Praktis dan Pasti Cuan, Ini 7 Cara Jualan Online di WhatsApp Agar Omzet Melesat!

by Viki
cara jualan online di whatsapp

Siapa bilang bisnis online itu ribet? Tidak hanya melalui e-commerce dan marketplace, Sobat MEA juga bisa menjalankan bisnis online dengan mudah di WhatsApp. Pas banget, nih, karena dalam artikel ini, kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai cara jualan online di WhatsApp yang mudah dan dapat dilakukan oleh pebisnis pemula sekalipun. Yuk simak!

Ingin Jualan Cepat Laku di WhatsApp?

Yuk, kupas tuntas semua rahasia ala seller berpengalaman saat jualan di WA di komunitas belajar jualan online MEA!

Seiring berjalannya waktu, WhatsApp semakin berkembang dengan beragam fitur menariknya yang bisa membantu Sobat MEA untuk melakukan bisnis online. Salah satunya adalah dengan adanya WhatsApp Business.

Tidak hanya untuk Berkirim pesan saja, dengan aplikasi ini, Sobat MEA bisa membuat akun khusus untuk berjualan sekaligus memantau perkembangan bisnis. Jadi, tidak heran jika banyak pengguna WhatsApp yang memanfaatkan aplikasi ini untuk berjualan online. 

Tidak hanya itu saja, masih banyak hal lainnya yang bisa Sobat MEA lakukan di aplikasi WhatsApp business yang sangat penting untuk diketahui. Yuk, simak sampai habis artikel ini untuk mengetahui cara jualan online laris di WhatsApp yang bikin omzet melesat.

7 Cara Jualan Online di WhatsApp yang Ampuh

cara jualan online di whatsapp

Sebagai pebisnis online, tentunya Sobat MEA ingin mencapai kesuksesan dan kebanjiran orderan, bukan? Mendapatkan banyak pesanan juga membutuhkan banyak promosi secara konsisten. Tapi Sobat MEA nggak perlu khawatir, berikut kami bagikan cara jualan online di WA yang laris beserta penjelasan lengkapnya:

1. Tentukan Target yang Ingin Dicapai (Goals)

Agar cara jualan online di WA bisa berjalan dengan lancar dan laris, langkah pertama yang perlu Sobat MEA lakukan adalah dengan menentukan target yang ingin dicapai. Target ini bisa berupa berapa banyak penjualan yang bisa dilakukan dalam satu hari atau satu minggu, berapa banyak konsumen yang akan di follow-up, hingga produk apa saja yang perlu dipromosikan lebih untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Jangan lupa juga saat Sobat MEA menentukan target, tentukan juga segmen pasar yang ingin dijangkau agar memudahkan Sobat MEA membuat strategi pemasarannya.

2. Kelola Kontak Pelanggan

Cara jualan online di WA yang kedua adalah Sobat MEA perlu mengetahui selera setiap pelanggan. Dengan begitu, Sobat MEA bisa menawarkan produk sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pelanggan.

Seperti misalnya saja Sobat MEA menjual berbagai jenis kotak bekal makanan. Ada pelanggan yang membeli kotak makan untuk bekal diri sendiri, suami, maupun untuk anak. Desain, ukuran, dan fungsi untuk setiap orang tentunya akan berbeda, dong? Jadi Sobat MEA perlu mengkategorikan pelanggan agar lebih mudah untuk mempromosikan produk.

Untuk itu, Sobat MEA perlu mengelola kontak pelanggan dengan baik. Atur kontak pelanggan menjadi beberapa kategori yang jelas dan spesifik. Dengan begitu, Sobat MEA bisa mengetahui kebutuhan setiap pelanggan dan membuat kampanye pemasaran yang tepat.

Selain itu, Sobat MEA juga dapat memilah kontak mana yang potensial untuk ditindaklanjuti dan kontak mana yang tidak perlu. 

3. Buat Konten Menarik Sesuai Tren

Mungkin Sobat MEA bertanya-tanya apakah konten yang sedang ngetren di sosial media lainnya akan berhasil untuk diterapkan saat melakukan cara jualan online di WA? Jawabannya bisa ya dan bisa tidak. Semua tergantung target pasarnya.

Jika target market Sobat MEA adalah audiens yang aktif di berbagai sosial media, maka konten menarik yang mengikuti trend ini bisa bekerja dengan baik. Namun jika audiens Sobat MEA tidak mengikuti trend, justru konten seperti ini hanya akan membingungkan mereka saja. Untuk itu, Sobat MEA perlu memahami audiens dengan baik sehingga tetap bisa membuat konten yang menarik meskipun tidak mengikuti trend yang ada, ya.

Namun jika ingin membuat konten sesuai trend, Sobat MEA  bisa mengikuti tren yang sedang berlangsung untuk ide kontennya. Misalnya, konten transisi, tips and trick, tutorial, dan jenis konten lainnya.

Nah dari konten tersebut, Sobat MEA dapat menarik lebih banyak pelanggan untuk melakukan transaksi. Oleh karena itu, penting untuk membuat konten yang sesuai dengan tren di pasar dan mampu menarik perhatian. 

4. Personalisasikan Pesan Pelanggan

Selanjutnya, Sobat MEA juga dapat mengirimkan pesan yang dipersonalisasi. Apa itu pesan personalisasi?

