2 Cara Membuat Iklan Bersponsor di Facebook yang Efektif

by Viki
cara membuat iklan bersponsor di facebook

Seperti yang kita ketahui, Facebook Ads merupakan salah satu strategi pemasaran yang efektif untuk menjangkau pasar, brand awareness, hingga menghasilkan konversi. Di sisi lain, pengguna bisa membuat pesan bersponsor yang berisi penawaran dimana ini juga merupakan fitur promosi yang patut digunakan. Oleh karena itu, mari pahami cara membuat iklan bersponsor di Facebook ini. 

Seperti yang kita ketahui, Facebook merupakan salah satu media sosial terbesar di dunia. Facebook terus mengembangkan inovasi dengan menghadirkan fitur-fitur bermanfaat bagi pebisnis maupun kreator, salah satunya seperti Facebook Ads, fitur yang memungkinkan pengguna untuk beriklan melalui Facebook. 

Dengan Facebook Ads, Sobat MEA bisa menargetkan audiens secara spesifik. Bahkan melansir laman Facebook, melalui cara membuat iklan bersponsor di Facebook, Sobat MEA dapat mengirimkan tawaran, promosi, dan info terbaru kepada orang yang sudah berinteraksi dengan bisnismu di Messenger.

Table of Contents

Cara Membuat Iklan Bersponsor di Facebook

Mau tahu cara jualan di sosial media yang baik dan benar?
Yuk diskusi bareng seller sosial media berpengalaman di Komunitas Seller Sosmed MEA sekarang juga!

Lantas bagaimana cara membuat iklan bersponsor di Facebook yang menguntungkan? Setidaknya ada dua tahapan yang jangan sampai dilewatkan untuk menghasilkan iklan yang sukses, yaitu membuat fanpage Facebook, lalu dilanjutkan dengan membuat pesan bersponsor. Apa saja yang harus dilakukan? Check this out~

1. Membuat Fanpage Facebook

Pertama, pastikan Sobat MEA telah memiliki Facebook Fanpage pada akunmu. Ini penting untuk menyalurkan penawaran hingga orang-orang yang mengikuti bisnismu. Jika Sobat MEA belum memilikinya, berikut langkah-langkah untuk membuat FB Page:

  • Buka laman resmi Facebook melalui browser di perangkat.
  • Lalu login ke akun FB, dan pilih Create Fanpage Facebook.
  • Ada 2 opsi yang diberikan yaitu Fanpage Bisnis atau Brand dan Komunitas atau Tokoh Masyarakat. Pilih salah satunya. 
  • Jika sudah, isi semua kolom yang tertera dan klik Buat Halaman.
  • Terakhir, tinggal masukkan informasi tentang halaman penggemar, seperti Profil halaman penggemar, dan lain-lain. 
  • Selesai! Fanpage FB mu sudah berhasil dibuat. 
Artikel Terkait  Platform TikTok Music Segera Rilis, Siap Bersaing Dengan Spotify

2. Membuat Pesan Bersponsor

Setelah memiliki halaman Fanpage di Facebook, saatnya membuat pesan bersponsor yang berisi penawaran, promosi, atau info bisnis terbaru kepada audiens di Facebook Messenger. Berikut langkah-langkah untuk membuat pesan bersponsor yang dibutuhkan:

1. Buka halaman Pembuatan Iklan dengan mengeklik bagian Pengelola Iklan.

2. Pilih Tujuan Kampanye dan pilih Tujuan Pesan.

3. Kemudian masukan nama dan anggara biaya kampanye, lalu klik Berikutnya

4. Di bawah Jenis Iklan, ada menu pilihan yang perlu dipilih untuk memilih Pesan Bersponsor.

5. Jika pilih anggaran dan jadwal kampanye yang telah disesuaikan, Sobat MEA bisa memilih untuk Membuat Audiens Baru atau Menggunakan Pemirsa Tersimpan dengan mengeklik Tampilkan Opsi Lanjutan (opsional).

7. Selanjutnya, klik Berikutnya.

8. pada lembar iklan, Sobat MEA juga bisa memilih format Teks Saja atau Teks & Gambar pada Template Pesan.

9. Sobat MEA juga perlu mengetikkan pesan dan unggah foto (opsional) yang ingin ditampilkan pada pesan bersponsor.

10. Setelah itu, Sobat MEA bisa menambahkan balasan cepat atau tombol CTA kepada pelangganmu.

Perlu diingat bahwa jika pesan bersponsor ini tidak akan dikirimkan ke percakapan yang aktif dalam 24 jam terakhir atau percakapan yang tidak aktif selama lebih dari 1 tahun. Pastikan Sobat MEA menyasar audiens yang melakukan komunikasi dengan intens dan bukan orang yang baru dihubungi.

Manfaat Beriklan di Facebook Ads

Sebagai strategi promosi yang cuan, Facebook Ads tentunya dapat memberikan beberapa manfaat untuk bisnismu. Berikut uraiannya:

1. Jangkauan Audiens Lebih Luas

2. Target Audiens lebih tepat

Sobat MEA juga dapat menargetkan iklan berdasarkan usia, jenis kelamin, lokasi, minat, dan perilaku. Dengan ini, Sobat MEA bisa memastikan iklan dapat dilihat oleh orang-orang yang paling relevan dengan produk dan layanan yang ditawarkan.

3. Mengukur Performa Iklan Lebih Mudah

Facebook Ads memiliki sistem pencatatan semua data iklan yang dibuat secara otomatis. Di sini, Sobat MEA dapat mengetahui bagaimana performa iklan yang dipasang seperti jumlah tayangan iklan, jumlah klik, hingga jumlah orang yang mengambil tindakan setelah mengeklik halaman iklanmu. 

4. Membuat iklan yang menarik

Dengan Facebook Ads, Sobat MEA bisa menggunakan format teks, gambar, video, dan animasi untuk membuat iklan terlihat menarik di mata audiens sehingga ini lebih mudah untuk memikat mereka.

Tips Membuat Iklan Facebook yang Efektif

Selain manfaat, MiMe juga akan membagikan beberapa tips penting yang patut diterapkan ketika membuat iklan bersponsor di Facebook. Tapi ingat, ada beberapa faktor yang mempengaruhi efektivitas iklan yang dipasang seperti target audiens, konten iklan, dan jadwal tayang iklan. 

Berikut tips-tips agar FB Ads dapat berjalalan dengan efektif:

  • Gunakan gambar atau video yang menarik dan berkualitas.
  • Tambahkan teks iklan yang singkat, jelas dan mudah dipahami.
  • Terapkan kata kunci yang relevan dengan produk atau layananmu.
  • Tentukan target audiens yang sesuai dengan niche produk atau layananmu.
  • Buat penjadwalan iklan agar tayang pada waktu yang tepat.

Demikian informasi mengenai cara membuat iklan bersponsor di Facebook hingga keuntungan dan tips penting yang patut diikuti. Dengan begitu, tidak heran jika Facebook Ads dijadikan strategi promosi yang selalu diandalkan. 

Terlebih, Sobat MEA pun bisa menargetkan audiens yang lebih spesifik melalui iklan bersponsor. Sehingga besar kemungkinan bisnis dapat mencapai tujuannya. Semoga artikel ini dapat membantu, selamat mencoba!

Artikel Terkait  2 Cara Mengembalikan Akun Instagram yang Dihapus Sementara & Permanen

You may also like

Leave a Comment