Pasti Lebih Laris, Ini 8 Cara Membuat Akun Instagram Bisnis, Cobain!

by Viki
cara membuat akun instagram bisnis

Sobat MEA tentu tidak asing lagi dengan Instagram. Sosial media yang tidak hanya menjadi tempat yang bagus untuk berbagi momen pribadi, tapi juga peluang besar bagi bisnis untuk mempromosikan produk dan layanan mereka. Dalam hal ini, penting untuk memulai cara membuat akun Instagram bisnis.

Hal ini adalah langkah pertama yang penting dalam memanfaatkan potensi penjualan secara penuh. Artikel ini akan membahas secara rinci langkah-langkah mengenai cara membuat akun Instagram bisnis yang sukses.

Apa Itu Instagram Bisnis?

Melansir laman resmi Instagram, Instagram bisnis adalah salah satu fitur Instagram yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna sebagai lapak untuk menjalankan usaha. Singkatnya, Instagram bisnis bisa dijadikan sebagai wadah seseorang yang ingin menjual produknya dan berkomunikasi langsung dengan konsumen.

Sebenarnya mirip dengan Instagram pribadi yang juga digunakan secara gratis. Tapi ada beberapa fitur Instagram bisnis yang tidak akan Sobat MEA temukan pada Instagram biasa seperti Insight, Ad Tools, Instagram Shopping, dan lain sebagainya.

Mengapa Perlu Instagram Bisnis?

Mau Tahu Cara Jualan di Sosial Media yang Baik dan Benar?

Yuk diskusi bareng seller sosial media berpengalaman di Komunitas Seller Sosmed MEA sekarang juga!

Sebelum memasuki panduan langkah demi langkahnya, penting untuk memahami mengapa Sobat MEA harus memilih akun Instagram bisnis. Sebenarnya, Instagram menawarkan dua jenis akun yaitu akun pribadi dan akun bisnis. Tapi akun bisnis memiliki beberapa keunggulan yang signifikan, di antaranya:

Memiliki Analitik yang Kuat

Dengan akun bisnis, Sobat MEA mendapatkan akses ke Instagram Insights alias alat analitik bawaan untuk melihat statistik tentang interaksi pengguna dengan kontenmu.

Memudahkan Kontak Secara Langsung

Instagram bisnis sendiri menyediakan fitur kontak yang memudahkan pengguna untuk menghubungimu secara langsung melalui telepon atau email, Dengan menggunakan akun bisnis Instagram, Sobat MEA menambahkan tombol “Hubungi” di profilmu. Sehingga mereka tidak perlu kebingungan apabila ada pertanyaan ataupun keingininan untuk memesan secara langsung.

Jasa Kelola Toko di Instagram Bergaransi

Ingin jualan lebih nendang tanpa kwalahan? Serahkan saja pada tim manajemen Instagram MEA! Tinggal terima beres, omzet anti kempes~

Meningkatkan Jangkauan Promosi

Salah satu hal penting dalam berbisnis adalah meningkatkan penjualan secara signifikan. Dengan akun IG bisnis, Sobat MEA dapat menjalankan iklan yang sangat terarah untuk meningkatkan jangkauan konten dan mencapai audiens yang lebih besar dan potensial. Tentunya ini penting untuk tujuan penjualan tersebut. 

Terintegrasi dengan Facebook

Sebagai platform yang berasal dari perusahaan META, Instagram tentu saja terintegerasi dengan Facebook sehingga akun bisnisnya memungkinkanmu untuk menghubungkan profil dengan halaman bisnis Facebook. Hal ini akan memberimu lebih banyak alat untuk mengelola kampanye pemasaran secara terpusat.

Cara Membuat Akun Instagram Bisnis

Kuasai Teknik Ngiklan di IG Agar Bisnis Semakin Cuan

Abis punya IG Bisnis, saatnya maksimalkan fitur yang bikin cuannya yaitu IG ADS! Tapi jangan asal-asalan, bongkar dulu strategi suksesnya di sini. Anti boncos!

Sebelum mendaftar akun IG bisnis, pastikan Sobat MEA telah mendownload aplikasi Instagram melalui toko aplikasi yang tersedia di HP seperti Google Play Store atau AppStore. 

Melansir laman resmi Instagram, Berikut adalah langkah-langkah yang perlu Sobat MEA lakukan, di antaranya:

  1. Buka profil Instagram, pastikan sudah login ke akun pribadi.
  2. Lalu pilih ikon Garis Tiga Horizontal di pojok kanan atas. 
  3. Pilih opsi Pengaturan, dan klik Pengaturan dan privasi.
  4. Di halaman tersebut, klik Jenis dan fitur akun, dan pilih Beralih ke Akun Profesional.
  5. Selanjutnya, klik Lanjutkan atau Continue, lalu silakan pilih kategori yang paling menggambarkan bisnismu, lalu pilih Bisnis.
  6. Setelah itu, konfirmasi alamat email dan nomor telepon bisnis.
  7. Jika sudah, hubungkan profil Instagram bisnis dengan laman Facebook. Jika tidak ada, klik Skip. (Sebaiknya memiliki akun Facebook terlebih dahulu agar pemasaran lebih maksimal)
  8. Selesai!

Demikian panduan cara membuat akun Instagram bisnis yang penting untuk mengembangkan bisnis. Silakan barengi dengan strategi bisnis yang tepat agar Sobat MEA dapat mencapai kesuksesan dalam pemasaran dan promosi bisnis secara maksimal. 

Tapi jangan lupa untuk selalu mengukur kinerja melalui Instagram Insight dan selalu beradaptasi dengan perubahan tren dan kebutuhan audiens. Selamat mencoba!

You may also like

Leave a Comment