Ini 5 Cara Membuat Gradasi Warna di Canva. Gampang Banget!

by Bimboi
cara membuat gradasi warna di Canva

Membuat desain kini tidak perlu bersusah payah! Canva menjadi salah satu pilihan aplikasi desain gratis yang menawarkan kemudahan dalam membuat sebuah desain grafis. Dalam membuat sebuah desain grafis, tentu visual yang menarik dapat membuat orang yang melihat gambar menjadi terpukau.

Apalagi jika Sobat MEA menguasai cara membuat gradasi warna di Canva pastinya membuat desain grafis menjadi lebih variatif dan juga unik! Dengan tampilan yang clean, Canba membuat penggunanya mudah dalam menggunakan aplikasi ini. Ditambah banyak sekali fitur yang ditawarkan Canva.

Lalu, jika Sobat MEA belum mengerti cara membuat gradas warna,, bagaimana? Tenang saja! Kali ini penulis akan membagikan bagaimana cara membuat gradasi di Canva dengan mudah! Peasaran gimana caranya? Yuk simak tulisan ini sampai habis! 

Table of Contents

Apa itu Canva?

Mau belajar desain grafis secara mandiri dan otodidak?
Saatnya gabung ke komunitas dan upgrade skill kamu bareng teman-teman yang lain. GRATIS!

Canva merupakan aplikasi online yang dapat Sobat MEA gunakan dalam membuat sebuah desain grafis secara gratis. Sobat MEA tidak perlu khawatir jika belum pernah menggunakan aplikasi editing profesional, karena Canva hadir dengan fitur gratis yang mudah banget buat digunakan. Sehingga, seorang amatir pun dapat menggunakan aplikasi ini. Lalu apa manfaat Canva bagi penggunanya?

7 Manfaat Canva

Mau dapat komisi ekstra dari Shopee Affiliate sampai 30%?
Yuk bikin konten dan gabung ke MCN Shopee MEA sekarang juga!
  1. Membantu penggunanya dalam membuat desain yang menarik dan mudah dalam waktu singkat, dibandingkan aplikasi lain.
  2. Mampu membuat file presentasi sama halnya PowerPoint ditambah dengan elemen atau aset yang lebih banyak. 
  3. Mampu mendesain, iklan, brosur, flyer, poster, business card, postcard, sampai invoice
  4. Bisa mengedit video dengan format untuk berbagai platform sosial media seperti TikTok, Instagram, Facebook, dan YouTube. 
  5.  Mampu membuat konten Instagram berupa storyfeeds, hingga ads. Baik animasi bergerak atau diam (statis).
  6. Bisa membuat format resume, CV, portofolio, proposal, sertifikat, hingga kartu dan undangan. 
  7. Membuat mind map, virtual background, infografis, kolase foto, worksheet, planner, hingga wallpaper layar gadget. 

5 Fitur Canva yang Bermanfaat

cara membuat

Segudang manfaat yang diberikan oleh aplikasi Canva nggak bisa dilepaskan dari banyaknya fitur yang ditawarkan oleh aplikasi desain satu ini. Di antara banyaknya fitur tersebut, terdapat beberapa fitur Canva yang amat bermanfaat bagi para penggunanya. Nah berikut ini adalah contoh 5 fitur Canva:

1. Penyimpanan Gratis Sebesar 5 GB

Canva menyediakan kapasistas penyimpanan sebesar 5GB untuk para penggunanya secara gratis. Dengan penyimpanan sebesar 5 GB tentu memudahkan Sobat MEA sebagai pengguna untuk menyimpan dan mengakses desain yang telah dibuat. 

Jika Sobat MEA merasa penyimpanan 5 GB ini masih kurang, bisa menggunakan Canva Pro dengan penyimpanan yang sangat besar, yaitu 100 GB. 

