10 Cara Membuat Brand Fashion Sendiri. Ternyata Mudah!

by Viki
cara membuat brand fashion sendiri

Tertarik membuka bisnis fashion tapi nggak tahu mulai dari mana? Pastikan Sobat MEA memahami cara membuat brand fashion sendiri untuk dapat memulai bisnis pertamamu dengan aneka jenis fashion yang beragam, agar dapat berjalan secara cuan. 

Apalagi di era bisnis yang ketat ini. Strategi yang diterapkan nggak bisa sembarangan, bahkan perlu dipikirkan dari awal membangunnya. Apakah brand ini akan menjual baju, sepatu, atau hijab? Tentunya setiap jenis akan berbeda strateginya. 

Nah, mengingat brand fashion sedang menjamur di kalangan masyarakat, penting untuk memiliki otoritas terhadap bisnis yang Sobat MEA jalani. Salah satunya dengan memiliki brand sendiri. Ini akan membuat bisnismu bisa bersaing dengan kompetitor.

Tapi untuk cara membuat brand fashion sendiri tidaklah mudah. Itulah mengapa MiMe akan membagikan tips n trick nya. Simak ya!

Table of Contents

Cara Membuat Brand Fashion Sendiri

Berbicara mengenai brand, setiap lini bisnis sebenarnya membutuhkan branding yang tepat. Termasuk bidang fashion. Selain menjadi pembeda, branding juga dapat membuat bisnismu menjadi mudah untuk dikenali dan diingat oleh khalayak ramai. 

Lantas apa yang harus kita lakukan untuk branding bisnis fashion? Berikut langkah-langkah cara membuat brand fashion sendiri:

1. Riset Target Pasar yang Dituju

Sebelum memulai bisnis fashion, pertama, Sobat MEA perlu melakukan riset terhadap target pasar secara mendalam. Sobat MEA juga perlu mencari tahu tren apa yang sedang viral mengenai fashion di pasaran, termasuk jenis, model, bahan, hingga 

Dalam meriset pasar, Sobat MEA juga harus mempertimbangkan konsep jualan yang ingin diterapkan, seperti online atau offline. Pastikan Sobat MEA juga telah mengenali target konsumen dan kebutuhan serta kesukaan target konsumen.

Jangan lupa lakukan analisa kompetitor juga untuk mengetahui desain dan jenis fashion apa saja yang dijual. Dengan begitu, Sobat MEA akan lebih mudah dalam mengarahkan strategi pemasaran yang efektif nantinya. 

Artikel Terkait  3 Cara Membuat Jurnal Umum yang Penting Bagi Bisnis. Simak!
Mau belajar jualan online yang cuan?
Yuk gabung bareng seller dan mentor berpengalaman di komunitas jualan online MEA!

2. Tonjolkan Nilai-Nilai dari Brand

Dalam hal ini, pastikan Sobat MEA telah mengidentifikasi serta menentukan nilai-nilai dari brand-mu. Suatu brand yang kuat harus mencerminkan nilai-nilainya. 

Untuk itu, pertimbangkan visi, misi, tujuan bisnis, hingga keunggulan apa yang ingin ditonjolkan. Apakah ingin fokus pada keberlanjutaninovasikualitas, atau ekspresi kreatif. Ini penting untuk menjadi dasar atas identitas brand fashion.

3. Tentukan Nama Brand yang Unik dan Kreatif

Pastikan Sobat MEA telah memiliki nama brand sebagai identitas bisnis. Ini adalah hal pertama yang akan dikenal oleh konsumen. Maka pilihlah nama brand yang unik, kreatif, memiliki ciri khas, mudah diingat, dan mencerminkan karakter bisnis. Sehingga ketika orang lain mendengar nama tersebut, ada daya tarik yang berkesan di dalamnya. 

4. Ciptakan Desain Logo yang Menarik

Selain nama, pastikan Sobat MEA telah memiliki desain logo brand. Logo sendiri merupakan elemen visual yang paling penting dalam strategi branding. Dengan desain logo yang menarik dan representatif, konsumen dapat mengenal brand-mu dengan mudah.

Untuk hal ini, gunakan elemen desain, warna, dan tipografi (font tulisan pada logo) yang mengandung nilai-nilai dari brand.

5. Buatlah Gaya Desain yang Inovatif

Setelah itu, tentunya Sobat MEA perlu membuat style desain. Pastikan pilih style atau gaya yang konsisten dan inovatif. Untuk membuat gaya desain yang inovatif, berikut tips n trick nya:

  • Kenali identitas brand dengan jelas. 
  • Tentukan style yang dapat mencerminkan nilai bisnis. 
  • Konsisten  dalam menggunakan elemen desain, seperti warna, tipografi, dan grafis, di setiap koleksi fashion.
  • Ciptakan inovasi yang menarik seperti menggabungkan tren terkini dengan suatu elemen sebagai ciri khas brand.
  • Terima masukkan dari konsumen dan lakukan eksperimen jika diperlukan. 

