3 Kelebihan, Kekurangan, Serta Cara Melihat Foto Sekali Lihat di WA

by Fanny
cara melihat foto sekali lihat di WA

WhatsApp adalah salah satu aplikasi yang mengutamakan keamanan dan kenyamanan penggunanya. Salah satu fitur terbaru untuk menjaga keamanan privasi Sobat MEA adalah fitur mengirim dan melihat foto sekali lihat. Fitur terbaru ini membuat Sobat MEA bisa mengirimkan foto tanpa takut foto tersebut akan tersebar.

Tentunya setiap fitur baru memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk itu kami akan membagikan beberapa kelebihan, kekurangan, serta cara melihat foto sekali lihat di WA. Yuk simak ulasan selengkapnya di bawah!

Kelebihan Mengirimkan Foto Sekali Lihat

Bisnis makin laris dengan gabung ke komunitas secara gratis!

Ngobrolin soal bisnis bareng ahlinya tanpa bayar dengan gabung ke komunitasnya sekarang juga!

Sobat MEA bisa mengirimkan foto yang hanya dapat dilihat satu kali saja oleh penerima. Tentunya hal ini dilakukan bukan tanpa alasan. Fitur ini bertujuan untuk melindungi privasi dan menjaga keamanan pesan yang dikirimkan kepada orang lain. Berikut adalah beberapa kelebihan dari cara melihat foto sekali lihat di WA:

1. Tidak dapat disimpan

Ketika Sobat MEA mengirimkan foto dengan fitur sekali lihat, maka foto tersebut hanya dapat dilihat satu kali saja karena Sobat MEA tidak dapat melihat foto tersebut. WhatsApp juga cukup bijak untuk menerapkan fitur ini yang dilengkapi dengan keamanan ganda, yaitu gambar yang dikirimkan dengan fitur sekali lihat tidak dapat di screenshot.

Jadi siapapun yang menerima foto sekali lihat tersebut benar-benar hanya bisa melihatnya satu kali saja karena tidak dapat di screenshot dan tidak tersimpan secara otomatis pada penyimpanan ponsel. Jadi keamanan dan privasi Sobat MEA semakin terjaga dengan baik.

2. Tidak dapat disebarluaskan

Melanjutkan kelebihan cara melihat foto sekali lihat di WA, gambar apapun yang dikirimkan tidak akan tersebar oleh pelaku yang tidak bertanggung jawab karena hanya bisa dilihat sekali dan tidak dapat disimpan pada perangkat. Jadi apapun yang Sobat MEA kirimkan menggunakan fitur ini hanya akan tersimpan dalam memori dan otak penerimanya. Untuk itu, Sobat MEA tidak perlu khawatir akan informasi penting yang dikirimkan karena tidak dapat disebarluaskan kepada orang lain.

3. Tidak memenuhi memori ponsel

Kelebihan lain dari cara melihat foto sekali lihat di WA adalah memori Sobat MEA akan aman dari tambahan foto. Apalagi jika Sobat MEA mengaktifkan auto download pada semua media yang diterima dari pesan WhatsApp.

Berbagai macam media seperti foto, video, atau dokumen yang diterima tentunya akan memenuhi memori ponsel Sobat MEA apabila tidak dihapus secara rutin. Untuk itu cara melihat foto sekali lihat di WA ini bisa membantu Sobat MEA untuk tidak menambah tumpukan media pada memori ponsel.

Kekurangan Mengirimkan Foto Sekali Lihat

Selain 3 kelebihan di atas, tentunya cara melihat foto sekali lihat di WA memiliki kekurangannya tersendiri. Meskipun privasi jadi lebih terjaga, namun ada hal lainnya yang membuat fitur ini jadi kurang bermanfaat untuk beberapa pengguna. Ini dia beberapa kekurangan dari cara melihat foto sekali lihat di WA:

1. Tidak ada bukti

Jejak digital adalah salah satu hal penting ketika kita ingin membicarakan suatu topik kembali. Namun hal ini tidak dapat dilakukan jika Sobat MEA menggunakan fitur mengirimkan foto sekali lihat. Ketika orang lain ingin membahasnya kembali, mereka tidak akan bisa menunjukkan suatu bukti karena gambar yang dikirimkan tidak dapat dilihat kembali. Tentunya hal ini akan menguntungkan orang-orang yang kurang bertanggung jawab karena mereka merasa aman dari segala tuduhan tanpa bukti.

Artikel Terkait  Cara Mengaktifkan Iklan Instream Facebook. Mudah Loh!

2. Musibah untuk orang pelupa

Jika Sobat MEA adalah orang yang pelupa, maka fitur ini merupakan sebuah petaka. Atau, pernah nggak buka pesan sekali lihat, lalu lupa untuk segera membalasnya, kemudian sudah lupa dengan topik pembahasannya? Hal ini justru akan merepotkan dan membuat orang lain jadi gemas bukan karena harus menjelaskannya kembali? Maka dari itu, fitur ini akan menyulitkan pengguna yang pelupa dan sering hilang fokus sesaat.

3. Perlu membaca secara seksama

Karena foto yang dikirimkan sekali lihat tidak dapat disimpan, maka Sobat MEA perlu fokus penuh untuk membaca dan menerima informasi yang diberikan. Tentunya hal ini tidak akan menjadi masalah jika yang dikirimkan adalah foto yang tidak penting dan untuk lucu-lucuan saja. Namun jika foto yang dikirimkan adalah potongan dokumen penting yang perlu dicatat, tentunya hal ini akan merepotkan dan membuat otak Sobat MEA bekerja lebih keras. Jadi jika Sobat MEA tidak sengaja mengklik kembali padahal belum selesai membaca informasi yang diberikan, pasti Sobat MEA akan merasa kesal karena foto tersebut sudah tidak dapat diakses dan dilihat kembali. Jadi Sobat MEA perlu melihat gambar yang dikirimkan secara seksama.

Cara Melihat Foto Sekali Lihat di WA

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan dari fitur kirim foto sekali lihat di WA, sekarang kami akan membagikan cara melihat foto sekali lihat di WA yang bisa Sobat MEA lakukan dengan beberapa langkah mudah di bawah ini:

cara melihat foto sekali lihat di WA
  • Kemudian tampilan akan berubah dengan angka 1 seperti di bawah ini yang menunjukkan bahwa foto hanya akan dapat dilihat satu kali.
cara melihat foto sekali lihat di WA
  • Klik pesan dan buka foto yang dikirimkan.
  • Tekan kembali jika sudah selesai melihat foto.
  • Kemudian tampilan akan berubah seperti ini dan Sobat MEA tidak dapat melihat foto yang dikirimkan lagi.
cara melihat foto sekali lihat di WA

Perlu diingat bahwa foto yang dikirimkan hanya satu kali tidak akan tersimpan pada memori perangkat, jadi Sobat MEA tidak akan bisa melihatnya kembali. Jadi perhatikan baik-baik foto yang dikirimkan oleh orang lain, ya. Baca juga artikel kami lainnya seputar tips dan cara menggunakan fitur WhatsApp lainnya agar Sobat MEA nggak ketinggalan informasi menarik seperti ini!

You may also like

Leave a Comment