Makin Hemat dengan 7 Cara Memaksimalkan Google Ads ini!

by Fanny
Cara Memaksimalkan Google Ads

Di era yang serba digital ini, semakin banyak hal yang bisa Sobat MEA lakukan secara online. Salah satunya adalah dengan melakukan iklan menggunakan Google Ads yang sudah banyak dilakukan oleh para pebisnis online. Sayangnya, tidak semua pebisnis mengetahui bagaimana cara memaksimalkan Google Ads.

Untuk itu pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan apa itu Google ads serta 7 cara memaksimalkan Google Ads agar iklan Sobat MEA bisa menjangkau audiens dengan maksimal dan biaya iklan yang dikeluarkan lebih hemat. Yuk simak!

Table of Contents

Apa itu Google Ads?

Mau Bangun Bisnis Online Tapi Bingung Mulai dari Mana?
Gabung ke komunitas dan belajar langsung dari ahlinya aja. Gratis!

Sebelum membahas tentang 7 cara memaksimalkan Google Ads, kami akan menjelaskan sedikit mengenai apa itu Google Ads terlebih dahulu. Singkatnya, Google Ads adalah salah satu layanan dari Google yang bisa Sobat MEA manfaatkan untuk memasarkan website di halaman pencarian.

Misalnya saja Sobat MEA memiliki bisnis yang menawarkan jasa wedding organizer. Maka Sobat MEA bisa menginklankan jasa tersebut di halaman pencarian Google dengan cara memaksimalkan Google Ads agar semakin banyak pengguna yang mengetahui jasa yang Sobat MEA tawarkan. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan kata kunci yang relevan dengan bisnis yang dijalankan.

Sobat MEA bisa menggunakan sebanyak mungkin kata kunci namun pastikan agar kata kunci yang dipilih sudah sesuai dengan bisnis. Misalnya saja Sobat MEA menggunakan kata kunci: WO, wedding organizer, WO Bandung, wedding organizer Bandung, vendor pernikahan, vendor nikahan Bandung, atau kata kunci lainnya.

7 Cara Memaksimalkan Google Ads

Repot ngurus bisnis sendiri?
Tenang aja, ada Tim MEA yang siap bantu mengelola bisnis online kamu. Klik di sini sekarang!

Dengan jumlah klik yang tinggi, itu artinya Sobat MEA berhasil mendatangkan banyak pengunjung baru ke halaman website bisnis. Semakin banyak pengunjung, maka akan semakin tinggi pula kemungkinan untuk meningkatkan penjualan produk melalui website.

Untuk itu, berikut adalah 7 cara memaksimalkan Google Ads yang bisa Sobat MEA coba sekarang juga!

1. Sesuaikan Kata Kunci dengan Iklan

cara jualan di lazada agar cepat laku

Seperti yang sudah dibahas sedikit sebelumnya, salah satu hal yang membuat website Sobat MEA mudah untuk ditemukan oleh audiens adalah dengan penggunaan kata kunci yang relevan. Hal ini karena audiens lebih tertarik dengan website yang muncul sesuai dengan kata kunci yang mereka cari. Untuk itu, pastikan Sobat MEA mencantumkan kata kunci pada judul iklan, meta description, atau media yang digunakan untuk iklan.  

Cara memaksimalkan Google Ads dengan kata kunci ini bisa dilakukan dengan mengkategorikan kata kunci berdasarkan produk. Hindari menggunakan banyak kata kunci pada satu grup iklan karena hasilnya akan menjadi rancu nantinya. Jadi, pastikan agar Sobat MEA memilih kata kunci spesifik yang relevan pada setiap iklan yang dibuat, ya!

2. Bid Pada Keyword yang Relevan

Masih berkaitan dengan penggunaan kata kunci, cara memaksimalkan Google Ads berikutnya adalah Sobat MEA harus memfokuskan bid pada kata kunci yang relevan saja. Tentu semakin banyak kata kunci akan meningkatkan kemungkinan agar website Sobat MEA bisa ditemukan oleh pengguna. Namun terlalu banyak kata kunci juga akan membuat bid menjadi fokus ke terlalu banyak opsi yang membuatnya menjadi kurang efektif untuk iklan.

Untuk menyiasatinya, Sobat MEA bisa menggunakan Adwords Key Planner agar bisa mendapatkan kata kunci yang relevan dan tepat. Sobat MEA juga bisa memanfaatkan tools pencarian kata kunci lainnya yang bisa merekomendasikan kata kunci yang sesuai dengan bisnis. Selain itu, Sobat MEA juga bisa mempelajari perilaku audiens ketika mencari informasi di Google. Jadi bayangkan jika Sobat MEA adalah seseorang yang sedang mencari sesuatu. Maka, kata kunci apa yang kira-kira akan Sobat MEA gunakan untuk mendapatkan hal yang dibutuhkan.

Artikel Terkait  11 Cara Banjir Orderan di WhatsApp yang Terbukti Ampuh. Langsung Praktik!

3. Menjadwalkan Penayangan Google Ads

cara memaksimalkan Google Ads

Cara memaksimalkan Google Ads berikutnya adalah Sobat MEA bisa menjadwalkan agar iklan hanya ditayangkan pada waktu tertentu saja. Seperti misalnya Sobat MEA menjadwalkan iklan dari pukul 13.00-21.00 WIB karena audiens Sobat MEA sedang aktif diantara jam itu. Sehingga kemungkinan iklan untuk muncul pada halaman pengguna akan lebih tinggi. Selain itu, menayangkan iklan selama 24 jam juga tidak efektif. Jadi, Sobat MEA bisa memaksimalkan Google Ads di jam-jam yang sudah disesuaikan dengan perilaku audiens saja, ya.

4. Pakai Metode “Search Network Only”

Search Network adalah metode pencarian yang akan menampilkan iklan Sobat MEA di mesin pencarian Google atau situs lain yang bermitra dengan Google. Metode iklan ini cocok untuk Sobat MEA yang memiliki dana terbatas untuk membuat iklan.

5. Gunakan Adword Extension

Menggunakan Adword Extension bisa Sobat MEA manfaatkan sebagai salah satu cara memaksimalkan Google Ads. Adword Extension sendiri adalah ekstensi yang akan membuat tampilan iklan menjadi lebih menarik dengan tambahan CTA yang bisa Sobat MEA tentukan sendiri.

cara memaksimalkan Google Ads

Adword Extension ini ada 2 pilihannya, yaitu Call Extension yang akan menampilkan kontak bisnis Sobat MEA yang akan membuat audiens bisa langsung mengklik dan menghubungi Sobat MEA secara langsung. Ada juga Location Extension yang bisa Sobat MEA tambahkan untuk menunjukkan lokasi bisnis.

6. Buat Landing Page yang Berhasil Melakukan Konversi

7. Uji Iklan

Last but not least dalam cara memaksimalkan Google Ads adalah dengan melakukan pengujian iklan. Jika satu kampanye iklan belum berhasil, jangan patah semangat. Cari tahu apa kelemahan iklan yang dibuat dan buat kampanye iklan baru hingga Sobat MEA bisa mendapatkan iklan yang berhasil.

Itu dia pembahasan lengkap mengenai apa itu Google Ads dan 7 cara memaksimalkan Google Ads biar makin hemat dan cuan. Semoga ulasan ini bermanfaat dan selamat mencoba!

You may also like

Leave a Comment