Begini 7 Cara Membuat Giveaway yang Menarik di Instagram!

by Nabila Rubianty
cara membuat giveaway yang menarik di instagram

Dalam menjalankan suatu bisnis, sobat MEA pastinya akan melakukan strategi yang tepat ketika memasarkan produk untuk mencapai target dan tujuan yang diinginkan. Dari banyaknya strategi, cara membuat giveaway yang menarik di Instagram dapat menjadi salah satu strategi yang sedang efektif untuk meningkatkan penjualan di media sosial Instagram. 

Istilah giveaway pasti sudah nggak asing lagi di telinga. Siapa yang tidak tertarik dengan hadiah seperti handphone, uang dan barang lainnya yang diberikan secara cuma-cuma? Nah, cara membuat giveaway yang menarik di Instagram biasa digunakan oleh pebisnis untuk menarik perhatian banyak orang. 

Namun, nggak semua giveaway itu selalu berhasil loh. Ada beberapa cara tips dan trik agar sebuah giveaway dapat berhasil. Bagi Sobat MEA yang ingin mencoba menjalankan strategi ini, yuk langsung simak artikel ini sampai habis!

Table of Contents

Apa itu Giveaway?

Ingin Lebih Pandai Berjualan di Instagram?
Yuk belajar bareng seller dan mentor berpengalaman di komunitas belajar jualan online MEA!

Melansir laman DuniaFintech, giveaway merupakan strategi promosi di mana suatu brand akan memberikan hadiah secara gratis kepada audiens yang disertai syarat dan ketentuan. 

Dengan mengadakan giveaway, Sobat MEA dapat menaikkan followers Instagram, membangun brand awareness, hingga meningkatkan penjualan secara perlahan. 

Giveaway juga merupakan salah satu cara untuk berinteraksi dan membangun hubungan dengan audiens. Strategi ini memang terkenal ampuh untuk memasarkan suatu produk, terutama bagi Sobat MEA yang sedang merintis bisnis. 

Ada pun syarat yang diberikan bisa berupa berkomentar di postingan, follow akun instagram, hingga melakukan challenge di media sosial. Setelah memenuhi syarat dan berhasil mengikuti instruksi yang diminta, nanti akan ada pengundian pemenang. 

4 Manfaat Membuat Giveaway di Instagram

Pakai Jasa MEA untuk kembangin bisnis kamu sekarang!
Pastinya akan dikelola hingga menghasilkan cuan, yuk percayakan pada jasa social media management MEA!

Salah satu manfaat dari mengadakan giveaway Instagram yang terbukti adalah meningkatkan jumlah followers pada sebuah akun. Maka tidak heran banyak brand yang menggunakan strategi ini untuk menarik perhatian audiens. Ada pun manfaat lainnya dari membuat giveaway yang menarik di Instagram, antara lain:

  1. Meningkatkan brand awareness.
  2. Meningkatkan penjualan.
  3. Menarik perhatian followers dan non-followers pada akun.
  4. Sebagai cara untuk berinteraksi dengan audiens.

2 Jenis Giveaway yang Bisa Dibuat

Berbicara mengenai giveaway, sebenarnya ada beberapa jenis giveaway yang bisa Sobat MEA buat. Silakan pilih jenis giveaway yang memang sesuai kebutuhan dan tujuan bisnismu. Nah  berikut adalah jenis-jenis giveaway yang perlu Sobat MEA ketahui:

1. Self Giveaway

Self Giveaway merupakan giveaway yang dilakukan secara mandiri. Bagi Sobat MEA yang memiliki banyak pengalaman dan banyak pelanggan, Sobat MEA dapat mencoba melakukan ini. 

Dalam self giveaway, Sobat MEA akan mengatur semuanya, mulai dari menentukan tujuan, persyaratan, kegiatan promosi, hingga menentukan hadiah.

2. Sponsor Giveaway

Bagi Sobat MEA yang tidak ingin repot untuk mengurus seluruh rangkaian acara giveaway, Sobat MEA dapat memilih Sponsor Giveaway. Hal ini biasanya akan diurus oleh pihak ketiga yang biasa disebut host, Sobat MEA hanya perlu membayar jasa tersebut. 

7 Cara Membuat Giveaway yang Menarik di Instagram

1. Tentukan Tujuan Giveaway

Sobat MEA harus menentukan siapa target yang akan menjadi tujuan sebelum menentukan tema giveaway. Pikirkan tujuan yang akan dicapai apakah untuk menambah jumlah followers atau meningkatkan brand awareness. Setelah itu, Sobat MEA dapat menyesuaikan strategi yang tepat untuk dilakukan.

2. Pilih Hadiah yang Menarik

Hadiah menjadi faktor utama yang akan menarik perhatian para audiens. Bisa dibilang, hadiah adalah kunci kesuksesan dari strategi ini. Berikan hadiah yang sepadan dengan syarat yang diberikan. Contohnya, jika menjalankan bisnis kecantikan, berikan hadiah produk kecantikan dari brand atau voucher perawatan wajah.

3. Berikan Peraturan Giveaway yang Jelas

Berikan peraturan yang jelas untuk menghindari hal negatif yang akan berdampak pada citra perusahaanmu. Tetapkan peraturan serta syarat yang sejelas mungkin dan tidak membingungkan audiens. Berikan penjelasan sistem giveaway, periode giveaway berlangsung, serta periode pengumuman hadiah pemenang.

4. Buat Konten Menarik dan Berkualitas

program jadi jawara

Pastikan Sobat MEA membuat konten dengan kualitas terbaik dan tinggi. Usahakan postingan yang dibuat dapat menarik perhatian audiens untuk mengikuti giveaway yang diadakan. Postingan harus memuat berbagai informasi, berikan warna logo dan font menarik, Sobat MEA juga dapat menambahkan hashtag yang persuasif.

5. Kolaborasi dengan Brand atau Influencer Terkenal

Cobalah berkolaborasi dengan influencer yang memiliki karakteristik audiens serupa dengan bisnis yang sedang kamu jalankan. Cara ini akan menarik perhatian audiens lebih banyak. Selain itu, kamu juga bisa berkolaborasi dengan brand lain untuk meningkatkan kepercayaan audiens. 

6. Gunakan Hashtag yang Relevan

7. Promosikan Giveaway

Setelah selesai memposting konten giveaway, saatnya untuk mempromosikan konten yang telah dibuat. Mempromosikan giveaway bertujuan untuk menarik perhatian lebih banyak audiens. Sobat MEA dapat mempromosikannya melalui media sosial yang Sobat MEA miliki. 

Instagram sendiri memiliki beberapa fitur seperti IG Story hingga Instagram Ads untuk mempromosikan konten yang telah dibuat oleh penggunanya. Jika Sobat MEA menggunakan Story Instagram untuk mempromosikan giveaway, berikan link untuk mengarahkan audiens ke postinganmu melalui fitur sematkan link di IG Story. 

Inilah beberapa cara membuat giveaway yang menarik di Instagram, cukup mudah kan? Semoga saja artikel ini dapat bermanfaat dan jadilah jawara, jagoan wirausaha!                       

You may also like

Leave a Comment