Begini Loh Cara Memaksimalkan Search Engine Marketing ini!

by Viki
cara memaksimalkan search engine marketing

Berbicara tentang digital marketing, Sobat MEA pasti teringat dengan SEO, bukan? Tapi ternyata SEM juga penting untuk perkembangan bisnismu. Oleh karena itu, pastikan Sobat MEA juga memahami cara memaksimalkan Search Engine Marketing yang penting untuk perkembangan bisnismu. 

Terlebih di era digital ini, strategi pemasaran terus berkembang dengan pesat. Itulah mengapa Sobat MEA kemudian dituntut untuk lebih tanggap dan mengikuti perkembangan yang terjadi. Termasuk adanya SEM, di luar teknik SEO yang mungkin telah dilakukan sebelumnya. 

Dan di artikel ini, MiMe akan membagikan informasi mengenai SEM dan bagaimana cara memaksimalkan Search Engine Marketing dalam bisnis. Yuk, simak penjelasannya sampai habis!

Table of Contents

Apa itu Search Engine Marketing?

Traffic toko online masih bobrok?
Yuk, kupas tuntas dulu strategi meningkatkannya yang efektif bareng seller dan mentor berpengalaman di komunitas bisnis MEA!

Melansir laman Kemeperin, Search Engine Marketing (SEM) adalah strategi pemasaran melalui iklan berbayar dari Google sebagai platformnya yang bertujuan untuk meningkatkan visibilitas merek di halaman hasil pencarian mesin pencari Google.

Melalui SEM, perusahaan atau pelaku bisnis perlu mengeluarkan biaya iklan untuk dapat ditampilkan hasil pencarian mesin pencari agar lebih mudah ditemukan oleh pengguna. Tujuan utamanya sendiri tentu saja untuk meningkatkan traffic ke situs web dan meningkatkan penjualan atau konversi.

Tapi SEM ini perlu dilakukan secara maksimal. Lantas bagaimana cara memaksimalkan Search Engine Marketing tersebut?

7 Cara Memaksimalkan Search Engine Marketing

1. Riset Konsumen yang Dituju

Dalam bisnis, Sobat MEA perlu mengenali konsumen yang akan dituju. Begitupun dalam strategi SEM, pastikan telah melakukan analisa dan riset konsumen untuk mengetahui konsumen yang ideal bagi bisnismu.

Dengan mengenal konsumen bisnis, Sobat MEA akan lebih mudah untuk melakukan pemasaran serta pemasangan harga yang cocok. Sehingga Sobat MEA dapat membuat produkmu menjadi barang incaran yang bisa memberikan solusi kepada mereka.

Selain itu, Sobat MEA juga perlu mencari tahu apa yang diinginkan oleh pelanggan. Untuk itu, Sobat MEA juga perlu memahami keyword yang digunakan konsumen ketika tengah mencari sesuatu di mesin pencari.

Dengan begitu, Sobat MEA bisa lebih mudah membuat iklan yang relevan dengan menyisipkan kata tersebut hingga muncul di peringkat pertama di mesin pencari dan mendapatkan potensi klik iklan yang tinggi. 

2. Terapkan Target Pasar yang Jelas

Kemudian Sobat MEA perlu menentukan target pasar yang jelas dalam pemasaran SEM bisnismu. Dalam hal ini, Sobat MEA juga perlu mengatur pengguaan budget dan goals yang ingin dicapai. 

Ini penting agar SEM tidak menjadi rancu, bahkan bisa saja tidak menghasilkan karena iklan tidak tepat sasaran. Itulah mengapa betapa pentingnya mengenali konsumen dan target pasar yang dituju. 

3. Gunakan Keyword Research Tools

Selanjutnya, Sobat MEA bisa menggunakan Keyword Research Tools untuk menemukan kata kunci yang sesuai dengan apa yang dicari konsumen di mesin pencari. 

Tapi sebelumnya, Sobat MEA perlu menganalisa konversi rate dan klik (CTR) dari masing-masing keyword untuk memudahkanmu dalam melakukan analisa keywordyang sering dicari dan bagaimana keadaan persaingannya. 

4. Lakukan Kombinasi SEO dan SEM

Penerapan SEM sendiri sebenarnya bisa terhubung dengan teknik SEO. Sebagaimana yang kita ketahui, Search Engine Optimization adalah strategi yang bertujuan membuat sebuah website atau artikel mencapai peringkat teratas mesin pencari secara gratis.

Artikel Terkait  Aplikasi Paling Menjanjikan Bagi Kamu yang Ingin Memulai Bisnis Online

Sedangkan Search Engine Marketing memerlukan biaya. Tapi keduanya menjadi sistem yang berkaitan dengan mesin pencari Google. Oleh karena itu, untuk penerapan SEM yang sukses, Sobat MEA perlu memahami tentang frasa keywords dan juga SEO. 

5. Buat Landing Page yang Menarik

Dalam cara memaksimalkan Search Engine Marketing, Sobat MEA juga perlu menggunakan Landing Page agar iklan bisa dioptimasi. Landing Page ini sangat penting bagi SEM. Melalui Landing Page, Sobat MEA bisa membaca iklan secara menyeluruh.

Itulah mengapa landing page perlu dibuat semenarik mungkin agar audiens membaca penawaran sampai habis dan tidak langsung menutup halaman. Ini juga penting agar SEM berhasil. 

Untuk Landing Page yang menarik, Sobat MEA bisa melengkapi halaman landasan dengan gambar produk yang berkualitas. copywriting dan deskripsi produk yang jelas dan mudah dipahami.

6. Hubungkan ke Saluran Media Sosial

Selain itu, Sobat MEA juga perlu meningkatkan engagement untuk mendapatkan leads yang berkualitas. Salah satu caranya, bisa dengan menghubungkan sistem SEO dengan saluran media sosial.

Nantinya, media sosial ini menjadi media promosi yang mengarahkan traffic ke situs web. Dengan media sosial, Sobat MEA bisa lebih mudah untuk berkomunikasi dengan konsumen.

7. Pantau Performa SEM

Setelah SEM diluncurkan, ternyata Sobat MEA perlu melakukan monitoring untuk mengetahui bagaimana performa strategi ini diterapkan dan apa dampaknya terhadap bisnis. 

Demikian penjelasan tentang SEM dan bagaimana cara memaksimalkan Search Engine Marketing yang penting bagi bisnis. Semoga dengan ini, Sobat MEA dapat mengembangkan pemasaran dengan lebih efektif dan lebih menguntungkan. Semoga bermanfaat!

You may also like

Leave a Comment