3 Cara Membatalkan Komplain Di Tokopedia, Proses Cepat!

by Nabila Rubianty
cara membatalkan komplain di tokopedia

Saat ini Tokopedia menjadi salah satu e-commerce terbesar dan memiliki pengunjung mencapai 144,9 juta setiap bulannya. Meski demikian, ada saja beberapa pengguna yang mengeluh atau komplain terkait barang yang dipesan. Tapi ada juga beberapa pengguna yang justru bertanya-tanya tentang bagaimana cara membatalkan komplain di Tokopedia?

Seperti yang kita tahu, Tokopedia menyediakan berbagai kebutuhan seperti pakaian, barang elektronik, sepatu, buku, peralatan dapur, yang masing masing terbagi menjadi beberapa kategori. Ini tentu dapat memudahkan para penggunanya untuk berbelanja tanpa harus keluar rumah, karena semua kebutuhan sudah tersedia dalam e-commerce tersebut.

Tapi apakah Sobat MEA pernah melakukan komplain atau mengeluh terkait barang yang dipesan? Memberikan keluhan atau komplain di Tokopedia sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah. 

Biasanya komplain diajukan karena konsumen merasa tidak puas dengan barang yang dipesan seperti barang yang dikirim rusak, barang yang dikirim tidak sesuai deskripsi, atau tidak puas dengan pelayanan yang diberikan oleh penjual.

Di sisi lain, justru banyak yang membutuhkan cara membatalkan komplain di Tokopedia. Untuk hal ini, artikel ini akan memberikan panduan serta syarat yang perlu dipenuhi. Simak di bawah ini ya!

Table of Contents

Syarat Membatalkan Komplain di Tokopedia

Yuk Belajar Bisnis Online bersama Komunitas MEA!
Dibimbing mentor yang berpengalaman dalam hal berbisnis serta dapat membantu omset bikin kamu berkali lipat. Auto Cuan!

Dilansir dari laman resmi Tokopedia, untuk membatalkan komplain di Tokopedia, pastikan ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Berikut uraian lengkap mengenai syarat-syarat tersebut:

Syarat-syarat diatas wajib dipenuhi, karena jika tidak, Sobat MEA tidak akan bisa membatalkan komplain di Tokopedia. 

Cara Membatalkan Komplain di Tokopedia

Mau Penjualan Bisnis Kamu Meningkat? Pakai Jasa Optimasi Marketplace MEA!
Siap mengoptimalkan toko online, serta meningkatkan penjualan dan traffic toko kamu. Ada garansinya lho!

Banyak orang yang berpikir bahwa membatalkan komplain di Tokopedia terlalu ribet dan susah untuk dilakukan. Padahal kita bisa melakukannya dengan mudah dan cepat. Karena saat ini Tokopedia sudah menyediakan fitur khusus yang dapat digunakan dan memudahkan pengguna untuk pembatalan komplain. 

Jika Sobat MEA sudah memenuhi persyaratan yang sudah disebutkan di atas, Sobat MEA baru bisa melakukan komplain. Berikut cara melakukan komplain di Tokopedia. 

Buka Aplikasi Tokopedia

Pertama, tentunya buka aplikasi Tokopedia di HP terlebih dahulu. Pastikan Sobat MEA sudah install aplikasi Tokopedia dan memiliki Akun.

Masuk ke Menu Pesanan yang Dikomplain

Di halaman ini, Sobat MEA bisa melihat pesanan yang dikomplain sebelumnya atau pun membatalkan komplain pesanan tersebut. 

Masuk Halaman Komplain

Setelah Masuk halaman komplain, klik Lihat Detail Pengajuan dan lanjutkan dengan mengklik tombol Batalkan Komplain yang ada di bagian bawah halaman komplain. Segera batalkan komplain sebelum ada tanggapan dari penjual. 

Perlu diketahui, jika pesanan sudah melewati batas waktu dan sudah diproses oleh penjual, maka Sobat MEA hanya dapat mengajukan pembatalan yang telah dilakukan sebelumnya sesuai ketentuan dengan batas waktu tanggapan pesanan. Artinya, pembatalan komplain sudah tidak dapat dilakukan. 

4 Langkah Cara Mengajukan Komplain di Tokopedia.

cara membatalkan komplain di tokopedia

1. Pilih Kategori Masalah

Pertama, pergi ke halaman pesanan melalui menu profil Tokopedia. Pastikan status pesanan sudah tiba kurang dari 2×24 jam Dengan begitu, Sobat MEA masih bisa mengajukan komplain dengan mengeklik tombol Ajukan Komplain di bawah halaman pesanan. 

Setelah itu akan muncul beberapa kategori masalah, pilih sesuai dengan kendala produk yang Sobat MEA beli. Misalnya, kendala produk yang dibeli yaitu tidak sesuai deskripsi, pilih kategori masalah tersebut.

2. Pilih Barang yang Tidak Sesuai

Pilih barang dan masukkan jumlah barang yang ingin dikomplain, lalu berikan alasan mengapa Sobat MEA mengajukan komplain. Untuk memperkuat alasan, sertakan bukti bukti foto atau video produk secara keseluruhan. 

3. Pilih Solusi

 Selanjutnya, pilih solusi yang dialami dan nantinya akan ditunjukkan estimasi waktu penanganan komplain.

4. Klik Ajukan Sekarang

Jika sudah selesai, klik Ajukan Komplain, dan klik Ajukan SekarangBagi Sobat MEA yang ingin mengajukan komplain lainnya, Sobat MEA dapat mengklik +Masalah Lain. 

Tapi penjual bisa menolak pengajuan komplain yang diajukan oleh pembeli jika Sobat MEA memiliki alasan dan bukti yang kuat. Oleh karena itu, siapkan bukti-buktinya terlebih dahulu. 

Itu dia beberapa cara membatalkan komplain di Tokopedia yang bisa Sobat MEA lakukan serta pengajuan komplain yang mudah dan tidak ribet. Semoga artikel ini bermanfaat dan memudahkanmu untuk melakukan hal tersebut!

You may also like

Leave a Comment