3 Cara Melacak Akun FB Palsu Lewat HP dengan Cepat. Gini Loh Caranya!

by Fanny
cara melacak akun FB palsu lewat HP

Saat ini, ada banyak akun Facebook palsu yang bertebaran. Akun-akun ini biasanya menyamar menjadi orang lain dan melakukan penipuan. Tentunya hal ini akan merugikan Sobat MEA jika pemilik akun mengaku sebagai Sobat MEA dan melakukan penipuan atas nama Sobat MEA. Karena itu, penting rasanya Sobat MEA mengetahui cara melacak akun FB palsu yang tidak bertanggung jawab ini.

Untuk melindungi Sobat MEA dari segala kemungkinan buruk, kami akan membagikan ciri-ciri akun palsu dan cara melacak akun FB palsu lewat HP yang bisa Sobat MEA lakukan dengan mudah dan cepat. Daripada berlama-lama lagi, yuk langsung aja simak pembahasan selengkapnya di bawah ini

4 Ciri Akun Facebook Palsu

Mau bisa lancar jualan di Facebook?

Yuk langsung aja gabung di Komunitas Seller Sosmed MEA dan diskusi bersama pelaku langsung!

Sebelum mengetahui cara melacak akun FB palsu lewat HP, Sobat MEA perlu mengetahui terlebih dahulu ciri-ciri dari akun Facebook palsu. Hal ini perlu dilakukan karena tidak sedikit akun Facebook palsu yang tampak meyakinkan. Bahkan foto, jumlah pengikut, dan identitasnya terlihat seperti akun asli. Ini dia beberapa ciri-ciri akun Facebook palsu yang dapat Sobat MEA ketahui dengan mudah.

1. Foto Profil

Banyak pengguna Facebook yang menggunakan foto asli mereka agar mudah untuk dikenali orang lain. Sedangkan akun Facebook palsu biasanya menggunakan foto yang didapatkan dari Google. Bahkan tidak sedikit akun palsu yang membiarkan foto profilnya kosong.

2. Beranda Facebook

Pemilik akun palsu biasanya tidak akan repot-repot membuat postingan karena tujuannya untuk melakukan hal-hal yang tidak bertanggung jawab dan bukan mencari teman online. Jadi biasanya berandanya kosong. Kalaupun ada unggahan, biasanya unggahannya tidak mendapatkan respon berupa like atau komen dari teman atau pengguna lainnya, sebagaimana respon yang didapatkan oleh akun asli.

3. Foto yang Diunggah dan Aktivitasnya

Gak perlu takut boncos buat ngiklan

Kalau pakai Jasa Facebook Ads yang dikelola oleh tim berpengalaman!

Cara melacak akun FB palsu lewat HP juga bisa Sobat MEA lakukan dengan cara melihat foto yang diunggah pada akun tersebut. Seperti yang kita ketahui, Facebook membuat Sobat MEA bisa mengunggah berbagai macam konten mulai dari tulisan, foto, video, dan unggahan lainnya. Ketika mengunggah ini, Sobat MEA juga bisa menandai teman yang akan muncul juga di beranda mereka.

Nah biasanya pemilik akun Facebook palsu tidak memiliki unggahan berupa foto dan tidak ada aktivitas atau interaksi dengan pemilik akun lainnya. Hal ini karena akun tersebut dibuat bukan untuk menjalin interaksi online dengan pengguna lainnya.

4. Waktu Pembuatan Akun

Cara selanjutnya untuk mengetahui apakah akun Facebook merupakan akun asi atau palsu adalah dengan melihat waktu pembuatan akunnya. Akun Facebook asli biasanya berumur atau sudah dibuat cukup lama karena tujuannya adalah untuk menjalin komunikasi dengan sebanyak mungkin pengguna.

Sedangkan akun palsu biasanya masih berumur pendek, yaitu mungkin hanya aktif dalam beberapa bulan terakhir. Sobat MEA bisa mengetahui hal ini dengan membuka profil akun yang dibawahnya juga dilengkapi keterangan kapan pengguna tersebut bergabung dengan Facebook.

3 Cara Melacak Akun FB Palsu Lewat HP

Yuk belajar ngiklan dari awal

Dengan gabung ke Kelas FB & IG Ads di sini sekarang!

1. Melalui Chat dan Lokasi

Cara melacak akun FB palsu lewat HP yang pertama adalah melalui chat Facebook di mana Sobat MEA bisa mengetahui lokasi pemilik akun. Cara ini bisa dilakukan menggunakan Android maupun iPhone. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka profil akun Facebook yang Sobat MEA curigai sebagai akun palsu.
  • Kirimkan pesan ke akun tersebut.
  • Klik empat titik berwarna biru di sebelah kiri bawah.
  • Izinkan akses lokasi untuk berbagi dengan teman Sobat MEA.
  • Kemudian, klik Mulai Berbagi Lokasi Langsung.
  • Lokasi akan dikirim ke pengguna yang memulai percakapan dengan Sobat MEA.
  • Kemungkinan pemilik akun palsu akan membalas dengan mengirimkan lokasi mereka. Dengan begitu, Sobat MEA berhasil melakukan cara melacak akun FB palsu lewat HP.

2. Dengan Cek IP

cara melacak akun fb palsu

Cara melacak akun FB palsu lewat HP selanjutnya adalah dengan mengecek IP yang bisa Sobat MEA lakukan dengan cara di bawah ini:

  • Kunjungi website Facebook IP Address Finder.
  • Masukan username Facebook yang ingin Sobat MEA lacak.
  • Lalu klik Trace.
  • Tunggu proses hingga selesai kemudian website akan menampilkan alamat IP akun tersebut.
  • Masukan alamat IP ke kolom yang tersedia untuk mengetahui pemilik akun Facebook palsu.

3. Menggunakan Aplikasi Ketiga

Jika kedua cara di atas belum bisa membantu Sobat MEA untuk melakukan cara melacak akun FB palsu lewat HP, maka Sobat MEA bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk membantu proses pelacakan. 

Cukup unduh aplikasi yang dibutuhkan, lalu masukkan salin dan tempelkan profil akun ke aplikasi tersebut, kemudian Sobat MEA bisa mendapatkan data yang dibutuhkan.

You may also like

Leave a Comment