Cara Membuat Akun Iklan Facebook untuk Jualan Makin Cuan

by Viki
cara membuat akun iklan facebook

Seiring perkembangannya, Facebook bukan hanya menjadi media sosial berjejaring, tapi juga media bisnis yang sangat menguntungkan. Terlebih dengan hadirnya FB Marketplace dan FB Ads. Tidak heran jika Facebook masih terus digunakan untuk memaksimalkan penjualan . Bahkan pemula sekalipun. Oleh karena itu, yuk pahami cara membuat akun iklan Facebook!

Table of Contents

Cara Membuat Akun Iklan Facebook

Mau tahu cara jualan di sosial media yang baik dan benar?
Yuk diskusi bareng seller sosial media berpengalaman di Komunitas Seller Sosmed MEA sekarang juga!

Sobat MEA tentu telah memahami bahwa Facebook merupakan platform berjejaring besutan META, yang juga menaungi Instagram dan WhatsApp. Dengan Facebook META, semakin banyak pengikut, semakin untung untuk beriklan di Facebook Ads

Facebook Ads sendiri adalah sebuah fitur yang ditawarkan oleh Facebook untuk mempromosikan produk atau bisnis dengan jangkauan yang lebih baik dari metode promosi organik. 

Mengiklankan produk atau bisnis melalui Facebook Ads dinilai efektif dimana ketika pemasangannya, Sobat MEA dapat mengatur target market dan jangkauan yang diinginkan. Hanya saja, ada biaya yang harus dikeluarkan tergantung setelan yang dipasang. 

Adapun cara membuat akun iklan Facebook, langkah pertama, pastikan Sobat MEA telah memiliki fanpage FB. Ini akan menjadi halaman yang akan menampung konten iklan yang dijalankan. Jika belum memilikinya, berikut cara membuat halaman di Facebook:

Mau iklan FB/Ads kamu diurusin tim profesional?
Yuk langsung kerja bareng sama tim advertiser MEA Digital Marketing

Setelah memiliki halaman FB, Sobat MEA pun bisa memulai cara membuat iklan Facebook dan berjualan di dalamnya. Berikut langkah-langkah yang perlu Sobat MEA lakukan:

  1. Buka Facebook Ads Manager di sini, dan login ke akun FB-mu.
  2. Pilih menu pembuatan iklan terpadu.
  3. Tentukan tujuan iklan yang diinginkan dengan mengeklik Tujuan Iklan.
  4. Lalu pilih jenis iklan yang diinginkan.
  5. Tambahkan nama iklan dan pilih Tujuan Trafik
  6. Tambahkan promo jika ingin. 
  7. Selanjutnya, tentukan target audiens yang ingin dituju. 
  8. Pilih penempatan iklan, seperti FB feed, story, grup, hingga messenger
  9. Pilih Jadwal Iklan Tayang
  10. Pilih Format Iklan yang ingin ditampilkan. 
  11. Buat teks pada iklan.
  12. Pilih gambar, tulis judul, dan masukkan tautan pada iklan.
  13. Bayar Iklan Facebook sesuai petunjuk yang tertera. 
  14. Selesai! FB Ads akan otomatis tayang sesuai jadwal yang ditentukan. 

Cara Melihat ID Iklan Facebook

Setelah memasang iklan di Facebook marketplace, Sobat MEA akan diberikan nomor ID unik pada pada akunnya. Nomor ID ini dapat digunakan untuk menambahkan akun iklan pengelola bisnis. Adapun cara melihat ID iklan Facebook dapat dilakukan melalui: 

  • Menu pilihan akun di pengelola iklan. 
  • Bilah alamat browser di pengelola iklan. 

Cara Menambahkan Akun Iklan di Pengelola Bisnis

Dalam pengelola bisnis, Sobat MEA dapat menambahkan akun iklan yang dimiliki hingga mendapatkan akses ke iklan milik orang lain. Lebih tepatnya, hal ini terletak di  Pengaturan Bisnis bagian Akun Iklan.

Hanya saja, Sobat MEA hanya bisa melihat nama pemilik dari iklan tersebut tanpa adanya informasi tambahan, kecuali iklan milik sendiri. Sobat MEA juga bisa memfilter iklan untuk diri sendiri, iklan untuk partner, milik sendiri, milik partner, serta iklan aktif dan nonaktif.  

Artikel Terkait  7 Tips Membuat Konten Promosi di TikTok. Yuk Pahami Dulu!

Kira-kira ada 3 cara membuat iklan Facebook yang bisa dilakukan:

  • Tambahkan Akun Iklan: Penambahan akun iklan ini akan dipindahkan pengelola bisnis secara permanen. Dalam hal ini, Sobat MEA harus menjadi pemilik akun iklan sekaligus admin pengelola bisnis untuk menambahkan akun iklan. 
  • Minta Akses ke Akun Iklan: Jika meminta akses ke akun iklan di pengelola bisnis, admin dapat memberikanmu izin untuk menanganinya. 
  • Buat Akun Iklan Baru: Jika membuat akun iklan baru di pengelola bisnis, akun akan dimiliki oleh pengelola bisnis secara permanen. Setelah itu, akun iklan tidak bisa dialihkan ke pemilik individu yang tidak memiliki pengelola bisnis.  

Tapi Sobat MEA tidak akan bisa menambahkan iklan di pengelola bisnis jika:

  • Akun iklan yang ditambahkan sudah ada milik pebisnis lain. Satu akun iklan hanya bisa dimiliki oleh satu Pengelola Bisnis. Tapi Sobat MEA bisa meminta akses ke akun iklan tersebut. 
  • Sobat MEA hanya dapat menambahkan satu akun iklan dari akun Facebook pribadi ke Pengelola Bisnis. Sebaliknya, Sobat MEA dapat membuat akun iklan baru di Pengelola Bisnis dengan meminta akses ke akun iklan lain.
  • Jika sudah mencapai batas maksimal akun iklan, Sobat MEA tidak akan mendapatkan opsi untuk meminta penambahan akun iklan. Batas akun iklan akan meningkat berdasarkan pengeluaran iklan.
  • Akun iklan adalah akun prabayar. Ini bisa ditambahkan ke Pengelola Bisnis jika Sobat MEA berasal dari lokasi tertentu

You may also like

Leave a Comment