5 Cara Membuat Kampanye WhatsApp Marketing Termudah

by Fanny
Cara Membuat Kampanye WhatsApp Marketing

Cara membuat kampanye WhatsApp marketing perlu diketahui oleh Sobat MEA yang ingin memasarkan produk dengan lebih efektif di WA. WhatsApp sendiri adalah aplikasi yang berfokus pada komunikasi dua arah yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Ada yang menggunakannya untuk kepentingan pribadi, pekerjaan, jualan online, atau ketiganya sekaligus.

Untuk itu pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan cara membuat kampanye WhatsApp marketing yang mudah dan efektif serta bisa dilakukan oleh pemula. Yuk simak pembahasan selengkapnya di sini!

Table of Contents

Apa itu WhatsApp Marketing?

Belajar bisnis online di mana aja dan kapan aja
Dengan gebung ke komunitas yang dipandu oleh Coach berpengalaman sekarang. Gratis!

Sebelum membagikan cara membuat kampanye WhatsApp marketing, kami akan menjelaskan sedikit mengenai apa itu WhatsApp marketing. Pada dasarnya, WhatsApp marketing adalah salah satu strategi pemasaran secara digital untuk menjangkau audiens atau target market yang potensial.

WhatsApp marketing juga lebih diminati karena caranya yang lebih mudah serta hemat, jadi cocok banget untuk Sobat MEA yang baru memulai bisnis online dari awal. 

Selain itu, aplikasi ini juga banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia, sehingga Sobat MEA bisa menjangkau audiens yang lebih luas dan mampu meningkatkan penjualan secara efektif.

Cara Membuat Kampanye WhatsApp Marketing

Nggak sanggup urus bisnis online sendiri?
Tenang aja, ada tim MEA yang siap membantu kamu mengelola bisnis online kamu!

1. Pilih Tools Pendukung

Saat ini, sudah tersedia aplikasi khusus untuk bisnis yaitu WhatsApp Business yang bisa Sobat MEA manfaatkan untuk melakukan strategi pemasaran. Tentunya aplikasi ini sudah dilengkapi dengan fitur yang bisa Sobat MEA manfaatkan untuk mempermudah strategi pemasaran, salah satunya adalah fitur WhatsApp blast yang membuat Sobat MEA bisa mengirimkan banyak pesan sekaligus dalam satu waktu.

Namun, Sobat MEA juga bisa menggunakan tools tambahan seperti Sebari yang bisa digunakan oleh banyak device sekaligus. Sebari sendiri berbasis web, sehingga bisa Sobat MEA akses dengan menggunakan ponsel maupun laptop atau PC.

Tidak hanya itu, Sobat MEA juga bisa mengirimkan pesan kepada audiens tanpa harus menyimpan nomor mereka terlebih dahulu. Kelebihan lain dari Sebari adalah adanya fitur Tulisin AI yang akan membantu Sobat MEA untuk membuat copywriting pesan yang menarik dan membuat konsumen ingin membeli produk!

2. Kenali Target Market

Cara Membuat Kampanye WhatsApp Marketing

Cara membuat kampanye WhatsApp marketing berikutnya adalah dengan mengenali target market itu sendiri. Tentunya setiap target market memiliki kebutuhan dan preferensinya masing-masing, bukan? Dengan mengetahui apa yang dibutuhkan oleh target market, maka Sobat MEA akan lebih mudah untuk membuat pendekatan pemasaran yang tepat.

3. Kategorikan Audiens

Melanjutkan dari poin kedua, Sobat MEA mungkin akan mendapatkan audiens dari segementasi yang berbeda. Mulai dari usia, jenis kelamin, latar belakang pekerjaan, hobi, dan masih banyak kategori spesifik lainnya. Agar pesan yang disampaikan bisa lebih dekat dengan kebutuhan audiens, maka Sobat MEA bisa melakukan segmentasi audiens.

4. Personalisasi Pesan

Cara membuat kampanye WhatsApp marketing berikutnya adalah dengan membuat personalisasi pesan. Cara ini adalah salah satu metode untuk menjadi lebih dekat dengan audiens. Personalisasi pesan ini sendiri semudah menyebutkan nama konsumen yang Sobat MEA kirimkan pesan. Tentu Sobat MEA tidak perlu mengetikkan nama mereka satu per satu secara manual, cukup menggunakan fitur WhatsApp blast saja dan aktifkan personalisasi pesan, maka nama penerima akan otomatis masuk dan disebutkan pada pesan yang dikirimkan.

5. Cantumkan CTA yang Jelas

arti engagement dalam marketing

Hal yang tidak kalah penting dalam cara membuat kampanye WhatsApp marketing adalah dengan mencantumkan CTA pada setiap pesan yang dikirimkan. CTA atau Call To Action adalah hal yang memandu konsumen untuk melakukan sesuatu. Pada CTA ini, Sobat MEA bisa meminta audiens untuk mengklik link, mengisi formulir, atau melakukan pembelian. Pastikan CTA yang dibuat ini mudah dipahami dan jelas, ya, sehingga audiens bisa melakukan apa yang Sobat MEA butuhkan.

Itu dia 5 cara membuat kampanye WhatsApp marketing sederhana yang bisa Sobat MEA terapkan pada bisnis online yang sedang dijalankan. Semoga ulasan ini bermanfaat, ya. Selamat mencoba!

You may also like

Leave a Comment