarkan. 

4. Lakukan Follow Up Kepada Pelanggan

Ingat, tidak semua pelanggan berminat untuk melakukan transaksi. Maka Sobat MEA dapat menghubungi mereka kembali di lain waktu menanyakan kabar hingga memberikan promo yang lebih menarik yang dapat membuat mereka membeli produkmu. Tapi pastikan Sobat MEA menggunakan bahasa yang sopan dan benar dalam mengirimkan pesan follow up tersebut. 

Lagipula, kegunaan leads itu adalah sekumpulan kontak pelanggan yang perlu Sobat MEA tindaklanjuti agar pelanggan melakukan tindakan selanjutnya. Jika Sobat MEA tidak pernah memberikan informasi, bagaimana mereka bisa mengenal bisnismu?

Nah itulah 5 cara jualan di whatsApp yang paling mudah. Jangan lupa dalam promosinya, sertakan juga call to action yang dapat menarik minat pelanggan untuk membeli produk. Gimana? Nggak susah kan? Apakah Sobat MEA sekarang tertarik untuk mulai memanfaatkan WhatsApp untuk bisnis online?

You may also like

Leave a Comment