5 Cara Membuat Konten Shopee Affiliate untuk Pemula!

by Fanny
cara membuat konten Shopee Affiliate

Saat ini, banyak konten kreator yang memanfaatkan akun mereka sebagai salah satu cara mendapatkan uang tambahan, yaitu dengan bergabung ke Program Shopee Affiliate. Tidak hanya konten kreator saja, Sobat MEA juga bisa loh mulai mencari tahu bagaimana cara membuat konten Shopee Affiliate yang menarik dan menghasilkan semakin banyak komisi.

Pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan tips dan cara membuat konten Shopee Affiliate untuk pemula yang bisa Sobat MEA coba sendiri. Hal ini bertujuan agar Sobat MEA mengetahui apa saja yang perlu dipersiapkan dalam proses pembuatan konten agar mendapatkan hasil yang optimal. Penasaran? Kepoin selengkapnya di sini!

Table of Contents

Apa itu Program Shopee Affiliate?

Mau Tingkatkan Omset di Shopee?
Gabung ke komunitas dan belajar langsung dari Coach Shopee dengan klik di sini. GRATIS!

Seperti yang kita ketahui, Shopee Affiliate adalah salah satu program dari Shopee di mana konten kreator bisa membagikan link produk ke media sosial mereka dengan membuat konten yang menarik. Pengguna yang membeli produk melalui link yang dibagikan ini akan menguntungkan bagi kreator karena kreator akan mendapatkan komisi sekian persen dari harga asli produk. Inilah mengapa banyak kreator yang mencari cara membuat konten Shopee Affiliate agar mereka bisa membuat konten yang menarik sehingga bisa menghasilkan banyak klik.

Salah satu hal yang perlu diketahui selain cara membuat kontennya adalah Sobat MEA harus bisa mendapatkan link produk yang ingin dipromosikan terlebih dahulu. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi Shopee dan cari produk yang ingin Sobat MEA buat link affiliate-nya.
  • Klik tombol bagikan di bagian bawah produk.
  • Lanjutkan dengan salin tautan.
  • Kembali ke halaman utama dan klik menu Saya di sebelah kanan bawah.
  • Klik ikon Koleksiku di sebelah atas.
  • Scroll ke bawah dan klik banner Program Affiliasi Penjual.
  • Lanjutkan dengan klik menu Penawaran di bagian bawah layar.
  • Klik Custom Link di bagian bawah.
  • Tempelkan link produk yang sudah Sobat MEA salin tadi ke kolom yang tersedia.
  • Masukkan juga tag yang Sobat MEA inginkan sesuai dengan produk yang akan dipromosikan.
  • Klik Buat Link di bagian bawah.
  • Selesaikan dengan klik Salin Link untuk membagikan link tadi ke konten yang akan Sobat MEA buat.
Artikel Terkait  Begini Cara Optimasi Iklan Pencarian Toko Shopee, Mudah Banget!

Setelah mendapatkan link produk yang dibutuhkan untuk dimasukkan ke dalam konten, Sobat MEA bisa melanjutkan proses pembuatan konten Shopee Affiliate yang menarik dan sesuai dengan produk yang dipilih.

5 Cara Membuat Konten Shopee Affiliate

Mau dapetin komisi hingga 30%?
Gabung ke MCN Shopee MEA dengan klik di sini sekarang juga!

Tanpa berlama-lama lagi, berikut adalah cara membuat konten Shopee Affiliate untuk pemula yang bisa Sobat MEA coba:

1. Kenali Audiens

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum membuat konten adalah Sobat MEA perlu mengenali audiens. Mulai dari barang yang dibutuhkan, keresahan yang mereka rasakan, masalah yang dihadapi, dan jenis konten seperti apa yang mereka sukai. Hal ini bisa Sobat MEA ketahui dengan memperhatikan perilaku atau aktivitas mereka di media sosial, mulai dari konten apa yang mereka sukai, komentari, atau repost.

