5 Cara Membuat Headline Iklan yang Menjual. Pelajari Yuk!

by Fanny
cara membuat headline iklan

Cara membuat headline iklan banyak dicari oleh pebisnis online, terutama para pemula. Hal ini menjadi wajar karena headline menjadi salah satu hal yang bisa menarik perhatian konsumen.

 Selain headline, Sobat MEA juga harus memperhatikan gambar iklan yang sesuai agar headline iklan bisa lebih dimengerti oleh audiens. Headline ini tidak hanya untuk memasarkan produk saja, namun bisa Sobat MEA manfaatkan untuk menyebutkan fitur, kelebihan, hingga promosi yang sedang dilakukan.

Inilah mengapa membuat headline adalah satu tantangan tersendiri, karena Sobat MEA perlu menyusun kalimat yang unik namun mudah dipahami. Nah agar bisa membuat headline yang menarik, Sobat MEA bisa mempelajarinya lewat artikel ini. Yuk langsung simak tutorial lengkapnya di bawah ini!

Table of Contents

Apa itu Headline?

Mau bisnis online makin laris manis?
Yuk gabung ke Komunitas MEA dan belajar bisnis langsung dari ahlinya di sini. Gratis!

Ketika Sobat MEA melihat suatu iklan produk, pasti Sobat MEA akan melihat satu tulisan besar yang kemudian akan diikuti oleh gambar pendukung bukan? Nah tulisan tersebut adalah yang disebut sebagai headline.

Tidak hanya untuk iklan saja, headline ini juga digunakan pada surat kabar atau koran dengan susunan kata yang singkat, padat, dan jelas dengan tujuan untuk menarik perhatian pembaca. Perlu diingat bahwa headline ini tidak sama dengan judul, ya, karena headline bertujuan untuk memasarkan sesuatu baik berupa barang, jasa, maupun informasi.

Headline iklan yang menarik tidak hanya berupa rangkaian kata saja. Namun juga harus didukung oleh gambar, desain, pemilihan warna, hingga penentuan font yang tepat agar pesan dapat tersampaikan dengan lebih baik.

5 Jenis Headline yang Umum Digunakan

cara membuat headline iklan

1. Benefit Headline

Jenis headline iklan yang pertama adalah benefit headline. Sesuai namanya, jenis headline ini menunjukkan benefit atau manfaat dari produk yang Sobat MEA jual. Dengan headline ini, Sobat MEA bisa menunjukkan keuntungan apa yang akan didapatkan oleh audiens jika membeli produk Sobat MEA.

Keuntungan yang didapatkan pun dapat Sobat MEA berikan berupa keuntungan secara ekonomi maupun psikologi. Contoh:

  • Diskon 50% Untuk 50 Pembeli Pertama!
  • Paket Ekonomis Gak Bikin Dompet Tipis!
  • Bebas Refill Es Teh Sampai Kembung!
  • Tips Jitu Bikin Skrip Menarik di Bawah 5 Menit!
  • Langkah Mudah Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet Menyiksa!

2. News Headline

Mau jualan online tanpa dipotong biaya admin?
Ya pakai aja Gowebin!

Cara membuat headline iklan menarik tidak melulu untuk mempromosikan produk yang dijual, namun juga bisa berupa acara yang ingin diselenggarakan. Seperti misalnya Sobat MEA jualan produk skincare yang terinspirasi dari warna kulit asli dan masalah kulit orang Indonesia.

Untuk mempromosikannya, Sobat MEA perlu untuk membuat seminar tentang tips merawat kulit, maka Sobat MEA bisa menggunakan jenis headline ini. Berikut ini adalah contoh penerapannya:

  • Glowvember: Makin Glowing di Bulan November Bersama (nama brand)!
  • New Year, New Me!

3. Curiosity Headline

cara membuat headline iklan

Headline berikutnya adalah headline yang membuat audiens menjadi penasaran! Sobat MEA harus bisa membuat audiens bertanya-tanya dan langsung klik karena mereka menginginkan jawabannya. Contoh:

4. Fear Headline

  • Dapatkan Sekarang Sebelum Kehabisan!
  • Hanya Berlaku Untuk 3-5 Januari 2024!
  • Jangan Lakuin ini Kalau Gak Mau Bangkrut!

