3 Cara Jualan Produk Makanan di TikTok Shop yang Aman

by Viki
cara jualan produk makanan di tiktok shop

Sobat MEA tentu menyadari bahwa TikTok telah menjadi alat yang sangat efektif dalam mempromosikan dan menjual produk. Memiliki basis pengguna yang besar, TikTok menjadi pusat perhatian bagi banyak bisnis, termasuk bisnis makanan. Tapi sudah tahu cara jualan produk makanan di TikTok Shop yang aman?

Ini penting agar Sobat MEA dapat memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan penjualan makanan dengan mudah. Mengingat TikTok memiliki kebijakan khusus terkait produk jualan, pastikan Sobat MEA memahami secara detail cara jualan produk makanan di TikTok Shop. Yuk, simak selengkapnya di artikel ini!

Table of Contents

Apakah Bisa Jualan Makanan di TikTok Shop?

Mau raup lebih banyak cuan dari TikTok?
Saatnya bangun kolaborasi yang potensial bareng partner profesional dari MCN TikTok MEA!

Seperti yang kita ketahui, TikTok Shop telah lama eksis menjadi platform social commerce yang menyediakan berbagai kemudahan bagi setiap pengguna yang ingin berbisnis. Melalui TikTok Shop, pengguna bisa menjual produk apa pun secara luas. 

Bahkan Sobat MEA sebenarnya bisa menjual produk makanan dan minuman di TikTok Shop. Hal ini terlihat dari banyaknya jenis makanan yang dijual di platform TikTok, seperti basreng, kerupuk, cokelat, frozen food, dan masih banyak lagi. 

Tapi terkadang video promosi makanan atau produk makanan yang di-upload bisa kena take down bahkan akun di banned. Maka artinya Sobat MEA perlu melakukan cara jualan produk makanan di TikTok Shop khusus untuk bisnis tetap aman dan cuan. Memangnya bisa? Apa saja yang harus di lakukan?

Cara Jualan Makanan di TikTok Shop

Mau tahu cara jualan di sosial media yang baik dan benar?
Yuk diskusi bareng seller sosial media berpengalaman di Komunitas Seller Sosmed MEA sekarang juga!

Artinya ada berbagai produk yang dibolehkan dan dilarang untuk dijual di platform TikTok. Sobat MEA perlu memahaminya untuk menghindari poin pelanggaran TikTok yang berlaku.

Tapi ada beberapa produk yang masih diperbolehkan untuk dijual, hanya saja ada syarat tertentu yang harus dipenuhi agar video tidak di take down atau bahkan akun di banned. Salah satunya makanan dan minuman. Jadi, jika Sobat MEA memiliki produk makanan, berikut langkah-langkah tentang cara jualan produk makanan di TikTok Shop yang aman:

1. Memiliki Sertifikasi yang Jelas

Sebagai pebisnis, penting untuk memiliki surat ijin yang jelas dan terdaftar. Terutama untuk produk makanan dan kesehatan. Ini penting untuk keberlangsungan bisnis. Sertifikasi juga bisa menjadi bukti bahwa bisnis dan produkmu layak untuk dijual. Pastikan Sobat MEA mendaftarkan sertifikasi dengan identitas resmi yang sesuai dengan identitas pribadi

Khusus untuk produk makanan, Sobat MEA perlu memiliki surat ijin edar PIRT (Produksi Industri Rumah Tangga), Ini merupakan sertifikasi perizinan khusus bagi industri yang memproduksi makanan dan minuman dengan skala rumahan. Pastikan juga telah memiliki sertifikasi halal sebagai bukti bahwa produkmu bisa dinikmati oleh semua kalangan.

2. Informasikan Masa Simpan

Selanjutnya, Sobat MEA perlu memberikan informasi umur simpan dengan jelas seperti masa penyimpanan, tanggal produksi, hingga tanggal kadaluarsa. Pasalnya produk makanan dan minuman pasti ada batasnya, tidak selamanya bisa dikonsumsi. Hal ini dikarenakan TikTok pun ingin Seller memberikan informasi sejelas mungkin kepada pembeli.

3. Gunakan Kemasan yang Aman dan Food Grade

Tapi khusus bagi makanan berjenis frozen food, buah-buahan, dan sayuran, Sobat MEA perlu mendaftarkan diri sebagai SOF (Seller on Fleet) di platform TikTok. Ini penting agar Sobat MEA bisa mengurus jasa kurir yang cocok untuk pengiriman makanan tertentu seperti Paxel, Ojol, Instant, dan lain-lain. Hanya saja, untuk mendaftarkannya, pastikan Sobat MEA telah menerima undangan dari AM (Account Manager) untuk memproses SOF tersebut.

Sekian informasi tentang cara jualan makanan di TikTok Shop. Dengan langkah-langkah tersebut, Sobat MEA sebagai produsen makanan rumahan bisa turut meraup keuntungan dari TikTok dengan mudah. Tidak perlu khawatir lagi jika Sobat MEA tidak memiliki toko fisik sekalipun. Untuk itu, selamat mencoba!

You may also like

Leave a Comment