2 Cara Memasang Google AdSense di Website dengan Mudah dan Cepat. Yuk Pelajari!

by Fanny
cara memasang Google AdSense di website

Google AdSense adalah salah satu layanan monetisasi yang bisa Sobat MEA pasang di website untuk menghasilkan uang dengan menayangkan iklan. Cara ini cukup efektif dan dilakukan oleh banyak orang. Dalam artikel ini, kami akan membahas secara lengkap mengenai manfaat Google AdSense, cara mendaftarkan website ke Google AdSense, dan cara memasang Google AdSense di website. Simak tutorial selengkapnya di bawah, ya!

Apa Itu Google AdSense

Butuh panduan gratis untuk berbisnis online?

Yuk gabung ke komunitas bisnis online MEA Gratis. Mari diskusi dan belajar bersama!

Sebelum membahas lebih jauh mengenai cara memasang Google AdSense di website, Sobat MEA perlu tahu dulu mengenai apa itu Google AdSense. Sesuai namanya, Google AdSense adalah program iklan dari Google berupa CPC atau cost-per-click yang dapat digunakan oleh pemilik website untuk mendapatkan uang dari konten online mereka.

Pasti Sobat MEA pernah kan membuka suatu website yang dihiasi oleh berbagai jenis iklan di bagian atas, bawah, atau sisi halaman website? Itu artinya pemilik webiste sudah menerapkan cara memasang Google AdSense di Website.

Tapi tenang saja, pemasangan iklan di website ini tidak akan mengganggu pengguna atau pembaca. Hal ini karena jenis iklan yang dimunculkan akan memiliki topik yang serupa dengan topik pada website. Misalnya saja halaman website sedang menjelaskan tentang cara berjualan di Facebook, maka iklan yang dimunculkan juga akan berupa hal-hal yang berhubungan dengan Facebook atau sosial media terkait.

3 Manfaat Google AdSense

Pasang iklan di Facebook dan Instagram tapi malah rugi?

Pakai Jasa Facebook Ads MEA aja dan biarkan iklan kamu dikelola oleh tim advertiser MEA!

Buat Sobat MEA yang masih ragu untuk mengikuti cara memasang Google AdSense di website, berikut kami berikan beberapa manfaat dari cara memasang Google AdSense di website yang akan Sobat MEA dapatkan:

  1. Mudah digunakan. Sobat MEA hanya perlu menambahkan kode HTML ke website untuk memasang iklan jika semua syarat sudah terpenuhi dan disetujui oleh Google AdSense.
  2. Satu akun untuk banyak website. Sobat MEA bisa menggunakan satu akun untuk memasang iklan pada berbagai website tanpa harus menggunakan akun Google AdSense yang berbeda. Hal ini membuat cara memasang Google AdSense di website jadi lebih cepat dan mudah.
  3. Dilengkapi banyak tutorial dan panduan menggunakan Google AdSense dengan adanya forum support yang terdiri dari pengiklan dan pemilik website secara luas.

Tutorial Cara Mendaftarkan Website ke Google AdSense

Mendaftarkan website ke Google AdSense cukup mudah dan cepat. Berikut beberapa langkah yang bisa Sobat MEA lakukan untuk mendaftarkan website:

  1. Masuk ke Google AdSense dan masukkan data yang diminta untuk pembuatan akun.
  2. Kemudian akan muncul halaman di mana Sobat MEA akan diminta untuk memasukkan URL atau link website dan alamat email. Klik Yes pada Get helpful AdSense info at that email address jika Sobat MEA ingin mendapatkan berbagai informasi terbaru mengenai AdSense. Bisa klik No jika tidak. Lanjutkan dengan klik Save and Continue.
  3. Konfirmasi bahwa alamat website sudah benar, kemudian klik ceklis pada Peraturan Online Google AdSense. Kemudian klik Create Account.
  4. Langkah selanjutnya adalah mengisi rincian pembayaran mulai dari tipe akun serta nama dan alamat lengkap.
  5. Masukkan kode HTML ke website.
Artikel Terkait  5 Peluang Affiliate Marketing. Bikin Bisnismu Cepat Sukses!

2 Cara Memasang Google AdSense di Website

Mau tahu cara memimpin tim agar kompak dan menghasilkan?

Saatya gabung di Kelas Leadership MEA sekarang juga!

Untuk memasukkan kode HTML ke webiste, Sobat MEA bisa melakukan cara memasang Google AdSense di website ini dengan 2 cara, yaitu:

1. Cara Memasang Google AdSense di Website Dengan Plugin

Cara memasang Google AdSense di website dengan menggunakan Plugin bisa Sobat MEA lakukan dengan langkah-langkah ini:

  • Unduh dan pasang plugin Insert Headers and Footers pada WordPress.
  • Aktifkan plugin lalu pilih Settings di sebelah kiri layar.
  • Klik Insert Headers and Footers.
  • Masukkan kode verifikasi Google AdSense ke kolom berlabel Scripts in Header.
  • Klik Save.
  • Kode verifikasi Google AdSense sudah tersimpan.

2. Cara Memasang Google AdSense di Website secara manual

Yang kedua ini adalah cara memasang Google AdSense di website yang Sobat MEA lakukan dengan manual. Caranya adalah:

  • Klik Appearance di WordPress, kemudian pilih Editor.
  • Sobat MEA akan dibawa ke halaman berikutnya, kemudian cari header.php di sebelah kanan, lalu klik pilihan tersebut.
  • Masukkan kode verifikasi Google AdSense setelah </head>.
  • Sobat MEA sudah berhasil memasukkan kode verifikasi AdSense ke website.

Cara Memasukkan Iklan ke Website

Jika cara memasang Google AdSense di website di atas sudah dilakukan, Sobat MEA hanya perlu menunggu hasil tinjauan dari Google AdSense yang membutuhkan waktu selama beberapa hari. Tetapi terkadang bisa juga hingga 2-4 minggu untuk proses konfirmasi bisa selesai.

Saat website sudah diterima oleh Google AdSense, Sobat MEA bisa langsung memasukkan iklan ke dalam website yang bisa dilakukan dengan beberapa langkah mudah ini:

  • Buka dashboard AdSense, klik MyAds yang ada di sebelah atas.
  • Klik New ad unit.
  • Atur settingan ads untuk membantu kostumisasi iklan dan menjadikannya lebih relevan dengan desain website. Ada dua hal yang harus diisi yaitu:
Artikel Terkait  5 Cara Memperbaiki Performa Website Agar Traffic Cepat Naik

– Nama iklan. Masukkan nama yang unik agar tidak sulit mengelola beberapa iklan di kemudian hari.

– Ad size. Kami rekomendasikan Sobat MEA untuk memilih Responsive agar iklan dapat dioptimalkan untuk berbagai perangkat.

  • Klik Save and get code.
  • Masukkan kode Ads melalui Widget Custom HTML.

Itu dia cara memasang Google AdSense di website yang bisa Sobat MEA lakukan. Cukup mudah, bukan? Kepoin juga artikel lainnya seputar tips dan cara berbisnis online agar banjir cuan di sini sekarang juga!

You may also like

Leave a Comment