5. Claim Headline

Dengan headline ini, Sobat MEA bisa mengklaim, mengaku, atau menyatakan sesuatu terkait dengan produk yang ditawarkan. Kata yang digunakan pun adalah kata-kata yang menunjukkan bahwa produk Sobat MEA adalah produk terbaik, nomor satu, terlaris, termudah, tercepat, dan sebagainya. Contoh:

  • Acne Spot yang Untuk Mengatasi Jerawat dalam Semalam!
  • Kasur Ternyaman Untuk Meningkatkan Kualitas Tidur!
  • Gedung Pernikahan Termewah di Indonesia!

5 Cara Membuat Headline Iklan

program jadi jawara

Setelah mengetahui jenis-jenis headline di atas, Sobat MEA hanya perlu memilih jenis headline yang ingin digunakan kemudian ikuti cara membuat headline iklan di bawah ini. Simak!

1. Tentukan Kata Kunci dan Berikan Pertanyaan

Audiens tidak suka ketika mereka disodori iklan secara tiba-tiba. Yang mereka mau adalah masalah mereka dapat diselesaikan dengan cepat dan tepat. Untuk itu, Sobat MEA perlu melakukan riset mengenai masalah apa yang dihadapi oleh konsumen dan solusi apa yang bisa Sobat MEA berikan.

Seperti misalnya Sobat MEA ingin membuka kelas online FB & IG Ads, maka Sobat MEA bisa membuat headline yang menyuarakan keresahan audiens kemudian memberikan solusinya. Contoh headline yang bisa dipakai seperti:

  • Iklan Boncos Mulu? Pelajari Caranya di Kelas FB & IG Ads Sekarang!
  • Bingung Belajar Ngiklan di Mana? Yuk Gabung Kelas FB & IG Ads yang Dipandu oleh Ahlinya!

2. Jangan Berlebihan

3. Cantumkan Data

cara membuat headline iklan

Jangan lupa juga untuk memasukkan data berupa angka. Cara membuat headline iklan ini akan menarik perhatian audiens karena mereka disuguhkan oleh fakta yang menarik, informatif, sekaligus menyelesaikan masalah yang dihadapi.

4. Bermain dengan Kata

Membuat headline identik dengan menggunakan kata berima. Seperti misalnya, “Harga Ekonomis, Nggak Bikin Dompet Menangis!” Namun headline iklan menarik pun tidak harus selalu menggunakan rima yang sama. Salah satu headline dan kampanye iklan yang tidak berima dan berhasil menurut kami adalah kampanye Teh Botol Sosro. Mengapa demikian? Sini kami jelaskan.

Pasti Sobat MEA tidak asing bukan dengan kalimat, “Berbukalah dengan yang manis” saat bulan puasa? Banyak yang mengira bahwa kalimat ini adalah sebuah anjuran dari Nabi. Padahal, itu adalah kampanye iklan dari Teh Botol Sosro yang mengkampanyekan agar orang-orang berbuka puasa dengan minum Teh Botol Sosro yang manisnya pas.

Permainan kata yang sederhana dengan kalimat persuasif ini sampai saat ini masih bekerja dengan baik. Nah, Sobat MEA bisa menjadikan kampanye ini sebagai salah satu referensi iklan.

5. Jangan Terlalu Panjang

Cara membuat headline iklan berikutnya adalah dengan menghindari pemakaian kata yang terlalu banyak. Artinya, hindari pembuatan headline yang terlalu panjang karena nanti ukuran headline jadi semakin kecil dan tingkat keterbacaannya menjadi lebih rendah. Jadi, buat headline yang singkat, padat, dan mudah untuk dimengerti, ya.

Itu dia penjelasan lengkap mengenai cara membuat headline iklan yang menarik dan menjual. Semoga ulasan ini membantu, ya. Selamat mencoba dan jadilah jawara, jagoan wirausaha!

You may also like

Leave a Comment