Mau Tau Cara Membuat Landing Page Gratis di Canva? Kepoin di Sini!

by Fanny
cara membuat landing page gratis di Canva

Percaya nggak kalau memiliki website yang tertata rapi dengan desain yang menarik mampu meningkatkan penjualan? Hal ini karena konsumen lebih suka membeli produk di toko yang kredibel dan terpercaya. Salah satu hal yang membuat konsumen jadi tertarik untuk membeli produk adalah tampilan website-nya yang lengkap dan informatif. Untuk itu, Sobat MEA perlu membuat landing page yang menarik.

Proses pembuatan website sendiri membutuhkan waktu yang tidak sebentar dan riset yang cukup lama. Untuk itu agar Sobat MEA bisa menghemat waktu dan biaya, Sobat MEA bisa mengikuti cara membuat landing page gratis di Canva yang akan kami bagikan di artikel ini. Simak ulasan selengkapnya di sini, ya!

Apa Itu Landing Page

Belajar bisnis langsung dari praktisinya secara gratis

Bisa kamu dapatkan dengan gabung ke komunitas bisnis MEA di sini!

Sebelum membahas cara membuat landing page gratis di Canva, Sobat MEA perlu mengetahui apa itu landing page. Jadi, landing page adalah halaman situs web yang bisa Sobat MEA manfaatkan untuk memuat segala informasi produk dengan mendetail. Situs ini juga bisa Sobat MEA gunakan untuk mengajak pengunjung membeli produk yang ditawarkan.

Pada halaman landing page sendiri, Sobat MEA bisa membuat berbagai macam desain dan tambahan ornamen menarik agar tampilannya sesuai dengan image brand dan produk yang ingin ditonjolkan. Dengan mengikuti cara membuat landing page gratis di Canva, Sobat MEA bisa membuat tampilan website sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.

4 Manfaat Landing Page Untuk Bisnis

1. Tempat Promosi

Ada banyak tempat di mana Sobat MEA bisa melakukan promosi, mulai dari marketplace hingga sosial media. Landing page juga bisa menjadi salah satu platform untuk mempromosikan produk. Di landing page, Sobat MEA bisa mencantumkan berbagai detail promosi seperti potongan harga, voucher, cashback, dan promosi lainnya.

2. Mengumpulkan Data Audiens

Jangan sampai boncos gara-gara sembarangan pasang iklan

Mending Pakai Jasa Facebook Ads aja dan biarkan tim iklan kami yang kelola iklan Facebook-mu!

Sobat MEA bisa mengetahui kategori audiens melalui landing page. Ketika audiens mengunjungi situs web Sobat MEA, mereka bisa memberikan data diri secara sukarela dengan mendapatkan promo spesial sebagai imbalannya. Seperti misalnya audiens bisa mendapatkan potongan harga khusus jika mengisi formulir berupa nama, email atau nomor telepon, dan data lainnya yang Sobat MEA butuhkan. Dengan begitu, Sobat MEA jadi mengetahui informasi pelanggan, dan konsumen mendapatkan potongan harga yang mereka inginkan. Jadi sama-sama untung, bukan?

3. Meningkatkan Penjualan

Sama seperti membuat landing page di WordPress, cara membuat landing page gratis di Canva juga bisa membantu Sobat MEA meningkatkan penjualan, loh. Selain memuat deskripsi produk, Sobat MEA juga bisa menyematkan button penjualan agar audiens bisa langsung melakukan pembelian melalui website. Hal ini tentunya memudahkan dan mempercepat proses transaksi karena audiens tidak perlu pindah ke platform lain untuk melakukan pembelian.

4. Meningkatkan Brand Awareness

Ketika memasarkan produk di sosial media, Sobat MEA tidak leluasa untuk memaparkan produk dengan lebih mendetail dan jelas karena terbatas pada jumlah unggahan maupun karakter yang bisa diunggah pada platform tertentu. 

Sedangkan jika Sobat MEA membuat landing page, Sobat MEA bisa menjabarkan produk sejelas mungkin dengan tampilan yang menarik sehingga membuat audiens tertarik dan penasaran dengan produk yang Sobat MEA tawarkan. Dengan begitu calon konsumen akan semakin meningkat rasa percayanya terhadap produk Sobat MEA karena mereka mendapatkan informasi lengkap yang mereka butuhkan.

Artikel Terkait  5 Manfaat Email Marketing Untuk Bisnis Online. Hemat, Praktis dan Anti Ribet!

5 Langkah Cara Membuat Landing Page Gratis di Canva

Mau jago desain di Canva?

Yuk gabung di Kelas Canva Premium MEA sekarang juga!

Setelah mengetahui pengertian dan manfaat dari pembuatan landing page untuk bisnis, sekarang saatnya kami bagikan cara membuat landing page gratis di Canva yang bisa Sobat MEA lakukan dengan beberapa langkah mudah ini:

1. Buat dan Masuk Ke Akun Canva

Langkah pertama dari cara membuat landing page gratis di Canva adalah dengan membuat akun terlebih dahulu. Sobat MEA bisa mengunduh aplikasi Canva di PC maupun pada ponsel. Atau Sobat MEA juga bisa mengakses Canva melalui website, jadi tidak perlu mengunduh aplikasinya. Jika sudah memiliki akun, Sobat MEA cukup masuk atau login ke akun Canva.

2. Pilih Template

Canva menyediakan berbagai macam template gratis yang bisa Sobat MEA pilih sesuai dengan branding atau USP produk yang ingin ditonjolkan. Sobat MEA juga bisa menyaring template berdasarkan warna, tema, atau gaya yang diinginkan. Atau ingin membuat desain dari awal? Kalau begitu, Sobat MEA bisa memilih halaman kosong dan mulai dari awal.

3. Buat Elemen Desain

cara membuat landing page gratis di canva

Jika sudah memilih template, langkah dari cara membuat landing page gratis di Canva selanjutnya adalah dengan membuat elemen desain. Sobat MEA bisa memasukkan berbagai ilustrasi baik dari Canva maupun dengan mengunggahnya sendiri ke Canva. Jangan lupa juga untuk mengubah warna, mengatur jenis dan ukuran font, serta tata letaknya agar tampilan landing page semakin sedap dipandang.

4. Lakukan Pratinjau

Untuk melakukan pratinjau landing page pada Canva, Sobat MEA bisa klik ikon mata di sebelah kanan atas. Kemudian Canva akan menampilkan desain Sobat MEA secara penuh agar Sobat MEA dapat melihatnya dengan lebih jelas.

5. Publikasikan Landing Page

Langkah terakhir dari cara membuat landing page gratis di Canva selanjutnya adalah Sobat MEA bisa langsung menyimpan dan mempublikasikan desain yang sudah dibuat. Caranya mudah banget, cukup klik ‘Publikasikan Situs Web’, kemudian masukkan domain situs. Ikuti instruksi selanjutnya hingga landing page berhasil dipublikasikan.

Itu dia cara membuat landing page gratis di Canva yang bisa Sobat MEA coba. Mudah dan cepat sekali, bukan? Baca juga artikel lainnya seputar bisnis online hanya di sini!

You may also like

Leave a Comment