Cara Membuat Instagram Guide Agar Kontenmu Maksimal!

by Viki
cara membuat instagram guide

Sobat MEA tentu setuju bahwa Instagram merupakan salah satu media sosial terbesar dengan miliaran pengguna di dunia. Dengan berbagai fitur menarik yang dapat digunakan, Instagarm dikenal efektif untuk meningkatkan eksistensi. Salah satunya IG Guide. Tapi banyak yang masih bingung cara membuat Instagram Guide ini. 

Bagi yang belum tahu, Instagram Guide adalah fitur Instagram yang memungkinkan pengguna untuk berbagi informasi yang direkomendasikan kepada followers di Instagram. Ini tentunya penting untuk mengurasi konten-konten dengan topik tertentu dapat mudah ditemukan. 

Dalam artikel ini, MiMe akan membagikan panduan mengenai cara membuat Instagram Guide agar Sobat MEA dapat memaksimalkan fungsi Instagram hingga menghasilkan manfaat bagi bisnismu. 

Table of Contents

Apa itu Instagram Guide?

Mau tahu cara jualan di sosial media yang baik dan benar?
Yuk diskusi bareng seller sosial media berpengalaman di Komunitas Seller Sosmed MEA sekarang juga!

Melansir laman Kompas, Instagram Guide adalah fitur Instagram yang dapat digunakan untuk membuat konten berisi hasil kurasi apapun seperti rekomendasi makanan enak di Bandung, rekomendasi tempat liburan, info restoran terbaru, atau produk tertentu.

Instagram Guide juga dapat digunakan untuk membuat konten berisi review dari pengalaman pengguna seperti lokasi, produk, dan sebagainya. Review ini nantinya berfungsi sebagai rekomendasi ke pengguna lain. Dan fitur ini bisa ditemukan di halaman profil. 

Awalnya, Instagram Guide dirilis pada tanggal 18 Mei 2020 dan hanya digunakan untuk memberikan rekomendasi seputar bidang kesehatan, terutama informasi mengenai tips menjaga kesehatan di tengah pandemi COVID-19. Dengan kata lain, IG Guide berisi konten yang kredibel dari berbagai ahli kesehatan.

Tidak hanya itu, fitur Instagram Guide juga bisa dimanfaatkan untuk membuat berbagai konten dengan deskripsi yang panjang, seperti postingan blog dan dapat dibagikan melalui Direct Message (DM) atau Stories. 

Tentunya hal ini akan memudahkan followers untuk membuka laman blog di halaman yang terpisah maupun menjadi wadah bagi pengguna yang masih belum memiliki blog untuk membuat konten artikel.

Cara Membuat Instagram Guide yang Efektif

Yuk, manfaatkan MCN MEA untuk tingkatkan eksistensi di sosial media!
Pastinya kamu akan dapatkan seller potensial beserta bimbingan dari mentor berpengalaman yang full daging~

Perlu diketahui, fitur IG Guide memiliki berbagai kategori konten seperti produk, referensi tempat, atau tema postingan lainnya.  

Postingan untuk menjadi rekomendasi postingan yang telah dibuat, Products sebagai rekomendasi untuk online shop dengan mengelompokkan berbagai produk jualan dengan deskripsi singkat, dan Places sebagai rekomendasi berbagai tempat mulai dari liburan, restoran, hotel, hingga tempat berbelanja.

Adapun cara membuat Instagram Guide yang efektif, berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan:

Instagram Guide untuk Postingan

  1. Buka aplikasi Instagram di HP.
  2. Login akun Instagram dan pilih ikon + di pojok kanan atas.
  3. Lalu pilih menu Guide dan Pilih jenis konten Posts.
  4. Pilih postingan yang ingin dimasukkan ke Guide.
  5. Setelah itu klik Next
  6. Tambahkan judul dan deskripsi Guide. 
  7. Sobat MEA juga dapat mengubah foto sampul Guide.
  8. Jika sudah, klik Next dan klik tombol Share.
  9. Selesai!

Instagram Guide untuk Produk

Instagram Guide untuk Referensi Tempat

  1. Buka aplikasi Instagram di HP.
  2. Login akun Instagram dan pilih ikon + di pojok kanan atas.
  3. Lalu pilih menu Guide.
  4. Pilih jenis konten Places dan pilih postingan yang ingin disertakan.
  5. Tambahkan juga judul dan deskripsi Guide.
  6. Sobat MEA juga dapat mengubah foto sampul Guide.
  7. Jika sudah, klik Next dan klik tombol Share.
  8. Selesai!

Nah, itu dia penjelasan mengenai cara membuat Instagram Guide yang efektif untuk berbagai kategori. Ini tentunya akan memudahkanmu dalam membuat konten yang mudah ditemukan oleh pengguna Instagram. Tapi ingat, pastikan Sobat MEA terus menghadirkan konten terbaik agar algoritma Instagram juga terus merekomendasikan kontenmu. Selamat mencoba!

You may also like

Leave a Comment