Cara Live di Shopee Bagi Pemula dan Tips Biar Rame Penonton dan Pembeli!

by Husna Rahman
cara agar Live Shopee banyak penonton

Marketplace Shopee semakin berkembang dan berinovasi yang membuat para seller maupun affiliate lebih mudah menjual dan produknya. Salah satu fitur keren yang ada di Shopee adalah Shopee Live. Bagi seller pemula, mengetahui bagaimana cara live di Shopee bagi pemula adalah suatu kewajiban. Selain itu, Sobat MEA juga harus mengetahui tips dan trik bagaimana agar live Shopee lebih ramai penonton dan pembeli.

Bukan hanya untuk pemula cara live di Shopee tentu sangat penting kamu ketahui oleh semua seller maupun mereka para content creator yang mengikuti program Shopee Affiliate. Pasalnya, melakukan live streaming Shopee berpotensi menaikan penjualan toko dan meningkatkan persenan komisi Shopee Affiliate. Nggak perlu khawatir, dalam artikel ini kita akan membahas secara lengkap bagaimana cara live di Shopee untuk pemula sekaligus tips dan trik agar siaran mendapatkan banyak penonton.

Table of Contents

8 Manfaat Shopee Live bagi Seller dan Shopee Affiliate

Mau dapat komisi Shopee Affiliate up to 30% per produk?
Yuk langsung aja gabung di MCN Shopee MEA sekarang juga!

Berjualan di Shopee bukan hanya soal upload produk dan menunggu ada orang yang lihat kemudian membeli. Lebih jauh lagi, Sobat MEA wajib menggunakan beragam strategi untuk memaksimalkan penjualan. 

Salah satu strategi yang bisa digunakan adalah memanfaatkan konten Shopee Video dan juga Shopee Live. Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari penggunaan fitur ini. Nah berikut ini ada 8 manfaat melakukan Shopee Live bagi seorang seller dan content creator Shopee Affiliate. Langsung simak aja di bawah ini!

  1. Calon pembeli bisa berkomunikasi dan berinteraksi secara langsung serta bertanya detail mengenai produk yang Sobat MEA jual.
  2. Penjual dan pembeli bisa menampilkan dan melihat spesifikasi produk yang dijual dengan detail secara real time saat siaran langsung
  3. Penonton live streaming yang memang berminat membeli produk bisa melakukan request size, warna, menambah varian sampai inovasi atau ide baru untuk toko.
  4. Calon pembeli bisa melakukan checkout produk secara langsung di Shopee Live tanpa harus keluar dar live streaming.
  5. Sebagai seller, Sobat MEA bisa tahu kendala yang terjadi dari para konsumen.
  6. Fitur Shopee Live ini bisa bermanfaat untuk menarik dan menambah followers toko Shopee.
  7. Live Shopee untuk mengoptimalkan exposure dan branding toko.
  8.  Affiliate yang berhasil menjual produk lewat Shopee Live bisa mendapatkan komisi Shopee Affiliate lebih besar dari biasanya.
Artikel Terkait  5 Cara Meningkatkan Traffic Shopee Affiliate Agar Lebih Cuan

2 Cara Jualan di Live Shopee

Yuk saatnya tahu rahasia sukses berjualan di Shopee
Gabung ke Komunitas Seller Marketplace MEA sekarang juga. GRATIS!

Perlu kita ketahui bahwa fitur Shopee Live telah banyak seller dan affiliate Shopee gunakan. Biasanya, saat seorang seller Shopee melakukan live streaming, mereka menjual barangnya secara langsung pada para pembeli yang menonton. Ada 2 cara yang bisa dilakukan untuk live di Shopee. Berikut ini 2 cara mudahnya:

1. Cara Buat Shopee Live di HP

  • Buka aplikasi Shopee, dan login menggunakan akun toko Sobat MEA.
  • Selanjutnya klik menu Saya.
  • Klik Mulai Live Streaming yang ada di bagian kanan bawah bagian Saya atau tap ikon Shopee Live yang ada di halaman utama.
  • Jika sudah, Sobat MEA bisa menambahkan data yang Shopee minta untuk mulai live streaming.
  •  Sobat MEA bisa isi rincian sesi live streaming. Masukkan judul deskripsi produk, fotom tanggal atau waktu mulai dan jangan lupa juga tambahkan produk yang akan Sobat MEA tampilkan dan jual.
  • Setelah mengisi semua data, Sobat MEA sudah bisa melakukan live streaming Shopee untuk mulai menjual produk
  • Selesai. Kini Sobat MEA sudah melakukan siaran langsung dan followers Shopee Sobat MEA akan mendapatkan notifikasi.

