Cara Melihat Total Belanja Tokopedia Mingguan, Bulanan Sampai Tahunan!

by Husna Rahman
cara melihat total belanja tokopedia

Tokopedia adalah salah satu platform e-commerce terbesar di Indonesia. Sama seperti kebanyakan marketplace, Tokopedia menawarkan berbagai produk yang bisa dibeli dengan harga yang terjangkau. Bicara soal Tokopedia, kali ini kita akan membahas bagaimana cara melihat total belanja di Tokopedia dengan mudah.

Mengetahui bagaimana cara melihat total belanja Tokopedia tentu saja penting. Dengan melihat total belanja, maka Sobat MEA bisa memeriksa dan mengatur anggaran belanja agar nggak terlalu boros dan konsumtif. Banyak orang yang akhirnya kesulitan secara finansial karena terlalu banyak berbelanja secara online.

Cara Melihat Total Belanja di Tokopedia

Mau tahu rahasia sukses jualan di Tokopedia?
Yuk gabung Komunitas Seller Tokopedia Komunitas MEA

Menurut buku Aplikasi Grabbing Data Produk Tokopedia Menggunakan Algoritma Breath First Search dengan Teknik Web Scrapping, Muhammad Hutomi (2020:6), fitur total belanja merupakan salah satu daya tarik pengguna yang ada di Tokopedia. Mereka tentu penasaran berapa banyak transaksi pembelian di platform tersebut, dan mencari tahu totalnya melalui fitur ini. 

Pertanyaan yang kemudian muncul adalah bagaimana sih cara melihat total belanja di Tokopedia ini? Nah ada beberapa langkah yang bisa Sobat MEA ikuti untuk memeriksa hal ini. Nah daripada berlama-lama lagi, berikut langkah-langkah yang diperlukan:

Optimasi toko online kamu bersama website ciamik dari GoWebin MEA
Saatnya coba GoWebin untuk memulai eksistensi toko onlinemu melalui website profesional!
  1. Buka aplikasi Tokopedia di HP. 
  2. Pilih opsi Transaksi yang ada di pojok kanan bawah.
  3. Lalu pilih Semua Status untuk memunculkan riwayat transaksi yang pernah dilakukan, dan klik Terapkan.
  4. Selanjutnya, gunakan fitur Semua Produk, dan pilih menu yang dibutuhkan seperti top up dan tagihan, belanja, keuangan, Tokopedia print, dll., lalu ketuk Terapkan.
  5. Sobat MEA juga bisa melihat history transaksi dalam waktu tertentu dengan menggunakan fitur Semua Tanggal. Pilih periode transaksi dalam 30 atau 90 hari terakhir. Sobat MEa juga bisa menentukan tanggal sendiri sesuai kebutuhan, klik Terapkan
  6. Setelah itu, halaman akan otomatis menampilkan daftar total belanja di Tokopedia berdasarkan kategori fitur yang digunakan.
  7. Selesai!
Artikel Terkait  Analogi Dalam Memulai Bisnis di Marketplace

Cara Melihat Total Belanja Tokopedia Dalam Satu Tahun

Selain memeriksa pesanan secara medetail, Tokopedia juga menyediakan berbagai macam fitur menarik yang bisa Sobat MEA manfaatkan untuk memeriksa total belanja Tokopedia selama satu tahun. Nah buat Sobat MEA yang mungkin belum tahu dan belum mencoba menggunakan fitur ini, yuk langsung aja simak cara melihat total belanja Tokopedia selama satu tahun di bawah ini. Check this out~

  1. Pertama buka aplikasi Tokopedia lewat smartphone
  2. Selanjutnya pilih menu Transaksi yang terdapat pada halaman utama. Menu ini ada pada bagian kanan bawah.
  3. Setelah itu, pilih opsi Pilih Tanggal Sendiri untuk mencari serta melihat jumlah pengeluaran di Tokopedia selama satu tahun.
  4. Selanjutnya tentukan tanggal mulai belanja dan waktu terakhir yang sesuai dengan yang ingin Sobat MEA periksa
  5. Setelah mengatur tanggal, tunggu sampai daftar belanja di Tokopedia muncul seluruhnya
  6. Selesai. Informasi total belanja Tokopedia selama satu tahun bisa Sobat MEA lihat dalam daftar belanja.

Nah itulah cara melihat total belanja Tokopedia yang bisa Sobat MEA lakukan pada akun masing-masing. Gimana? Mudah, bukan? Semoga saja artikel ini bisa membantu Sobat MEA untuk melihat riwayat uang yang dikeluarkan untuk belanja!

You may also like

Leave a Comment