2. Kustomisasi Teks

3. 250.000+ Template Gratis

Selain font, Sobat MEA juga dapat menggunakan berbagai template gratis di Canva. Maksudnya, Sobat MEA bisa mendesain gambar atau mengedit video dengan menggunakan template yang sudah ada. Jadi Sobat MEA nggak perlu takut jika nggak punya skill desain grafis. Luar biasanya lagi, ada lebih dari 250 ribu template gratis yang bisa Sobat MEA gunakan.

4.Beragam Pilihan Background

Jika Sobat MEA ingin membuat sebuah portofolio, atau poster, dan juga flyer dapat menggunakan berbagai macam pilihan background yang tersedia di Canva. Dengan pilihan background gratis yang disediakan Camva membuat desainmu menjadi lebih menarik di mata yang melihatnya. 

5. Ratusan Ilustrasi dan Icon

Tidak hanya template, Canva juga menghadirkan ilustrasi dan icon gratis. Mulai dari ilustrasi 2D, 3D, sampai GIF tersedia di Canva. Ilustrasi dan icon ini pastinya akan bermanfaat untuk desain. Apalagi ilustrasi dan icon yang Canva sediakan sudah pasti dapat digunakan baik untuk keperluan pribadi mau pun komersial.

Cara Membuat Gradasi Warna di Canva

cara membuat gradasi warna di canva

Setelah mengetahui manfaat dan fitur yang ada pada Canva, kali ini kita akan masuk pada pembahasan cara membuat gradasi di Canva. Mengutip dari laman resmi Canva, Berikut langkah-langkah yang bisa Sobat MEA ikuti untuk membuat gradasi warna:

Membuat Gradasi Default

Pertama ada membuat gradasi default. Sobat MEA bisa membuat gradasi ini menggunakan komputer maupun handphone. Nah berikut ini adalah tutorial menggunakannya:

Cara Membuat Gradasi Default Menggunakan Komputer

Cara Membuat Gradasi Default Menggunakan Handphone

  • Pilih elemen yang ingin diedit, kemudian ketuk pada Kotak Warna yang ada pada bilah Tools Editor.
  • Scroll ke bawah hingga bagian Gradasi.
  • Dari pilihan gradasi default, pilih gaya gradasi yang diinginkan.

Membuat Gradasi Custom

Berikutnya ada membuat gradasi warna custom. Sama seperti membuat gradasi default, Sobat MEA bisa membuat gradasi warna secara custom menggunakan komputer maupun handphone. Nah berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat gradasi custom:

Cara Membuat Gradasi Custom Menggunakan Komputer

  • Pilih elemen yang ingin diubah, kemudian pilih Kotak Warna pada bagian Alat Editor.
  • Di bagian Warna Dokumen, klik tanda + untuk menambahkan warna baru.
  • Klik tab Gradasi.
  • Pada Warna Gradasi, klik + untuk menambahkan warna gradasi baru. Sobat MEA bisa menambahkan sampai dengan 10 warna gradasi.
  • Jika ingin menghapus warna, klik Kotak Warna yang ingin dihapus, lalu klik icon Tong Sampah.

Cara Membuat Gradasi Custom Menggunakan Handphone

  • Pilih elemen yang ingin diubah, kemudian pilih Kotak Warna pada bagian Alat Editor.
  • Klik tanda + untuk menambahkan warna baru.
  • Klik tab Gradasi.
  • Pada Warna Gradasi, klik +  untuk menambahkan warna gradasi baru. Sobat MEA bisa menambahkan sampai dengan 10 warna gradasi.
  • Jika ingin menghapus warna, klik Kotak Warna yang ingin dihapus, lalu klik icon Tong Sampah.

Sekian Informasi yang dapat penulis sampaikan tentang bagaimana cara membuat gradasi warna di Canva. Semoga informasi yang disampaikan dapat bermanfaat bagi Sobat MEA dan dapat diaplikasikan. Akhir kata, jadilah jawara, jagoan wirausaha!

You may also like

Leave a Comment