6 Gunakan Bahan Material yang Berkualitas

Pastikan Sobat MEA memilih bahan material yang berkualitas. Sobat MEA juga perlu sesuaikan jenis bahan dengan produk fashion yang akan Sobat MEA jual. 

Untuk hal ini, Sobat MEA bisa mulai dengan menemukan distributor bahan yang murah dan terpercaya untuk mendapatkan stok bahan terbaik untuk bisnis fashion-mu. 

7. Promosikan Produk yang Ditawarkan

Gunakan website profesional GoWebin untuk promosi yang maksimal!
Fitur yang lengkap, performa yang mantap, siap gencarkan bisnis hingga untung maksimal~

Nah, ini saatnya lakukan promosi dan pemasaran produk. Ada beberapa tips n trick yang bisa Sobat MEA ikuti, di antaranya:

  • Branding dengan konsep produk: Sobat MEA tentu perlu menggunakan konsep yang konsisten pada materi promosi untuk setiap produk.
  • Manfaatkan media sosial: Di era digital, Sobat MEA wajib menggunakan media sosial seperti Instagram, TikTok, dan Facebook sebagai tempat promosi dan penjualan. Gunakan copywriting yang tepat untuk menarik perhatian audiens.
  • Berjualan di marketplace: Sobat MEA juga bisa menjual produk di berbagai marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, dan lain-lain.
  • Gunakan website bisnis: Sebenarnya ini opsional tapi cukup penting. Sobat MEA perlu mempertimbangkan website bisnis agar bisnis fashion semakin profesional.
  • Strategi SEO dan SEM: Bahkan terapkan juga SEO dan SEM (optimasi mesin pencari) serta iklan digital untuk memperluas jangkauan pasar.

Nah, kemudian Sobat MEA juga bisa memasarkannya secara offline di toko fisik jika memungkinkan. Pastikan Sobat MEA menempatkannya pada lokasi yang strategis seperti pusat perbelanjaan, pinggir jalan, atau tempat keramaian lainnya untuk mendapatkan perhatian lebih dari konsumen. 

8. Berikan Pelayanan yang Terbaik

Terutama dalam transaksi, berikan kemudahan pelanggan seperti proses pembelian, metode pembayaran, dan pengiriman barang.

9. Rajin Meluncurkan Produk Baru dengan Desain Menarik

Cara membuat brand fashion sendiri selanjutnya tentu saja mengembangkan brand itu sendiri. Sobat MEA perlu meluncurkan produk baru dengan desain yang menarik. Hal ini dapat menciptakan buzz marketing dan perhatian dari konsumen. 

Kemudian rencanakan strategi pemasaran yang kreatif dan menarik untuk peluncuran produk baru ini. Sobat MEA bisa membuat program promosi khusus untuk menarik konsumen. Misalnya, kolaborasi dengan brand lain atau influencer untuk menciptakan koleksi eksklusif dalam waktu terbatas. 

Atau, membuat inovasi pada desain dan jenis fashion seperti terobosan baru dari produk baju biasa yang berinovasi menjadi peluncuran hoody, dan lain sebagainya.

Keuntungannya, hal ini akan membuat konsumen semakin dekat dan tidak bosan dengan brand fashion yang ditawarkan. 

10. Jaga Konsistensi dan Inovasi

Terakhir, jagalah konsistensi dan lakukan inovasi branding. Ini penting untuk menonjolkan identitas brand yang memberikan kesan yang kuat bagi konsumen agar dapat memberikan brand awareness.

Dalam hal ini, Sobat MEA bisa menetapkan gaya desain, warna, dan elemen visual yang khas, kemudian gunakan secara konsisten pada setiap produk dan strategi promosi yang dilakukan. 

Pastikan Sobat MEA terus berinovasi dan beradaptasi dengan perubahan tren dan kebutuhan pasar. Hingga ciptakan desain-desain baru yang unik yang dapat mengungguli kompetitor. 

Bagaimana? Siap untuk membangun brand? Silakan ikuti cara membuat brand fashion sendiri bagi Sobat MEA yang tertarik di bidang fashion & beauty. Yang terpenting, utamakan kesabaran dan strategi yang efektif untuk mencapai tujuan bisnis yang diharapkan. Semoga bermanfaat!

You may also like

Leave a Comment