7 Cara Membuat Foto Menjadi Cinematic Agar Terlihat Seperti Film. Simpel Kok!

by Viki
cara membuat foto menjadi cinematic

Sobat MEA tentu sering melihat foto yang menyerupai video cinematic, bukan? Jenis foto ini disebut juga dengan fotografi sinematik atau gaya fotografi yang bertujuan untuk menangkap esensi sebuah film dalam sebuah gambar. Untuk dapat membuatnya, Sobat MEA perlu memahami apa arti cinematic terlebih dahulu. Pada dasarnya, foto sinematik bertujuan untuk menciptakan suasana dan menceritakan sebuah kisah melalui penggunaan cahaya, komposisi, dan pewarnaan yang tepat.

Lalu, bagaimana sih cara membuat foto menjadi cinematic? Ada teknik khusus yang akan kami bagikan di artikel ini. Tidak hanya itu, kami juga akan membagikan beberapa cara membuat video menjadi cinematic beserta tips dan teknik tentang bagaimana membuat foto terlihat lebih hidup. Yuk simak di sini!

Table of Contents

7 Cara Membuat Foto Menjadi Cinematic

Cara membuat foto menjadi cinematic sangatlah mudah. Sobat MEA hanya perlu menggunakan teknik fotografi yang tepat saat mengambil gambar. Kemudian, Sobat MEA bisa memoles kembali foto tersebut menggunakan aplikasi video editor yang bisa diunduh di Google Play Store dan AppStore, seperti Filmora, InShot, Capcut, dll. Adapun rekomendasi aplikasi terbaik yang bisa Sobat MEA gunakan bisa dicek di sini

Ingin Tahu Berbagai Tips Membuat Foto Kreatif Lainnya?
Yuk, gabung komunitas kreator MEA! Full insight, ide, ilmu, strategi, hingga bimbingan khusus dari mentor berpengalaman. GRATIS!!!

Agar hasil cinematic photo menjadi lebih baik dan halus, Sobat MEA bisa mengikuti beberapa tips pembuatan foto sinematik berikut ini:

1. Pilih Pencahayaan yang Tepat

Pencahayaan adalah salah satu elemen terpenting dari cara membuat foto menjadi cinematic. Cahaya yang tepat dapat membantu membangun suasana, menyoroti fitur tertentu dari subjek, hingga menambah kedalaman dan dimensi pada foto yang Sobat MEA ambil. 

Artikel Terkait  Apa itu Boncos dalam Bisnis? Ini Penjelasan Lengkapnya!

Untuk contoh gambar sinematik, coba gunakan cahaya alami atau pencahayaan studio yang lembut yang meniru cahaya alami. Hindari pencahayaan yang keras atau langsung. Hal ini dapat membuat bayangan yang tidak diinginkan dan malah merusak suasana, sehingga Sobat MEA akan kesulitan untuk membuat cinematic photo.

2. Perhatikan Komposisi

Komposisi juga menjadi elemen penting dari cara membuat foto menjadi cinematic. Komposisi yang pas dapat membantu memandu mata penonton untuk fokus serta menciptakan keseimbangan dan harmoni dalam foto. Untuk menciptakan foto sinematik, Sobat MEA bisa mencoba menggunakan aturan ketiga, garis-garis utama, dan simetri untuk menciptakan keseimbangan dan harmoni dalam foto.

Dapatkan Berbagai Strategi Cool Untuk Hasilkan Karya Mantul!
Semuanya mudah kamu dapatkan dan pahami jika gabung kelas ini. Dan tentunya slot terbatas!

3. Gunakan Pewarnaan Untuk Menciptakan Suasana

Cara membuat foto menjadi cinematic berikutnya adalah dengan menyeimbangkan warna pada foto. Pewarnaan adalah proses menyesuaikan warna dalam foto untuk menciptakan suasana atau perasaan tertentu. Untuk mencapai foto sinematik, coba gunakan nada hangat dan warna yang tidak jenuh, sehingga dapat menciptakan tampilan vintage dan film-like. Sobat MEA juga dapat bereksperimen dengan berbagai preset pewarnaan atau membuat preset kustom sendiri melalui software atau aplikasi pengeditan foto.

4. Eksperimen dengan Perspektif yang Berbeda

5. Perhatikan detail Fotografi Sinematik

Cara membuat foto menjadi cinematic adalah dengan memperhatikan detail kecil dalam foto. Mulai dari properti, tekstur, dan pola, yang dapat menambah kedalaman dan keindahan pada objek foto. Sobat MEA juga dapat bereksperimen dengan pengaturan kedalaman bidang yang berbeda untuk menciptakan kedalaman yang dangkal untuk membantu menarik mata penonton ke detail tertentu dalam foto.

Jasa Konten Sosmed Profesional Untuk Omzet Maksimal
Pengen berbisnis tapi gak ada waktu untuk ngonten? Serahkan saja pada kami Tim Sosmed Profesional kami siap hadirkan konten spesial agar cuan makin maksimal. Tentunya dibekali berbagai alat dan teknik profesional juga~

6. Tambahkan Gerakan pada Foto

Foto sinematik sering berkaitan dengan gerakan dan aksi. Untuk menciptakan gerakan dalam foto, Sobat MEA dapat bereksperimen dengan menggunakan pengaturan shutter speed yang lebih lambat atau menggunakan teknik pan dan tilt untuk menambahkan efek gerakan pada objek foto. 

Tidak hanya itu, Sobat MEA juga dapat menambahkan efek blur pada bagian-bagian tertentu dari foto untuk menciptakan gerakan yang lebih dramatis.

7. Eksperimen dengan Editing Video

Jangan takut untuk berkreasi pada proses editing. Karena pada akhirnya, editing adalah bagian penting dari menciptakan cinematic photo. Dalam editing, Sobat MEA dapat mengubah kontras, kecerahan, saturasi, dan banyak lagi untuk menciptakan suasana yang tepat dalam foto. Sobat MEA juga dapat bereksperimen dengan berbagai efek dan preset untuk menciptakan tampilan yang lebih dramatis.

Tapi ingat, editing seharusnya tidak digunakan sebagai pengganti teknik fotografi. Sobat MEA tetap perlu menguasai teknik yang tepat agar mendapatkan pengambilan gambar yang baik. Sedangkan editing sendiri adalah proses untuk meningkatkan gambar dan menciptakan suasana yang tepat. Karena akan percuma saja jika Sobat MEA jago mengedit foto namun gambar yang diambil memiliki kualitas yang kurang baik.

Artikel Terkait  Anti Kerepotan, Nih 6 Cara Buat Link WhatsApp Untuk Promosi Lebih Mantap!

Pada intinya, cara membuat foto menjadi cinematic adalah menciptakan tampilan yang dramatis dan menarik dalam foto. Pembuatan cinematic photo dapat Sobat MEA coba dengan menguasai teknik fotografi dan memanfaatkan aplikasi editing foto yang tepat. Dengan melakukan tips-tips di atas, Sobat MEA dapat menciptakan tampilan sinematik dalam foto yang menakjubkan. 

Tapi perlu Sobat MEA ingat, ini semua tentang menciptakan suasana dan menceritakan cerita melalui gambar. Jadi, bermainlah dengan teknik ini dan jangan takut untuk bereksperimen dengan gaya Sobat MEA sendiri. Siapa tahu, Sobat MEA mungkin menemukan gaya fotografi yang baru dan menarik. Selamat berkreasi dan semoga bermanfaat!

You may also like

Leave a Comment