2. Cara Buat Shopee Live di PC/Laptop

  • Peratama buka situs web resmi Shopee Seller Centre.
  • Berikutnya login ke akun Shopee Sobat MEA.
  • Lalu  klik Shopee Live yang ada di menu kiri.
  • Jika sudah masuk ke menu Shopee Live, pilih tombol Mulai Live
  • Selanjutnya isi rincian sesi streaming mulai dari judul, deskripsi, tanggal atau waktu mulai.
  • Perlu dicatat, saat live streaming, Sobat MEA bisa memilih maksimal 500 produk dari daftar Toko Saya atau daftar Favorit Saya untuk ditambilkan dalam sesi live streaming.
Artikel Terkait  Begini 2 Cara Jadi Seller Shopee. Tutorial Bikin Toko Lengkap Dari 0!

4 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mulai Shopee Live

cara live di shopee bagi pemula

Melansir laman resmi Shopee, ada beberapa hal wajib yang harus seller atau affiliate perhatikan sebelum akhirnya memulai sesi live streaming. Nah berikut ini adalah 4 hal penting yang dimaksud:

1. Perhatikan Alur Konten Live

Siaran langsung yang baik adalah siaran langsung yang terkonsep. Shopee sendiri merekomendasikan bagi para penjual atau affiliate untuk menyiapkan alur konten sebaik mungkin sebelum mulai live. Sobat MEA juga wajib mempersiapkan host live streaming yang profesional dan juga durasi berlangsungnya live streaming.

2. Cek Produk yang Akan Dipromosikan

Sobat MEA wajib untuk mengatur diskon pada setiap produk yang nantinya akan ditampilkan pada sesi siaran langsung. Tambahkan setidaknya 1 produk untuk ditampilkan sebelum sesi live berlangsung agar Sobat MEA bisa menambah produk lain saat sesi live berlangsung. Sobat MEA maksimal bisa menambahkan 500 produk.

3. Persiapkan Alat Live Streaming dengan Maksimal

Hari ini kualitas live streaming mesti diperhatikan dengan baik. Pasalnya, nggak ada orang yang meu menonton sebuah live yang punya kualitas visual buruk. Karenanya, Sobat MEA wajib untuk mempersiapkan alat live dengan maksimal sebelum mulai live streaming. Beberapa perlatan yang harus dipersiapkan antara lain background ruangan, ring light, microphone, tripod, kamera atau HP.

4. Persiapkan Giveaway Serta Promosi Lain

Penonton selalu senang dengan giveaway atau promosi. Karena itu, Sobat MEA wajib untuk menyiapkan daftar giveaway dan jumlah voucher serta hadiah gratis yang akan dibagikan. Sobat MEA bisa mempromosikan live streaming dengan lebih mudah jika memang tersedia giveaway dan promosi.

Tips Shopee Live Untuk Pemula

Karena ada banyak hal yang harus Sobat MEA perhatikan, berikut ini adalah beberapa tips saat melakukan Shopee Live ala Komunitas MEA. Sobat MEA bisa banget untuk menerapkan tips-tips di bawah ini!

  • Sebelum memulai live, persiapkan sesi live streaming dengan maksimal. Gunakan smartphone yang punya kualitas kamera terbaik, koneksi internet yang stabil, tripod agar stabil dan gunakan ruangan dan pencahayaan yang baik.
  • Pilih waktu live streaming yang baik. Lakukan test terlebih dahulu dan analisa. Jika sudah menemukan, lakukan siaran langsung pada waktu dimana calon pembeli aktif di Shopee.
  • Jangan lupa untuk promosikan sesi live streaming Sobat MEA. Share jadwal siaran di media sosial dan juga di halaman toko menggunakan deskripsi toko atau banner toko.
  • Siapkan produk andalan, menarik dan berkualitas yang sesuai dengan minat calon pembeli sebelum mulai mempromosikan produk
  • Berikan informasi yang jelas. Jelaskan secara detail mengenai produk yang Sobat MEA tawarkan saatnya
  • Lakukan interaksi dengan penonton. Jangan pelit untuk menjawab komentar dan pertanyaan dari penonton.
  • Manfaatkan berbagai fitur Shopee Live yang ada. Mulai dari Filter, membagikan Bonus Koin, Fitur Tanya Penjual, Fitur Lelang dan Penawaran Eksklusif Harga Spesial Live.

Nah itu dia 2 cara live di Shopee untuk pemula serta tips agar live banyak menghasilkan penjualan. Semoga saja artikel ini bisa membantu Sobat MEA selaku seller maupun Shopee Affiliate agar berjualan lebih laris. Salam satu juta pembeli!

You may also like

Leave a Comment