Tugas dan Cara Kerja Admin Online Shop. Ternyata Sepenting itu Loh!~

by fiqhi
cara jualan di shopee tanpa rugi

Bisnis online kian menjamur dan populer di kalangan masyarakat. Kendati demikian, masih banyak yang belum tahu kalau menjalankan bisnis online perlu perhatian yang ekstra. Mulai dari manajemen stok, pengiriman produk, dan layanan pelanggan. Saat merintis bisnis, Sobat MEA selaku pemilik bisnis pasti akan berperan menjadi admin online shop. Karena itu, Sobat MEA harus mengerti cara kerja admin online shop yang baik dan benar.

Meskipun sering dianggap enteng, namun admin olshop merupakan salah satu elemen penting dalam bisnis online. Tugas admin online shop ini bisa mempengaruhi penjualan. Misalnya, admin online shop ini bertanggung jawab untuk mengelola stok produk, memproses pesanan, sampai memberi pelayanan yang optimal.

Table of Contents

Apa itu Admin Online Shop?

Mau belajar bisnis di marketplace dari seller berpengalaman?
Yuk gabung grup diskusi seller marketplace GRATIS

Admin online adalah seseorang atau tim yang bertanggung jawab atas pengelolaan toko online. Jadi kalau Sobat MEA berperan sebagai admin online shop, maka Sobat MEA akan mengatur toko mulai dari manajemen stok produk sampai pelayanan pelanggan. Seperti sudah dibahas sebelumnya, jodesk admin online shop adalah untuk menjaga kelancaran sebuah bisnis online.

Percaya atau tidak, tanpa adanya admin olshop yang handal, bisnis online mungkin akan kesulitan untuk berkembang. Toko akan sulit memenuhi kebutuhan dan menjaga kualitas layanan pembeli maupun calon pembeli.

Atas alasan ini, Sobat MEA yang punya bisnis online, perlu untuk mengetahui cara kerja admin online shop yang tepat untuk meningkatkan kesuksesan bisnis online.

Tugas dan Cara Kerja Admin Online Shop

Mau tahu rahasia toko online bisa closingan terus?
Saatnya ikut pelatihan customer service di Kelas Komunitas MEA!

Setelah mengetahui apa itu admin online Shop, Sobat MEA pastinya harus mengetahui tugas sampai cara kerja admin online shop itu sendiri. Hal ini penting agar Sobat MEA juga bisa menjadi admin yang baik saat masih merintis toko online. Nah daripada berlama-lama lagi, yuk langsung aja simak tugas dan cara kerja admin online shop di bawah ini. Check this out~

1. Bertanggung Jawab Pada Stok Produk

cara kerja admin online shop

2. Memproses Pesanan Masuk

Selain mengelola stok produk, tugas admin online adalah memproses pesanan yang masuk. Singkatnya, tugas admin olshop adalah harus memastikan kalau pesanan sudah masuk dan dibayar. Setelah itu, admin harus memastikan alamat pembeli sudah sesuai. Pada dasarnya, cara kerja admin online shop adalah bertanggung jawab pada nomor resi dan pemantauan status pengiriman.

3. Mengatur dan Memilih Jasa Pengiriman Terbaik

Mau punya tools yang efektifkan kerja admin?
Pakai aja Shopeasytools!

Bicara soal pengiriman, admin online shop ini secara penuh mengatur dan memilih jasa pengiriman terbaik. Cara jadi admin online shop yang baik adalah Sobat MEA harus bisa menentukan ongkos kirim yang tepat dan mengatur pengiriman dengan aman nan efisien. Jika ada masalah dengan pengiriman, admin online shop harus mengatasi masalah dan memberikan solusi yang tepat kepada masalah tersebut.

4. Menjawab Pertanyaan Sampai Komplain Pembeli

Tidak hanya itu, tugas admin olshop lainnya adalah harus bisa menjawab pertanyaan dan keluhan. Hal ini termasuk menjawab chat sampai email yang masuk. Dalam hal ini, admin online shop harus punya kemampuan komunikasi yang baik dan mampu memberikan solusi yang memuaskan bagi pelanggan. Karena itu, penting bagi Sobat MEA untuk mencari admin online shop yang pernah mengikuti pelatihan customer service.

5. Memahami Dasar Digital Marketing dan E-commerce

Nah itulah beberapa tugas dan juga cara kerja admin online Shop dari awal sampai akhir. Semoga saja artikel ini membantu Sobat MEA yang sedang mencari jasa admin maupun yang sedang belajar menjadi admin online shop yang lebih mahir. Selamat mencoba!

You may also like

Leave a Comment