Cara Melihat Faktur di TikTok Shop dengan 4 Langkah Mudah!

by Fanny
cara melihat faktur di TikTok Shop

TikTok Shop yang bisa Sobat MEA akses melalui aplikasi TikTok menyediakan berbagai fitur yang bisa Sobat MEA manfaatkan untuk memantau performa konten dan penjualan produk. Salah satunya adalah Business Center dengan fitur tambahan untuk membantu Sobat MEA menjalankan bisnis di TikTok Shop.

Melalui Business Center, Sobat MEA bisa melakukan cara melihat faktur di TikTok Shop untuk mengetahui invoice yang masuk dan keluar terkait penjualan produk. Lalu, bagaimana cara menggunakannya? Semua akan kami bahas selengkapnya di sini. Let’s check this out!

Table of Contents

Apa itu Business Center TikTok?

Mau Tingkatin Penjualan di TikTok Shop?
Yuk gabung ke komunitas dan belajar langsung dari ahlinya. Gratis!

Sebelum membahas bagaimana cara melihat faktur di TikTok Shop, Sobat MEA perlu mengetahui terlebih dahulu apa itu Business Center dan apa perannya untuk membantu penjualan di TikTok. Business Center adalah hub bisnis yang bisa membantu Sobat MEA untuk melakukan aktivitas marketing hingga berkolaborasi dengan kreator untuk menjangkau audiens yang lebih luas. Business Center adalah platform yang bisa digunakan untuk mengelola tim dengan baik, sehingga proses pemasaran semakin aman dan efisien.

Berikut adalah beberapa keuntungan dari menggunakan Business Center TikTok untuk pengelolaan TikTok Shop:

  • Membuka beberapa akun iklan dari satu platform. Sobat MEA bisa mengakses semua akun iklan yang terkelola dengan login menggunakan satu akun saja. Sehingga Sobat MEA tidak perlu melakukan login ulang untuk melihat performa iklan pada akun lainnya.
  • Mengelola izin akses dan aset. Platform ini juga menjamin keamanan karena izin utama untuk mengaksesnya dikontrol oleh administrator. Jadi Sobat MEA bisa mengetahui siapa yang memiliki akses pada akun iklan dan siapa yang bisa menetapkan, mengubah, hingga menghapus peran dan izin jika ada perubahan tim.
  • Kolaborasi yang transparan. Sobat MEA bisa melihat siapa saja yang memiliki akses untuk mengedit atau melakukan perubahan pada akun iklan.
  • Informasi lengkap. Business Center juga menyediakan data berupa insight dan performa akun dan konten secara lengkap yang bisa Sobat MEA manfaatkan untuk menyusun strategi pemasaran berikutnya.
Artikel Terkait  SEO TikTok: Ini Pengertian, Manfaat, Hingga Faktor yang Mempengaruhinya

Syarat Menggunakan Business Center

Konten TikTok Susah Masuk FYP?
Pakai Jasa Konten TikTok aja yang dibuat oleh tim dan talent berpengalaman biar konten kamu makin ramai dan masuk FYP. Klik di sini!

Perlu diingat bahwa Sobat MEA bisa melakukan cara melihat faktur di TikTok Shop melalui Business Center jika akun sudah terkelola dan Sobat MEA menggunakan metode Invoice Bulanan dan Pembayaran Otomatis. Jadi, Business Center tidak dapat digunakan pada akun yang masih menggunakan metode self-serve atau Pembayaran Manual. Untuk mengatasi hal ini, Sobat MEA harus menghubungi pihak TikTok apakah akun Sobat MEA sudah memenuhi syarat untuk beralih ke metode invoice Bulanan.

Pembayaran Otomatis TikTok adalah metode pembayaran yang akan ditagihkan jika transaksi iklan sudah mencapai tanggal penagihan yang sudah ditetapkan atau sudah melampaui jumlah batas penagihan. Pembayaran ini bisa Sobat MEA lakukan dengan menggunakan kartu kredit, kartu debet, atau metode lainnya yang akan terus dikembangkan oleh TikTok. Jadi nantinya saldo Sobat MEA akan terpotong secara otomatis jika tagihan sudah jatuh tempo.

Sebelum beralih ke metode Pembayaran Otomatis untuk bisa melakukan cara melihat faktur di TikTok Shop, perlu diingat bahwa Sobat MEA tidak mengubahnya kembali ke metode Pembayaran Manual. Berikut adalah perubahan metode pembayaran yang bisa dilakukan:

  • Dari Pembayaran Manual ke Pembayaran Otomatis.
  • Dari Pembayaran Manual ke Invoice Bulanana.
  • Dari Pembayaran Otomatis ke Invoice Bulanan.

Cara Melihat Faktur di TikTok Shop

cara melihat faktur di TikTok Shop

Setelah mengetahui apa itu Business Center dan syarat untuk menggunakannya, sekarang kami akan membagikan bagaimana cara melihat faktur di TikTok Shop yang bisa Sobat MEA lakukan dengan 4 langkah mudah di bawah ini:

  1. Masuk ke Business Center menggunakan akun Sobat MEA.
  2. Klik menu Finance atau Keuangan.
  3. Lanjutkan dengan klik Billing atau Penagihan.
  4. Halaman akan menampilkan semua tagihan yang ada. Sobat MEA bisa memfilternya berdasarkan Nomor Invoice, Nama Organisasi yang Ditagih, atau ID Grup Penagihan. Sobat MEA juga bisa memfilter berdasarkan Tanggal dan Status Pembayaran.

Jika Sobat MEA tidak bisa melakukan cara melihat faktur di TikTok Shop, kemungkinan karena akun Sobat MEA belum dilengkapi dengan fitur Keuangan. Untuk mengatasi hal ini, Sobat MEA bisa menghubungi admin Business Center dan meminta untuk menambahkan menu ini di akun Sobat MEA.

Cara Mengunduh Faktur di TikTok Shop

cara melihat faktur di TikTok Shop

Selain melakukan cara melihat faktur di TikTok Shop, Sobat MEA juga bisa mengunduh invoice ini dengan mudah, loh. Berikut langkah-langkahnya:

  • Masuk ke akun Business Center.
  • Klik menu Finance kemudian lanjutkan dengan klik Billing.
  • Di halaman penagihan, pilih invoice mana yang ingin Sobat MEA lihat dan unduh.
  • Klik Download di bagian atas pada sebelah tulisan Invoice details.
  • Invoice akan tersimpan secara otomatis pada perangkat Sobat MEA.

Sekian pembahasan lengkap tentang Business Center dan bagaimana cara melihat faktur di TikTok Shop yang bisa Sobat MEA lakukan dengan 5 langkah mudah. Semoga ulasan ini bermanfaat dan selamat mencoba!

You may also like

Leave a Comment