Simak Nih Cara Terbaru Membuat Filter TikTok Sendiri. 100% Work!

by Viki
cara membuat filter tiktok sendiri 2023

Sebagai media hiburan, TikTok terus menambahkan fitur menarik agar pengguna semakin betah, salah satunya yaitu filter yang mendukung tampilan video TikTok semakin menarik. Kebetulan, dalam artikel ini, MiMe akan memberitahu gimana cara membuat filter TikTok sendiri yang spesial untuk Sobat MEA semua. 

Dan fitur filter di TikTok ini sudah sangat digemari para penggunanya, terutama bagi para remaja. Pasalnya, melalui fitur ini kita bisa membuat tampilan wajah lebih ganteng atau cantik. 

Hasilnya, Sobat MEA jadi lebih bebas berekspresi dalam membuat video, seperti video tentang beauty hingga video komedi melalui filter-filter lucu atau parodi yang telah tersedia.

Jadi, TikTok kini bukan hanya berfungsi untuk berbagi video yang memuat informasi penting yang sedang viral. Tapi, filter juga cocok untuk menciptakan video kreatif, terkhusus bagi content creator yang memang berperan di dalamnya.

Filter yang disediakan dalam TikTok pun sangat beragam. Selain filter original dari TikToknya sendiri, setiap harinya ada saja pengguna yang menambahkan filter baru. Tidak sedikit dari mereka yang tidak ingin kalah ikut berpartisipasi menambahkan filter ciptaan mereka masing-masing.

Jika Sobat MEA ingin berpartisipasi, Sobat MEA bisa mulai membuat filter yang diinginkan. Siapa tahu filter tersebut akan booming karena banyak yang suka dan menggunakannya. 

Tapi mungkin Sobat MEA masih bertanya-tanya, memangnya bisa membuat filter sendiri di platform TikTok? Jawabannya bisa, tapi agak sedikit ribet. Tapi ribet bukan berarti sama sekali tidak bisa dibuat, bukan? Oleh karena itu, Sobat MEA perlu simak terlebih dahulu cara membuat filter TikTok sendiri di bawah ini. 

Table of Contents

Apa Itu TikTok Filter?

Mau jadi lebih kreatif di TikTok yang ciptakan berbagai filter inspiratif?
Kupas tuntas semua rahasia sukses ala seller dan mentor berpengalaman di komunitas kreator MEA!

Sebelumnya, perlu Sobat MEA ketahui, filter juga sangat berperan bagi kepopuleran TikTok. Bagaimana tidak? Creator biasanya butuh cara alternatif yang mudah untuk pembuatan konten mereka. Dan filter mampu menjawab permasalahan tersebut. 

Melansir laman Kompas, filter TikTok adalah salah satu fitur yang dapat digunakan untuk menciptakan konten-konten kreatif sekaligus membantu pengguna merasa lebih percaya diri. Menariknya lagi. filter TikTok merupakan bagian dari alogitma yang berpengaruh pada FYP.

Adapun mengenai jumlahnya, kini sudah ada ratusan bahkan ribuan filter yang bisa Sobat MEA gunakan. Tapi mungkin Sobat MEA tidak begitu memahami cara menggunakannya, maka MiMe juga akan jelaskan di bawah ini. 

Cara Menggunakan Filter di TikTok

Jangan cuman bikin filter, yuk bikin cuan juga lewat MCN TikTok MEA!
Kamu bakal dapet berbagai tawaran kerja sama yang menjanjikan sekaligus bimbingan full dari ahlinya~

Adapun untuk menggunakan filter TikTok yang bisa diaplikasikan oleh siapa saja sangatlah mudah. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Pertama, silakan buka aplikasi TikTok terlebih dahulu.
  2. Di beranda utama atau FYP, klik ikon (+) atau buat video baru.
  3. Selanjutnya, di samping tombol merekam klik menu atau ikon efek atau filter yang bisa Sobat MEA buka.
  4. Kemudian, barulah Sobat MEA bisa memilih filter atau efek yang diinginkan dengan cara menggesernya ke kanan atau ke kiri.
  5. Selesai! Filter sudah siap Sobat MEA gunakan. 

Nah, tahukah kamu? penggunaan filter ini bisa Sobat MEA padukan dengan musik loh, agar video nanti terlihat lebih menarik.

Cara Membuat Filter TikTok di HP

Eits, Sobat MEA tidak hanya bisa menggunakan filter yang sudah tersedia, tapi juga membuat filter sendiri langsung dari HP. Tentunya Sobat MEA perlu aplikasi pihak ketiga bernama SPARK AR Studio. Berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan:

1. Download Spark AR Video

2. Buat Akun Spark AR Video

Setelah berhasil terinstal, Sobat MEA perlu membuat akun Spark AR Studio dengan mengisi formulir pendaftaran. Kemudian login ke akun yang didaftarkan dan mulailah membuat filter.