Jadi, pesan yang dipersonalisasi adalah pesan yang ditujukan khusus kepada satu orang saja. Pesan ini akan bersifat personal alias lebih dekat dengan pelanggan. Dengan begitu, mereka akan merasa lebih nyaman dengan pesan yang diterima karena mereka merasa lebih dihormati. Pastikan Sobat MEA juga membalas pesan dengan cepat tanggap karena setiap pelanggan pasti ingin cepat mendapat informasi yang dibutuhkan.

Artikel Terkait  5 Cara Menghilangkan YouTube Shorts dengan Cepat dan Efektif. Wajib Tahu Nih!~

Nah, untuk mengirimkan pesan kampanye yang dipersonalisasi lebih mudah, Sobat MEA dapat memanfaatkan WhatsApp Blast dengan Sebari by MEA. Sobat MEA juga bisa mengirimkan pesan secara massal ke banyak kontak sekaligus dalam 1x klik. Dengan begitu, promosi menjadi lebih efektif dan peluang untuk menjual produk jadi lebih tinggi.

5. Cantumkan CTA (Call to Action)

Jangan lupa, dalam cara jualan online di WA, Sobat MEA harus membuat pembeli makin “tergerak” untuk melakukan transaksi dengan mencantumkan CTA atau call-to-action

CTA ini menjadi kata ajakan kepada audiens agar mereka melakukan tindakan yang Sobat MEA inginkan, seperti untuk melakukan pembelian, atau mengecek katalog produk, atau mengisikan data diri. Kalimat untuk CTA pun tidak perlu panjang-panjang, cukup yang singkat dan mudah dimengerti oleh audiens.

Contoh CTA bisa seperti “Beli Sekarang!” atau “Promo Terbatas, Jangan Sampai Ketinggalan!”, atau kata-kata serupa lainnya.

6. Menggunakan Nomor yang Berbeda dari WA Pribadi

Ini dia hal yang sering dilupakan dan tidak kalah penting dalam menerapkan cara jualan online di WhatsApp, yaitu hindari menggunakan nomor WA pribadi untuk mempromosikan produk kepada pelanggan.

Pastikan Sobat MEA menggunakan nomor telepon yang berbeda antara WA pribadi dan WA bisnis. Hal ini akan memudahkan Sobat MEA untuk membedakan pesan pelanggan dengan pesan pribadi bersama teman-teman atau keluarga. 

WhatsApp sendiri memiliki aplikasi WhatsApp for Business yang memiliki berbagai fungsi penting untuk memudahkan proses jualan. Sehingga akun bisnis Sobat MEA juga akan terlihat lebih profesional dan terpercaya dengan WhatsApp Business ini. 

Jika Sobat MEA kerepotan menangani permintaan pelanggan yang banyak, Sobat MEA bisa menggunakan tools WhatsApp seperti Sebari by MEA yang mampu mengakses satu akun WhatsApp dengan banyak admin (multi admin) sekaligus.

7. Mendaftar Akun WhatsApp Business

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, WhatsApp memiliki fitur WhatsApp Business yang dirancang untuk memudahkan pebisnis online untuk berjualan di platform WA. Oleh karena itu, sebaiknya Sobat MEA mempertimbangkan untuk mendaftar akun WA bisnis.  

Di sisi lain, WhatsApp Business memiliki fitur WhatsApp Business API yang memiliki fitur lengkap untuk membantu proses transaksi jual beli agar lebih efektif dan efisien.

Lalu, bagaimana cara mendaftar WhatsApp for Business untuk memulai berjualan di platform WhatsApp?

Cara Mendaftar Akun WhatsApp Bisnis

Sebelum menggunakan WA bisnis dan mendaftar akun, pastikan Sobat MEA mengunduh aplikasi WhatsApp for Business terlebih dahulu di Google Play Store atau App Store. Langkah selanjutnya untuk membuat akun bisa Sobat MEA ikuti seperti yang kami jelaskan di bawah ini:

  1. Buka Aplikasi WhatsApp Business yang sudah diunduh pada perangkat.
  2. Lalu klik tombol Setuju dan Lanjutkan setelah menerima ketentuan layanan WhatsApp Business.
  3. Daftarkan nomor baru untuk WhatsApp Business dengan memilih kode negara, lalu masukkan nomor HP tersebut.
  4. Selanjutnya, klik tombol Selesai atau Lanjut, lalu klik tombol Oke menerima kode verifikasi 6 digit melalui SMS atau panggilan telepon. 
  5. Masukkan kode verifikasi yang masuk ke kolom yang tersedia.
  6. Jika sudah, buka profil akun dan tuliskan nama bisnis, pilih kategori bisnis, dan pilih foto profil yang diinginkan.
  7. Setelah itu, klik Jelajahi > Profil Bisnis untuk menambahkan informasi bisnis seperti alamat, deskripsi, jam kerja, katalog produk, dll. 
  8. Selesai! Aplikasi WhatsApp for Business sudah bisa digunakan untuk mengirimkan pesan promosi kepada pelanggan. 

Nah, itu dia cara jualan online laris di WhatsApp yang ampuh bikin omzet melesat. Dengan teknik WA Marketing yang tepat, tentunya efektif untuk membantu Sobat MEA dalam mengembangkan bisnis serta menaikkan omzet penjualan. Bagaimana? Mudah, bukan?

Tapi setelah ini, jangan sampai berhenti belajar seputar bisnis untuk meningkatkan penjualan, ya Sobat MEA. Sebab itulah salah satu kunci bisnis yang sukses. Untuk cara jualan online laris di WhatsApp sendiri masih banyak strategi lainnya, nih, yang mudah untuk dilakukan. Mau tau? Yuk join kelas “List Building For WA Marketing” sekarang!

You may also like

Leave a Comment