7 Cara Membuat Invoice di HP dengan Praktis dan Mudah!

by Viki
cara membuat invoice di hp

Dalam era teknologi yang semakin maju, pengusaha modern menghadapi tantangan baru dalam mengelola bisnis. Salah satu aspek krusial dari operasi bisnis adalah manajemen keuangan, terutama dalam hal pembuatan invoice penjualan. Banyak yang belum paham bagaimana cara membuat invoice di HP yang lebih praktis.

Mau Bisnismu Tetap Maju dan Terorganisir Sempurna?
Kepoin bagaimana seller berpengalaman menjalankan bisnisnya dengan baik melalui manajemen keuangan yang tertata dengan mudah di komunitas bisnis online MEA!

Invoice merupakan dokumen penting yang digunakan untuk kebutuhan bukti pembayaran atas produk atau layanan yang telah disediakan oleh sebuah perusahaan kepada klien atau pelanggan. 

Dalam artikel ini, MiMe akan menjelaskan secara detail tentang cara membuat invoice di HP, yang merupakan salah satu cara termudah dan paling efisien bagi para pengusaha untuk menyederhanakan proses keuangannya. Simak selengkapnya di bawah ini. 

Table of Contents

Cara Membuat Invoice di HP dengan Praktis

Dalam pembuatan invoice, sebenarnya nggak ada aturan baku yang harus ditetapkan. Hanya saja, ada beberapa bagian yang harus tercantum dalam dokumen invoice, seperti identitas penjual, identitas pembeli, dan informasi pembelian.

Dan cara membuat invoice di HP sebenarnya sangat mudah. Sobat MEA bisa membuatnya sendiri menggunakan aplikasi yang bisa didownload melalui Google Play Store dan App Store. 

Berikut langkah-langkah untuk membuat invoice sendiri di HP:

1. Instal Aplikasi Invoice di HP 

Beberapa contoh aplikasi invoice populer adalah Wave, Zoho Invoice, Invoice Simple, dan FreshBooks. Pastikan untuk memilih aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan bisnis dan memiliki ulasan positif dari pengguna lain. Lalu buka aplikasi invoice yang dipilih. 

2. Registrasi dan Pengaturan Akun

Setelah mengunduh dan menginstal aplikasi invoice, langkah berikutnya adalah melakukan registrasi dan mengatur akunmu. Biasanya, Sobat MEA akan diminta untuk membuat akun dengan mengisi informasi dasar tentang perusahaan, seperti nama bisnis, alamat, nomor telepon, dan alamat email. 

Pastikan untuk memverifikasi informasi tersebut agar akunmu sepenuhnya berfungsi.

Jasa Optimasi Marketplace Terbaik
Kesibukan gak menentu, bikin bisnis buntu? Percayakan pada tim MEA, siap bantu manajemen tokomu tanpa terganggu!

3. Tambahkan Detail Perusahaan

Setelah berhasil masuk ke akunmu, langkah selanjutnya adalah menambahkan detail perusahaan ke dalam aplikasi. 

Hal ini mencakup informasi seperti logo perusahaan, nomor NPWP, nomor rekening bank, dan informasi lainnya yang mungkin diperlukan untuk mencantumkan dalam invoice. Informasi ini akan memastikan bahwa invoice memenuhi persyaratan fiskal dan profesional.

4. Buat Data Pelanggan

Sebelum dapat membuat invoice, pastikan telah menambahkan data pelanggan ke dalam aplikasi. Data ini biasanya berisi nama pelanggan, alamat, nomor telepon, dan informasi kontak lainnya. Dengan memiliki data pelanggan yang lengkap dan terorganisir, Sobat MEA dapat dengan mudah mengeluarkan invoice secara berkala tanpa harus memasukkan informasi ini berulang kali.

5. Pilih Template Invoice

6. Tambahkan Rincian Invoice

Setelah memilih template invoice, tambahkan rincian invoice. 

Pastikan untuk mencantumkan informasi yang lengkap dan akurat, seperti nomor invoice, tanggal pembuatan invoice, tanggal jatuh tempo pembayaran, dan deskripsi produk atau layanan yang dibeli oleh pelanggan. Selain itu, cantumkan juga jumlah total tagihan dengan mata uang yang digunakan, beserta rincian biaya lainnya.

7. Kirim Invoice ke Pelanggan

Setelah semua rincian terisi dengan benar, Sobat MEA dapat menyimpan dan mengirimkan invoice melalui email atau platform komunikasi lainnya kepada pelangganmu. Beberapa aplikasi invoice bahkan memiliki fitur pengiriman otomatis yang dapat membantumu menghemat waktu dan usaha.

Demikian panduan mengenai cara membuat invoice di HP. Dengan adanya teknologi modern dan aplikasi invoice yang canggih, para pengusaha kini dapat lebih mudah dan cepat dalam membuat invoice dengan mudah langsung dari HP saja. 

Prosesnya nggak hanya lebih efisien, tapi juga membantu menciptakan kesan profesional dalam interaksi dengan klien atau pelanggan. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Sobat MEA dapat menyederhanakan proses keuangan bisnismu dan fokus pada pengembangan bisnis secara keseluruhan. 

You may also like

Leave a Comment