7 Cara Kerja Tokopedia Affiliate. Pahami Sebelum Memulai!

by Viki
cara kerja tokopedia affiliate

Sobat MEA tentu menyadari bahwa mencari uang secara online tengah digemari oleh para pengguna Internet. Salah satu bisnis yang sedang digemari yaitu Affiliate Marketing. Banyak platform yang mengadakan program afiliasi, contohnya seperti Tokopedia Affiliate. Lantas bagaimana cara kerja Tokopedia Affiliate?

Table of Contents

Apa itu Tokopedia Affiliate?

Penting untuk bisa jualan di Sosmed
Yuk diskusi bareng seller sosial media berpengalaman di Komunitas Affiliator MEA sekarang juga!

Tokopedia Affiliate adalah program yang memungkinkanmu untuk mempromosikan produk dagangan di Tokopedia dengan cara membagikan link produk yang di-generate melalui platform Tokopedia Affiliate. Sobat MEA bisa membagikan link tersebut melalui berbagai media sosial seperti Youtube, Facebook, Instagram, Twitter, TikTok, website, dan situs publik lainnya.

Hanya saja, Tokopedia juga memiliki syarat dan ketentuan tertentu. Pastikan Sobat MEA memahami cara kerjanya sebelum menjalankan bisnis Tokopedia Affiliate. Tertarik untuk mencoba bisnis ini? Simak penjelasan lebih lanjut di bawah ini!

Cara Kerja Tokopedia Affiliate

Jalankan afiliasi lebih mudah cuan bareng MCN MEA!
Karena ada banyak pebisnis yang siap collab dan mentor expert yang siap bimbing dari 0 sampai cuan~

Tokopedia sendiri menyediakan fitur yang memudahkanmu untuk membagikan link afiliasi. Sobat MEA bisa membuat konten promosi yang semenarik mungkin untuk memperluas jangkauanmu dan mendorong mereka untuk bertransaksi melalui tautanmu. Ada pun cara kerja Tokopedia Affiliate yang perlu diketahui sebelum menjalankannya, berikut langkah-langkah yang diperlukan:

1. Mendaftarkan Diri

2. Pilih Produk atau Toko

Selanjutnya, Sobat MEA perlu mencari produk atau toko yang akan dipromosikan. Sobat MEA bisa memilih berdasarkan kategori produk Tokopedia, penjual terbaik, atau produk yang trending. 

3. Generate Link Affiliate

Setelah memilih produk atau toko, Sobat MEA perlu membuat link khusus (affiliate link) melalui platform Tokopedia Affiliate. Link ini yang akan digunakan untuk melacak penjualan dari promosimu. 

4. Promosikan Link Affiliate

Setelah itu, silakan bagikan link affiliate yang telah dibuat ke berbagai media sosial seperti Youtube, Facebook, Instagram, Twitter, TikTok, website bisnis, dan lain sebagainya. 

Pastikan Sobat MEA membuat konten promosi yang menarik agar para audiens tertarik untuk mengeklik hingga membeli produk melalui tautan afiliasi milikmu. 

5. Lacak Penjualan

Perlu diketahui, setiap penjualan yang terjadi melalui link Affiliate akan terlacak. ini penting untuk menghitung komisi yang didapatkan berdasarkan kategori produk yang terjual. 

6. Menerima Komisi

Sobat MEA akan menerima besaran komisi affiliate tokopedia yang bervariasi sesuai kategori produk yang terjual. Komisi tersebut akan dikirimkan setelah transaksi pembelian produk selesai dan produk telah diterima oleh pembeli.

Tapi hal ini biasanya akan memakan waktu maksimal dua hari setelah produk dikirim atau setelah pembeli menekan tombol “Produk Diterima”.

7. Menarik Komisi

Jika sudah terkumpul cukup banyak, Sobat MEA dapat menarik komisi ke rekening bank atau metode pembayaran lain yang tersedia.

Sekian penjelasan tentang cara keja Tokopedia Affiliate yang perlu diketahui untuk memulai bisnis afiliasi dari Tokopedia. Dengan memahami mekanismenya, Sobat MEA dapat meningkatkan peluang untuk menghasilkan komisi yang signifikan dengan mudah dan sederhana. Selamat mencoba!

You may also like

Leave a Comment