Setelah mengenali audiens, Sobat MEA akan lebih mudah untuk membuat kontennya. Pastikan konten yang dibuat cukup interaktif dan jelas, sehingga audiens langsung tahu apa yang perlu mereka lakukan ketika melihat konten yang Sobat MEA buat.

2. Pilih Produk Secara Selektif

Cara membuat konten Shopee Affiliate berikutnya adalah Sobat MEA perlu memilih produk dengan cermat. Ada banyak produk dan penjual yang tersedia di Shopee. Pastikan Sobat MEA memilih produk dengan ulasan yang baik dan memuaskan dari konsumen sebelumnya yang bisa Sobat MEA lihat ulasannya dariĀ review produk.

cara membuat konten Shopee Affiliate

Untuk membuat konten yang semakin menarik, Sobat MEA juga bisa meminta sampel produk gratis kepada penjual agar bisa lebih mudah menjelaskan kontennya. Berikut adalah cara meminta sampel gratis Shopee kepada penjual:

  • Buka aplikasi Shopee pada perangkat Sobat MEA, lalu masuk ke dashboard Shopee Affiliate Program.
  • Klik menu Akun di sebelah kanan bawah.
  • Kemudian Sobat MEA bisa memilih produk yang ingin dimintai sampelnya pada menu Rekomendasi Produk.
  • Pilih produk yang diinginkan dan klik Minta Sampel.
  • Tunggu konfimasi dari pihak penjual karena mereka perlu melakukan peninjauan.
  • Jika sudah disetujui, Sobat MEA bisa melanjutkan dengan klik Minta Sekarang lalu klik Kirim Sekarang agar produk segera dikirim oleh penjual.
Artikel Terkait  Yuk Kenali 6 Fitur Fitur Shopee Terbaik ini. Bikin Jualan Jadi Maksimal!

Setelah mendapatkan sampel produk, Sobat MEA bisa melanjutkan cara membuat konten Shopee Affiliate dengan lebih mudah karena bisa menjelaskan produk secara langsung dan nyata. Hal ini akan meningkatkan kepercayaan audiens yang membuat mereka ingin beli!

3. Ikuti Trend

Jangan lupa juga untuk mengikuti trend yang ada biar konten yang Sobat MEA buat tidak terkesan jualan banget. Audiens itu kurang suka jika mereka membuka media sosial untuk mendapatkan hiburan lalu tiba-tiba muncul konten jualan. Pasti konten Sobat MEA akan diskip jika konten jualannya muncul di halaman utama mereka.

Untuk mengantisipasinya, Sobat MEA bisa membuat konten yang relatable atau relevan dengan kebutuhan dan selera audiens. Jadi poin ketiga ini berkaitan erat dengan poin pertama agar Sobat MEA bisa membuat konten yang berkualitas serta efektif menghasilkan banyak klik.

4. Berikan Informasi Lengkap

cara membuat konten Shopee Affiliate

Cara membuat konten Shopee Affiliate berikutnya adalah pastikan konten mencakup informasi yang dibutuhkan oleh audiens. Seperti misalnya saja Sobat MEA membuat konten affiliate tentang jaket jeans. Maka Sobat MEA bisa menjelaskan mengenai bahannya, modelnya, detail produk seperti kancing atau tambahan lainnya pada jaket, varian warna, varian ukuran, harga, diskon spesial, dan detail lainnya yang mampu menarik perhatian audiens.

Tentunya sebagai pembeli, Sobat MEA akan lebih tertarik untuk membeli produk yang sudah Sobat MEA ketahui detailnya, bukan? Nah, hal ini juga yang menjadi pertimbangan audiens apakah mereka ingin membeli produk yang Sobat MEA promosikan atau tidak.

5. Analisa Performa Konten

Itu dia 5 poin penting dalam cara membuat konten Shopee Affiliate untuk pemula. Semoga ulasan ini bermanfaat dan selamat mencoba!

You may also like

Leave a Comment