3. Mulai Membuat Filter

Setelah login, Sobat MEA akan diarahkan ke halaman antarmuka pengguna yang sederhana. Di halaman ini, Sobat MEA dapat mulai membuat filter dari awal atau menggunakan salah satu template yang tersedia.

4. Tambahkan Objek atau Efek

Jika sudah, di dalam proyek filter yang dibuat, Sobat MEA bisa menambahkan objek dan efek ke filter berupa gambar, teks, atau efek animasi untuk mempercantik filter yang dibuat. 

5. Uji Coba Filter

Jika sudah selesai, Sobat MEA bisa melakukan uji coba filter untuk mengetahui hasilnya dan bagaimana filter ini berfungsi di aplikasi TikTok. Jika kurang sesuai, Sobat MEA bisa mengeditnya kembali.

6. Unggah Filter yang Sudah Dibuat

Jika hasil sudah sesuai, Sobat MEA bisa menyimpan filter tersebut dan mengunggahnya ke Spark AR Hub. Sehingga Sobat MEA bisa menggunakan filter tersebut di dalam aplikasi TikTok.

Cara Membuat Filter TikTok Sendiri di HP

Selain itu, Sobat MEA juga bisa membuat filter TikTok versi sendiri. Masih menggunakan HP, kali ini Sobat MEA memerlukan aplikasi FaceApp dimana pengguna bisa mengubah wajah jadi pria atau sebaliknya, fitur riasan, tata rambut, hingga tampilan wajah berdasarkan usia.

Adapun cara membuat efek TikTok sendiri menggunakan aplikasi FaceApp, berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan: 

  1. Download dan Instal aplikasi FaceApp melalui Playstore atau App Store, dan buka aplikasi FaceApp di HP.
  2. Di halaman utama, Sobat MEA perlu memposisikan wajah di dalam overlay berbentuk kepala untuk mendeteksi wajah, lalu ketuk Foto.
  3. Kemudian geser melalui filter dan pilih Gender, pilih opsi Male atau Female
  4. Jika sudah sesuai, klik Save untuk menyimpan hasilnya. 

Sementara itu, Sobat MEA juga bisa membuat banyak foto dengan berbagai gaya. Bahkan Sobat MEA bisa menggunakan foto dari galeri HP. Berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan:

Jika Sobat MEA sudah mengedit foto sedemikian rupa, langkah selanjutnya yaitu menguploadnya ke TikTok. Berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk membagikan video TikTok dengan filter yang sudah dibuat:

  1. Buka aplikasi TikTok di HP.
  2. Pilih ikon + yang ada di bagian bawah untuk mengunggah video.
  3. Selanjutnya pilih MV dari pilihan yang ada di bawah. 
  4. Kemudian pilih template foto yang diinginkan.
  5. Klik tombol Pilih Foto. Edit lagi di halaman proyek jika perlu.
  6. Tambahkan caption dan hashtag yang relevan.
  7. Jika sudah sesuai, klik Posting

Cara Membuat Filter TikTok di PC

Bagi Sobat MEA yang ingin menciptakan karya sendiri berupa filter di TikTok tapi tidak tahu bagaimana caranya, MiMe akan coba jelaskan berdasarkan informasi yang MiMe dapatkan dari beberapa sumber untuk membuat filter sendiri yang saat ini masih belum tersedia di aplikasi TikTok.

Dan untuk mulai membuat filter menarik, harap siapkan beberapa perangkat seperti PC beserta software yang tergolong agak sedikit susah untuk digunakan. Tapi tenang, ada cara lain selain menggunakan software pihak ketiga. Cara tersebut yaitu Sobat MEA bisa mengirimkan permohonan pada developer TikTok.

Caranya, kirimkan terkait permasalahan pengadaan fitur pembuat filter di TikTok ke email resmi TikTok (feedback@tiktok.com). Setelahnya, Sobat MEA akan mendapatkan email konfirmasi dari pihak TikTok dan tidak lama kemudian TikTok akan menyetujui permohonanmu. 

Oleh karena itu, jika Sobat MEA ingin memiliki fitur pembuat filter sendiri dari TikTok, maka Sobat MEA harus mengirim email sebanyak mungkin terkait permohonan tersebut. 

Jadi gimana? Cukup mudah bukan tentang cara membuat filter di TikTok ini? Tapi jika belum berhasil, silakan coba lagi dan terus berjuang sendiri mendapatkan izin dari pihak developer TikTok. Tapi kalau mau sekalian cuan, ya MEA punya kelas dengan ilmu daging yang ampuh banget menghasilkan uang dari TikTok.

You may also like

Leave a Comment