3 Cara Membuat Jurnal Umum yang Penting Bagi Bisnis. Simak!

by Viki
cara membuat jurnal umum

Sobat MEA tahu belum nih? Bisnis juga memerlukan jurnal umum di mana isinya berbagai jenis transaksi yang terjadi dalam kurun waktu tertentu. Tapi ternyata masih banyak yang belum mengenal cara membuat jurnal umum, padahal sangat penting dalam perkembangan bisnis kedepannya. Jadi, yuk kenali di artikel ini!

Apa itu Jurnal Umum?

Ingin Bisnis Lebih Tertata dan Terus Bertumbuh?
Yuk gabung diskusi bareng seller dan mentor berpengalaman di komunitas bisnis MEA!

Melansir laman Universitas Podomoro, jurnal umum adalah jurnal yang berisi catatan seluruh jenis bukti transaksi keuangan suatu perusahaan pada periode tertentu. 

Penulisan jurnal umum biasanya dimulai dari kronologis atau urut berdasarkan tanggal. Adapun isi jurnal umum mencakup nama transaksi, kelompok akun, dan nominal transaksi di kolom debit atau kredit.

5 Fungsi Jurnal Umum dalam Bisnis

Mau bisnis kamu dikelola tim profesional?
Yuk gunakan saja jasa dari tim MEA Digital Marketing sekarang juga!

Bukan tanpa alasan, jurnal umum sangat penting untuk dibuat dalam suatu bisnis. Karena ini dapat membantumu memantau transaksi masuk dan transaksi keluar serta bagaimana arus kas berjalan di perusahaan. Dan berikut fungsi-fungsi jurnal umum yang penting bagi bisnis, antara lain:

1. Fungsi Informatif

Pertama, jurnal umum dapat memberikan informasi dan keterangan kegiatan dengan jelas berdasarkan kronologi transaksi secara berurutan. 

2. Fungsi Historis

Kedua, jurnal umum sendiri memiliki fungsi historis. Jurnal umum juga bisa menjadi arsip yang mungkin dibutuhkan suatu hari. Hal ini dikarenakan jurnal umum biasanya mencatat semua transaksi keuangan secara berurutan sehingga pengguna dapat dengan mudah menelusurinya lagi. 

3. Fungsi Pencatatan

4. Fungsi Analisis

Dari jurnal umum, pelaku bisnis dapat menganalisis transaksi-transaksi untuk pengambilan kebijakan yang lebih baik bagi perusahaan. 

5. Fungsi Instruktif

Jurnal umum pada bisnis juga berfungsi instruktif karena di dalamnya ada instruksi debit dan kredit akun sesuai jenis transaksinya. Hal ini bermanfaat untuk dialihkan ke buku besar.

3 Langkah Cara Membuat Jurnal Umum untuk Bisnis

Setelah mengetahui berbagai fungsi dari jurnal umum, Sobat MEA juga harus mengetahui bagaimana sih langkah-langkah cara membuat jurnal umum untuk bisnis. Nah kira-kira ada 3 tahapan untuk cara membuat jurnal umum bisnis. Berikut uraian lengkapnya:

  1. Menganalisa transaksi bisnis dengan menentukan akun yang berpengaruh terhadap transaksi tersebut, apakah ini modal, aset, utang, pendapatan, atau biaya.
  2. Lakukan analisa terhadap akun tersebut, apakah nilainya bertambah atau justru berkurang.
  3. Kemudian barulah catat transaksi dengan nama akun dan nominal yang tepat pada sisi yang sesuai, debit atau kredit.

Demikian informasi mengenai cara membuat jurnal bisnis beserta pengertian dan fungsi-fungsinya dalam bisnis yang perlu Sobat MEA pahami. Semoga artikel ini dapat membantumu dalam mengatur catatan transaksi bisnis sehingga lebih terpantau dan mudah untuk dikelola nantinya. Selamat mencoba!

You may also like

Leave a Comment